MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

Hari Akhir Zaman

Posted by Bustamam Ismail on April 24, 2007

This slideshow requires JavaScript.

Hari Kiamat adalah hari yang sangant ditakuti oleh orang tidak beriman kepada Allah, dengan peristiwa dahsyatnya

IMAN KEPADA HARI AKHIR

A. Hari Akhir

1. Peristiwa Hari Akhir

Kapan terjadinya Hari Akhir? Tidak ada seorang pun, bahkan satu mahkluk pun yang dapat mengetahui waktu terjadinya Hari akhir, kecuali Allah SWT.Di dalam al Qur’an disebutkan : Yang artinya : mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat : ”Bilakah terjadinya?” Katakanlah, ”Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia.( Qs. Al-A’raf ayat :187)

Walaupun kedatangan Hari Akhir atau (kiamat) tidak dapat diketahui, namun kita wajib mempercayainya, bahwa Hari Akhir itu akan terjadi dan dialami oleh seluruh manusia. Peristiwa Hari Akhir yang sering juga disebut Hari Kiamat didahului dengan ditiupnya sangkakala pertanda akan musnahnya alam semesta. Pada saat itu seluruh mahkluk, seperti manusia, binatang, tumbuh- tumbuhan, gunung-gunung, laut, langit, semuanya menjadi kacau balau dan hancur.Firman Allah :

Artinya : Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup, dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur. Maka pada hari itu turjadilah Hari Kiamat. (S. Al-Haqqah ayat 13-15 )

Di dalam surat Al qaari’ah ayat 1-5 disebutkan pula yang artinya sebagai berikut :Hari Kiamat, apakah Hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihamburkan-hamburkan.

Ayat-ayat Al Qur’an di atas menerangkan bahwa peristiwa Hari Kiamat atau Hari Akhir adalah peristiwa yang benar-benar dahysyat.pada saat bumi dan langit digoncang, setiap orang sibuk dengan dirinya sendiri. Orang tua tidak dapat menolong anaknya, sebaliknya anak tidak dapat membantu orang tuanya. Setelah kejadian itu semua mahkluk yang bernyawa menemui ajalnya. Setelah semua mahkluk hidup di dunia menemui ajalnya, maka malaikat isrofil meniup sangkakala sekali lagi. Tiupan sangkakala yang kedua ini Allah menghendaki agar semua manusia bangkit kembali. Setelah semua manusia dibangunkan kembali, lalu dikumpulkan di padang mahsyar untuk menjalani pemeriksaan tentang amal perbuatan yang dilakukan selama hidup di dunia. Pemeriksaan ini berjalan dengan tertib dan adil. Setiap manusia menerima buku catatan atau rekaman yang lengkap tentang amal perbuatan selama hidup di dunia. Dihadapan pengadilan Allah ini manusia tidak bisa berbohong, karena mulut mereka dibungkam, yang menjawab pertanyaan adalah anggota badan yang lain. Sekecil apa juga, sekecil apapun perbuatan jahat akan terlihat dan mendapat balasan. Demikian juga, sekecil apapun kebaikan yang diperbuat manusia akan terlihat dan mendapat imbalannya.Firman Allah : Artinya : Barang siapa mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. (S. Al-Az-zalzalah ayat : 7-8)

Setelah pengadilan Allah selesai, orang-orang yang beruntung karena banyak melakukan amal shaleh, ditempatkan di sorga. Sedangkan orang-orang yang celaka, karena banyak melakukan perbuatan dosa ditempatkan di Neraka.Iman kepada hari akhir adalah mempercayai dengan sepenuh hati terhadap perubahan yang dahsyat yang terjadi pada alam semesta ini. Perubahan ini merupakan tanda berakhirnya kehidupan dunia yang fana dan dimulainya kehidupan akhirat yang kekal. Mengenai adanya kehancuran total dunia yang fana ini dan adanya kehidupan di akhirat diketahui melalui firman Allah dalam Al-Qur’an dan hadits. Rasulullah. Akal yang sehat pasti dapat menerima dan meyakininya. Karena hal tersebut sangat mungkin terjadi.Kehancuran total yang meliputi seluruh isi alam ini bukanlah suatu yang mustahil, dan bukan pula sesuatu yang menyimpan dari akal yang sehat. Para ahli ilmu alam telah sepakat, bahwa sesuatu yang baru(makhluk) pasti ada awalnya dan suatu saat akan sampai kepada batas akhirnya. Masa pun akan berputar menurut putarannya yang wajar dan pasti, sehingga akhirnya akan sampailah kepada masa kerusakan dan kepunahannya. Dalam kehidupan sehari-hari dapat kita lihat contoh-contoh tentang kehancuran dan kematian, salah satunya adalah sebatang pohon. Sebatang pohon berasal dari sebuah biji, tumbuh sebagai pohon yang kecil, kemudian besar, pohon tua, pada saatnya pohon akan kering dan mati, akhirnya hancur menyatu dengan tanah.Mengenai adanya kehidupan setelah kematian, juga bukanlah hal yang mustahil, karena perumpamaan banyak kita peroleh dalam kehidupan kita sehari-hari, salah satunya adalah tidur dan bangun tidur. Setiap malam kita tidur, selama tidur kita tidak ingat apa-apa ,tidak sadarkan diri. Pagi-pagi kita bangun kembali, kita sadar. Kematian tak obahnya seperti tidur panjang, suatu saat pasti akan bangun kembali, yakni di akhirat. Percaya kepada Hari Akhir adalah benar-benar suatu ajaran yang datangnya dari Allah SWT, karena sebelumnya tidak ada seorang pun yang membicarakan rusaknya alam semesta ini sebagaimana yang diceritakan dalam Al-Qur’an. 2.

Nama-nama hari Akhir Di dalam Al- Qur’an banyak disebutkan nama Hari Akhir yang dipergunakan untuk menyebutkan peristiwa yang berkaitan dengan hari akhir. Di antara nama-nama itu adalah :a. Yaumul akhir, artinya hari yang terakkhir

b. Yaumul qiyamah artinya hari penghancuran

c. Yaumul hasrah, artinya hari penyesalan

d. Yaumul ba’ats artinya hari kebangkitan

e. Yaumu hisab artinya hari perhitungan

f. Yaumud Din artinya hari pembalasan

g. Yaumul Haq artinya hari yang pasti terjadi

h. Yaumul jam.i artinya hari berkumpul

i. Yaumul khulud artinya hari kekekalan

j. Yaumul fashli artinya hari perpisahan

k. Yaumul wa’id artinya hari terlaksananya ancaman

l. Yaumul khuruj artinya hari keluar dari kubur

m. Yaumut taghabun artinya hari tampanya kesalahan

n. Yaumul fashli artinya hari perpisahan

3. Tanda-tanda hari kiyamat telah dekat Berdasarkan keterangan dari ayat-ayat Al-Qur’an dan hadist nabi, Hari Akhir atau Hari Kiamat akan terjadi dengan didahului tanda-tandanya. Tanda-tanda datangnya Hari Akhir itu antara lain :

  1. Terpecahnya bulan, sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Qamarayat 1 yang artinya : ”Telah dekat(datangnya) saat itu telah terbelah bulan”.
  2. Munculnya binatang yang berbicara dengan manusia. Dalam surat An-Naml ayat 82 disebutkan yang artinya sebagai berikut :

”Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatangmelata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.

  1. Kekacauan dan kejahatan semakin meningkat serta banyak terjadi pembunuhan, seperti diceritakan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, yang artinya sebagai berikut :

”Kiamat tidak akan terjadi, kecuali hingga terjadi banyak hari. Apakah hari itu ya, Rasulullah?” Beliau menjawab : ” Bunuh membunuh.”

  1. Turunnya dajjal(orang-orang pendusta).
  2. Matahari terbit dari sebelah barat.
  3. Munculnya ya’juj dan ma’juj (umat yang suka merusak dan menghancurkan).

Mengenai beberapa tanda Hari kiamat ini disebutkan dalam sebuah hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Muslim dari Hudzaifah bin Asid Al Ghiffari yang artinya sebagai berikut :Rasulullah SAW menengok kami sedang berbincang-bincang, seraya bertanya, ”Apa yang sedang kalian perbincangkan?” Jawab para sahabat, ”Kami sedang berbincang-bincang tentang Hari Kiamat.” Beliau bersabda, ”Kiamat tidak akan terjadi sebelum terlihat sepuluh macam tanda : (1) Ad Dukhan/asap atau kabut, (2) Dajjal/si penipu besar, (3) Dabbah/ binatang melata, (4) Matahari terbit di barat, (5) Turunnya Isa anak maryam, (6) Ya’juj dan Ma’juj, (7) Gerhana di timur, (8) Gerhana di barat, (9) Gehana di Jazirah Arab, (10) Api menyala di Yaman menghalau umat manusia ke mahsyar/tempat berkumpul.

B. Alam Barzah Barzah artinya sesutu yang membatasi antara dua barang atau dua tempat. Adapun dalam hubungannya dengan Hari Akhir, barzah adalah batas lpsemisah antara kehidupan dunia dan kehidupan akhirat.Kehidupan alam barzah adalah kehidupan antara hidup di dunia dengan hidup akhirat. Kehidupan dialam barzah ibarat terminal tempat penantian . Di alam ini semua roh dari orang yang sudah meninggal berkumpul untuk persiapan memasuki kehidupan akhirat . Di Tempat penantian ini berlaku kenikmatan atau siksaan yang sering kita dengar dengan istilah siksaan kubur. Di Tempat penantian ini, orang-orang selama hidupnya di dunia banyak mengerjakan amal shaleh, yang bertaqwa kepada Allah akan mendapat perlakuan yang menyenangkan dari malaekat. Sebaliknya orang-orang kafir, orang-orang yang hidupnya diduniabanyak melakukan kejahatan dan kemaksiatan, akan mendapat perlakuan yang kasar dan siksaan dari malaekat.Rasulullah bersabda yang artinya sebagai berikut:Adapun hamba yang mukmin, apabila telah putus dari dunia untuk mendatangi akhirat, maka akan turun malaekat dari langit, berwajah putih bagaikan matahari, membawa kafan dari kafan surga dan wewangian, pengawet kerusakan .kemudian mereka akan duduk dan datanglah malaekat maut mendatanginya. Malaekat duduk didekat kepalanya seraya berkata, ”Wahai ruh yang baik, keluarlah menuju ampunan Allah dan keridhaan-Nya,” Maka ruh itu akan keluar bagaikan mengalirnya air dari tempat minum. Adapun orang yang kafir, ketika mereka akan meninggal, datanglah malaekat yang berwujud hitam, seraya berkata, ” Hai jiwa yang jahat keluarlah engkau ke arah murka Allah. ” kemudian dicabutlah ruh mereka dengan kasar.” Berkaitan dengan nikmat dan siksa kubur Rasulullah bersabda yang artinya:Jika seseorang dikuburnya dan ia ditinggalkan oleh teman-temannya, maka ia mendengar bunyi sandal mereka, maka saat itu ia didatangi oleh dua malaekat yang kemudian mendudukkaanya dan bertanya. ” Bagaimana pendapatmu dahulu tentang orang ini –yakni Muhammad SAW?” Adapun orang muknmin akan menjawab, ” Aku bersaksi bahwa ia adalah hamba dan rasul Allah.”malaekat itu berkata, lihatlah tempatmu di neraka sana, telah diganti oleh Allah dengan tempat duduk dari sorga, kemudian ia melihat tempat duduknya, lalu dikubur ia merasa lapang. Adapun seorang munafik atau kafir, ketika ditanya ” Bagaimana pendapatmu dahulu tentang orang ini?” Maka ia menjawab, ” Saya tidak tahu dan tidak pernah membaca namanya . Lalu ia dipukul dengan palu dari besi sehingga ia menjerit kesakitan, yang suaranya terdengar oleh makhluk di sekitarnya, kecuali manusia dan jin.”

C. Fase-fase hari Akhir

1. Yaumul Qiyamah,

Hari Qiyamah adalah hari kehancuran alam sesta dan berakhirnya kehidupan makhluk secara serempak, setelah itu berdirinya Alam yang baru yang kekal dan lebih baik setelah penghancuran besar-besaran itu. Kapan datangnya hari qiyamat itu?, Tidak ada seorang yang tahu tentang itu termasuk Rasulullah SAW,juga tidak mengetahuinya. Jadi yang mengetahui datangnya hari qiyamat hanyalah Allah saja dan Allah hanya memberitahukan berbagai tanda-tanda dekatnya hari qiyamat. Sebagai telah diuraikan pada bagian yang terdahulu.

2.Yaumul Ba’ats,

Yaumul ba,ats adalah hari berbangkitnya makhluk dari kuburnya, yang di tandai tiupan trompet yang kedua oleh malaekat Isrofil, Setelah bangkit mereka bernyawa kembali laksana hidup yang pertama di dunia, Di antara mereka ada yang putih berseri-seri mukanya pertanda kebahagiaan akan ia alami, sebaliknya yang hitam pekam mukanya pertanda kesengsaraan akan menyusul kehidupannya , itu semua akibat perbuatannya didunia ini.Firman Allah Artinya: Pada hari itu ada makhluk yang putih berseri mukanya dan ada pula yang hitam pekam mukanya, Adapun orang yang hitam pekam mukanya, ditanya kenapa kamu kafir setelah kamu beriman maka rasakanlah siksa disebabkan kekufuranmu. Adapun orang putih berseri mukanya maka mendadpatkan kurnia dari Allah dan nanti akan dimasukkan kedalam Surga Allah, mereka kekal didalamnya. (QS. Ali Imran ayat 106 dan 107).

3. Yaumul hasyar( mahsyar)

Yaumu hasyar adalah berkumpulnya semua makhluk nanti dihadapan Allah, setelah bangkit dari alam quburnya masing-masing, dikumpulkan secara bersama-sama tanpa ada yang ketinggalan , di satu tempat. Tempat berkumpulnya manusia tersebut namanya mahsyar. Hal ini dijelaskan dalam Al- Qur’an surat Al-Kahfi ayat 48, yang artinya:Dan mereka akan dibawa ke hadapan Tuhanmu dengan berbaris-baris. Sesunguhnya kamu datang kepada Kami, sebagaimana Kami menciptakan kamu pada kali yang pertama.”

4. Yaumul Hisab

Yaumul Hisab artinya hari perhitungan amal baik dan buruknya manusia. Setelah berada di Mahsyar selanjutnya mereka satu persatu dihisab. Hisab ialah perhitungan semua amalan manusia baik amal yang baik maupun amal buruk yang telah dilakukan di dunia. Sebelum dihisab, mereka diberitahu tentang amal perbuatan yang telah mereka kerjakan meskipun mereka telah lupa apa yang mereka kerjakan. Mizan atau neraca , Amal manusia didunia telah dicatat oleh malaekat raqib dan atid, tanpa ada kekliruan sedikitpun. Manusia akan merenima buku catatan amal yang telah dilakukan ketika di dunia. Amal-amal tersebut kemudian ditimbang di atas neraca. Timbangan amal inilah yang disebut Mizan. Barang siapa yang berat amal kebaikannya akan dimasukkan ke surga dan yang ringan kebaikannya akan dimasukkan ke neraka. Apabila buku catatan itu berat amal kebaikkannya akan diterima dari sebelah kanan . sebaliknya bila buku itu bereat amal kejahatannya akan diterima dari sebelah kiri. Sesuai dengan Firman Allah Al-Isra ayat 71. Artinya” Ingatlah suatu hari yang saat itu Kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya, dan barang siapa yang diberikan kitab amalannya di tangan kanannya maka mereka ini akan membaca kitab itu, dan mereka tidak dianiaya sedikitpun.” Firman Allah dalam QS Al- Insyiqaq ayat 7 s/d 12 yang artinya:Maka adapun orang yang diberi kitabnya dari arah kanannya, akan diperhitungkan amal perbuatannya dengan mudah, dan kembali kepada ahlinya riang gembira. Adapun orang yang diberikan kitab amalannya dari arah kirinya dia akan mengalami kesengsaraan, dan dimasukakan kedalam neraka syair.

LATIHAN

  1. Berilah tanda silang (X) pada salah satu jawaban yang paling tepat!
  1. Pengetahuan tentang alam gaib, seperti alam akhirat, dapat kita ketahui naas Al Qur’an dan hadits. Pengetahuan demikian desebut…
    1. sami’an
    2. sam’iyat
    3. maksiat
    4. syariat
    5. makri
  2. Surat Al Baqarah ayat 4 menjelaskan tentang….

a. Ciri-ciri orang kafir

b. Ciri-ciri orang munafik

c. Ciri-ciri orang bertaqwa

d. Ciri-ciri orang zalim

e. Ciri-ciri orang fasik

  1. Bangkitnya manusia dari alam kubur untuk dikumpulkan di Padang Mahsyar disebut….
    1. yaumul mizan
    2. yaumul ba’ats
    3. yaumul jaza’
    4. yaumul mahsyar
    5. yaumul hisab
  2. Dalil yang diambil berdasarkan pemikiran akal yang sehat disebut….
    1. dalil akli
    2. dalil naqli
    3. mujtahid
    4. ijtihad
    5. kiyas
  3. Menyamakan antara hukum pokok dengan hukum cabang disebut…
    1. Ijma’
    2. Ijtihad
    3. Maslahah mursalah
    4. Kiyas
    5. Mujtahid
  4. Hari perhitungan amal perbuatan manusia disebut….
    1. yaumul mizan
    2. yaumul ba’ats
    3. yaumul jaza’
    4. yaumul mahsyar
    5. yaumul hisab
  5. Berikut ini kemungkinan terjadinya hari akhir menurut ilmu pengetahuan, kecuali….
    1. matahari meletus
    2. terbitnya matahari dari arah barat
    3. matahari menjadi beku, sehingga bumi beku
    4. bintang bertabrakan dengan matahari, sehingga bumi hancur
    5. jarak bulan dan matahari semakin dekat
  6. Menurut Al-Qur’an surat Al Baqarah ayat 8, orang yang tidak beriman kepada hari akhir disebut…
    1. kafir
    2. musyrik
    3. mukmin
    4. murtad
    5. munafik
  7. Hancurnya alam seisinya disebut…
    1. kiamat kubra
    2. kiamat sugra
    3. yaumul ba’ats
    4. yaumul jaza
    5. yaumul hisab
  8. Berikut ini adalah fungsi iman kepada hari akhir, kecuali….
    1. mrndorong manusia untuk beramal saleh
    2. mengetahui tujuan hidup yang sebenarnya, yaitu ibadah
    3. selalu optimis dalam hidup
    4. tidak mudah terpengaruh kemewahan
    5. menggunakan kesempatan berfoya-foya selama masih hidup
  9. Orang yang meninggal dunia berada di alam kubur yang disebut juga ….
    1. alam akhirat
    2. alam dunia
    3. alam barzah
    4. alam neraka
    5. alam surga
  10. Barang siapa yang berbuat baik meskipun sebesar zarrah ia akan melihat balasannya. Pernyataan tersebut merupakan arti dari surat….
    1. Az-Zalzalah ayat 7
    2. Az- Zalzalah ayat 8
    3. Az- Zalzalah ayat 1
    4. Al- Qariah ayat 1
    5. Al- Qariah ayat 5
  11. Pada hari kiamat ada saat yang disebut yaumul mizan, artinya adalah ….
    1. hari perhitungan amal
    2. hari berkumpul
    3. hari pembalasan
    4. hari penimbangan amal
    5. hari kebangkitan
  12. Bagi orang yang masuk surga akan memperoleh kebahagiaan, yang artinya adalah….
    1. Bagi mereka itu di surga
    2. Bagi mereka pahala yang tidak putus-putus
    3. Bagi mereka tersiksa
    4. Bagi mereka memperoleh cobaan
    5. Bagi mereka diminta pertanggungjawaban
  13. Kematian seseorang disebut ….
    1. yaumul jaza’
    2. yaumul kiyamah
    3. kiamat sugra
    4. yaumul ba’ats
    5. kiamat kubra
  14. Peristiwa hancur dan binasanya alam semesta beserta isinya merupakan awal dari kehidupan akhirat. Pernyataan tersebut adalah pengertian dari….
    1. yaumul jaza’
    2. yaumul kiyamah
    3. kiamat sugra
    4. yaumul ba’ats
    5. kiamat kubra
  15. amal dimaksud adalah kiamat….
    1. kecil
    2. kubra
    3. sugra
    4. sementara
    5. asgar
  16. Hari kiamat pasti datang dan tidak ada keraguan padanya. Pernyataan tersebut termuat dalam firman Allah yaitu Al Qur’an….
    1. Al Zalzalah ayat 1
    2. Al Hajj ayat 7
    3. Al Qiyamah ayat 1
    4. Al Muddatsir ayat 7
    5. Al Qariah ayat 2
  17. Al-Qur’an surat Al- Zalzalah ayat 1 -8 menjelaskan terjadinya …
    1. kiamat sugra
    2. kiamat kubra
    3. bangkitnya manusia dari kubur
    4. berkumpulnya manusia di Padang Mahsyar
    5. pengabulan do’a pada hamba-Nya
  18. Yaumul mizan yaitu saat di mana amal manusia….
    1. dilhat Allah
    2. ditimbang Allah
    3. dikumpulkan Allah
    4. dibangkitkan Allah
    5. dibalas Allah

  1. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan tepat!
  1. Jelaskan yang dimaksud hari kiamat!
  2. Sebutkan tahapan-tahapan yang pasti dilalui manusia pada hari kiamat nanti!
  3. Sebutkan isi kandungan surat Al-Zazalah ayat 7-8 !
  4. Bagaimana terjadinya kiamat menurut ilmu pengetahuan?
  5. Tuliskan dalil naqli yang menjelaskan bahwa hari akhir akan datang!
  6. Sebutkan fungsi iman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari!
  7. Hari kiamat terbagi dua , sebutkan dan jelaskan!
  8. Tulislah surat Al-Mukmin ayat 17!
  9. Terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ayat pada soal nomor 8!
  10. Jelaskan yang dimaksud dengan yaumul ba’ats!
About these ads

24 Responses to “Hari Akhir Zaman”

  1. Ayu Kinanti said

    cukup menarik untuk dibaca. dan dapat menjadi salah satu refrensi untuk menambah ilmu, dan menambah iman kepada Allah swt, malaikat-malaikatnya, para rasulnya, kitab-kitabnya, serta hari akhir.

  2. icha said

    gak ngerti ach……….
    tapi lumanyun juga sitenya

  3. Duh, emang bikin orng tobat. karna dari bacaan ni, tentang hari kiamat””

  4. Duh, emang bikin orng tobat. karna dari bacaan ni, tentang hari kiamat”” :|] 8)

  5. Laachaulawalaaquwwata illaabillahil’aliyyil’adziem. . .

  6. Hadi said

    semoga dgn mengongkan hari kiyamat tsb kita semua benar2 terkokohkan hati dalam mengimani rukun islam yg bener !.By H.Fathurrahman.hmz

  7. boy said

    maka bertobatlah kamu mulai dari sekarang,selagi masih ada waktu dan ingatlah!!! belum tentu kita besok masih dapat menghirup udara,mungkin nanti/besok kita akan dipanggil oleh Yang Kuasa…

  8. rohmatun nazilah said

    hari kiamat pasti akan datang jangan takut dg datangnya hari itu karena kebahagiyaan akan tiba di surga

  9. dini jhon said

    Ya ALLAH ampunilah semua dosa2 kami,tolonglah kami pada hari akhir itu…
    sesungguhnya kami hanya hambamu yang tak mampu menahan siksa api neraka,dan kami juga tak pantas berada di surgamu…

    • sylvi said

      kita memang tidak pantas tuk di surga.,. tp kta tdk maw d nraka,.,.

      makadari itu Qta hruz brusaha untuk pantas menjadi orang2 yang masuk k surga.,.,..,,

  10. arif said

    bencana dmuka bumi ni sebagai awal dari adnya hari kiamat

  11. end said

    bukan aku gak percaya pada ramalan tapi aku lebih percanya pada Nya pada takdirnya

  12. Della said

    makasih ya !!! aku bisa tau lagi nama nama hari kiamat habis nya materi dari sekolah udah ilang ini juga buat materi ulangan kuuuu……. thanks yyyyaaaaa…. ^_^

  13. yanto said

    Terima kasih kepada Allah yang sudah melimpahkan rejeki,harta, kesehatan, dan banyak yang lainnya, manusia harus belajar dari pelangam atau melakukan hal yang terbaik untuk umatnya, amin.

  14. Muhammad.Almakri said

    Sangat”Cukup mudah Di pahami….& tidak membosankan membaca nya.

  15. manisah samian said

    Salam;
    menarik cukup jelas dan terperinci menerangkan ttg materi hari kiamat, siap dgn soalan utk menguji minda.

  16. Sutisna said

    Mohon izin mengcopy materi, semoga bermanfaat. Trms Sutisna Subang Jabar

  17. Jika tidur adalah gambaran mati,
    Dan mati adalah gambaran kiamat,
    Tidurlah pd gambar doa menjadi rahmat.

    Salam Damai!

  18. Hidup ini adalah kita.kita di sini mempunyai armah bagi yang masih hudup seper ti yaumul ba as, masyar, hisab, mizan dll deagan itu saya mulai tau arti hudup ini

  19. duh…. justru hati-hati nih d dunia….
    karena apapun yang kita lakukan kuduh hati-hati….
    key

  20. Suspriyanto said

    Sangat setuju

  21. Ayu said

    Tobat De Gue

  22. yun1q1l@ said

    thank for information

  23. herma said

    Bagus buat menambah keimanan kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 70 other followers

%d bloggers like this: