MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

Rencana Pembakaran Al-Qur’an di Amerika adalah tindakan biadab oleh orang beradab dan tindakan kegalauan jiwa, bagaimana pendapat beberapa tokoh Agama

Posted by Bustamam Ismail on August 31, 2010

Umat Muslim di seluruh dunia harus memberikan respon yang sangat keras atas rencana pembakaran Al-Quran untuk memperingati robohnya gedung World Trade Center (WTC) pada 11 September 2001 di Amerika Serikat mendatang. Rencana pembakaran Al-Quran itu akan dilakukan oleh kelompok jamaah salah satu gereja di AS yang menamakan dirinya Dove World Outreach Center pimpinan Pastor Terry Jones.

Jika rencana pembakaran Al-Quran ini benar-benar terjadi akan terjadi potensi konflik yang sangat besar. Amerika cenderung membiarkan masyarakatnya berekspresi dengan bebas sehingga hal ini sangat berbahaya bagi kedamaian dunia. Harus ada kerja keras untuk menggagalkan rencana pembakaran Al-Quran di AS.

Pemerintah Indonesia harus mengirimkan pesan perdamaian untuk menggagalkan rencana aksi pembakaran Al-Quran kepada Pemerintah AS. Rencana aksi Pembakaran Al-Quran di AS menjadi besar karena sudah diliput oleh salah satu media internasional Cable News Network(CNN).

A.Romo Franz Magnis Kecam Rencana Pembakaran Alquran di Florida

Tokoh Katolik Romo Franz Magnis Suseno mengecam rencana pembakaran kitab suci sebuah agama oleh kelompok nondenominasi `Dove World Outreach Center` pimpinan Pastor Senior Sylvia Jones yang berkantor di Florida, Amerika Serikat. “Kepicikan luar biasa sangat memalukan komunitas itu, semacam fundamentalisme itu yang sebetulnya kita berantas. Paham agama seperti yang mendapati identitasnya dengan memusuhi dan menghina agama lain,” katanya di Jakarta, Kamis (5/8).

Ia mengatakan rencana itu adalah penghinaan terhadap agama dan para pemeluk agama. Selain itu, tindakan tersebut juga menunjukkan ketidakstabilan psikologis dalam melihat perbedaan. “Ketidakmampuan untuk membiarkan perbedaan setiap kitab agama dari hal-hal yang bagus dan penting,” katanya.

Ia menambahkan, untuk mencegah dampak luas dari aksi pembakaran kitab suci tersebut sepantasnya tidak mendapatkan publikasi. Menurutn dia, di jaman internet ini, akses mudah terhadap semua hal termasuk informasi dan provokasi menjadi masalahnya. Dia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak emosional.

Gereja Dove World Outreach Center di Gainesville, Florida, Amerika Serikat, berencana melakukan aksi kontroversional dengan menyeru warga Amerika Serikat membakar kitab suci Alqur’an pada 11 September nanti.

B.Tokoh Agama Kecam Rencana Pembakaran Al-Quran

Mendengar kabar ini para tokoh agama di Indonesia yang bergabung dalam Gerakan Peduli Pluralisme mengecam rencana aksi tersebut. “Kami mengutuk rencana aksi pembakaran Al-Quran sedunia,” kata Ketua Bidang Kerukunan Antar Umat Beragama Majelis Ulama Indonesia(MUI) Slamet Effendi Yusuf dalam jumpa pers, di Jakarta, Senin sore (9/8).

Menurut Slamet, rencana pembakarn Al-Quran sedunia ini, merupakan niat dari sekelompok kecil masyarakat saja. Selamet juga mengungkapkan, umat Islam di seluruh dunia agar tidak terprovokasi dan berdoa agar rencana aksi tersebut tidak terjadi. “Jika aksi pembakaran Al-Quran benar-benar terjadi akan terjadi konflik yang luar biasa diseluruh negara,” ungkap Slamet.

Menurut Slamet, seluruh umat di dunia agar menyikapi rencana aksi ini dengan membuat langkah-langkah yang konstruktif. “Harus ada dialog antar peradaban untuk menghilangkan sikap eksklusif atau tidak peduli terhadap kebersamaan,” ungkap Slamet. Menurutnya, pemerintah dan pers di Amerika menanggapi pernyataan dari para tokoh agama di Indonesia yang mengutuk rencana aksi pembakaran Al-Quran. Ketua Gerakan Peduli Pluralisme Damien Dematra dalam kesempatan yang sama mengatakan, jika rencana aksi pembakaran Al-Quran benar terjadi bisa memicu terjadinya perang antar umat beragama. “Jika rencana aksi ini benar terjadi dampaknya akan sangat serius terhadap masyarakat di seluruh negara,” ungkap Damien.

Menurut Damien, saat ini di dunia maya melalui jejaring youtube dan facebook sekitar ratusan ribu orang telah menyatakan mendukung rencana aksi tersebut dan ini sangat berbahaya. Dan ini adalah tugas pemimpin umat di seluruh negara agar menenagkan situasi masyarakat, demi kebebasan Hak Asasi Manusia (HAM). (Ant/ARI)

C. Umat Islam Indonesia Kecam Rencana Pembakaran Al Qur’an Oleh Gereja

Kecaman ini berawal dr rencana sebuah gereja di Gainesville, Florida, Amerika Serikat, berencana melakukan aksi pembakaran Alquran. Aksi ekstrim tersebut dilakukan memperingati serangan di Washington dan New York pada 11 September 2001.

Tepatnya, Gereja Dove World Outreach Center yang menyatakan pihaknya akan menjadi penyelenggara acara kontroversial membakar AlQur’an tersebut, gereja ini bahkan telah mempromosikan peringatan tersebut di website dan situs jejaring sosial milik mereka.

Pastur gereja Terry Jones menyerukan kepada umat Kristen untuk membakar kitab suci umat Islam tersebut pada pukul 06.00 hingga 09.00 pagi, tepat pada 9 September 2010 mendatang. Aksi ini berarti berdekatan dengan perayaan hari Raya Idul Fitri.

Kontan, rancana itu dikecam berbagai organisasi  Islam di Indonesia. Semisal Muhammadiyah dengan tegas menyatakan mengecam aksi penistaan terhadap kitab suci umat Islam itu. Pembakaran Alquran dinilai sebagai suatu penghinaan terhadap Islam dan kaum muslimin di seluruh dunia.

…“Jangan sampai hal itu terjadi karena akan sangat menyakiti hati umat Islam.” ujar pengurus PP Muhammadiyah Syamsul Anwar…“Jangan sampai hal itu terjadi karena akan sangat menyakiti hati umat Islam. Dalam kehidupan modern yang sudah serba sesak ini seharusnya rasa toleransi itu ditanamkan dalam kehidupan beragama, bukannya melecehkan (agama) lain, ujar pengurus PP Muhammadiyah Syamsul Anwar, Kamis (5/8/2010).

Dia menambahkan, Pemerintah RI, khususnya Kementerian Agama seharusnya berupaya melakukan upaya pencegahan agar hal tersebut tidak sampai terjadi. Hal itu menurutnya bisa dilakukan dengan cara penyampaian penolakan secara tegas dari pemerintah.

“Kemenag supaya mengambil langkah-langkah yang tepat sehingga tidak melukai golongan umat Islam. Saya kira perlu sikap tegas dari pemerintah tentunya sesuai dengan etika pergaulan internasional,” tandas Syamsul.

D. PBNU: Semua Agama Harus Lawan Pembakaran Al Qur’an

Sementara itu, PBNU juga mengecam rencana aksi pembakaran AlQur’an tersebut. PBNU mencurigai bahwa aksi tersebut bukan dilakukan oleh umat beragama.  ..Karena itu semua agama harus melawan rencana itu, termasuk tokoh-tokoh agama di Amerika,” ujar Slamet Effendy Yusuf…

“Saya yakin gerakan ini bukan disponsori agama, tapi oleh orang-orang sakit dan paranoid. Karena itu semua agama harus melawan rencana itu, termasuk tokoh-tokoh agama di Amerika,” ujar salah satu Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)  Slamet Effendy Yusuf, Kamis (5/8/2010). Slamet juga mengimbau umat Islam agar tidak terprovokasi dengan rencana aksi tersebut. “Umat Kristiani harus menerangkan agar tidak terjadi kesalahpahaman. Karena isu ini akan merusak persaudaraan umat di dunia. Mereka tidak menghargai keberagaman,” imbuhnya.

E. MUI: Al Qur’an Tak Hilang Dibakar

Mewakili Majelis Ulama Indonesia (MUI) Slamet Effendy Yusuf meyakinkan kepada umat Islam agar tidak gusar dengan rencana tersebut, sebab Alquran akan tetap terpelihara sepanjang zaman.

…Alquran sudah ada pada jiwa umat Islam, sudah ada pada hafalan umat Islam. Jadi sangat keliru kalau membakar Alquran untuk menghapuskan Islam…

Menurut Slamet, kalau pun benar kitab suci umat Islam itu akan dibakar atau dimusnahkan oleh kelompok-kelompok yang membenci Islam, isi dan nilai Alquran tidak akan hilang satu kalimat pun. “Alquran tidak akan hangus dibakar. Itu hanya naskah, hanya kertas. Alquran sudah ada pada jiwa umat Islam, sudah ada pada hafalan umat Islam. Jadi sangat keliru kalau membakar Alquran untuk menghapuskan Islam,” tandasnya (Ibnudzar/ozo)

31 Responses to “Rencana Pembakaran Al-Qur’an di Amerika adalah tindakan biadab oleh orang beradab dan tindakan kegalauan jiwa, bagaimana pendapat beberapa tokoh Agama”

  1. dewi said

    bukan soal alquran ga akan hilang, tapi itu tindakan yg sangat tidak biadab, mereka begitu karena benci melihat banyak orang amerika masuk islam karena membaca alquran. jadi yah cara satu2nya dengan membakar alquran dan pasti membuat efek yg sgt besar thd warga yg lain atau penerbit alquran disana.

    • cinta said

      saya sebagai pengikut Kristus ngak setuju pembakaran alquran.. itu dilakukan orang yg menyatakan diri Kristen tapi tidak berjiwa pengikut Kristus.

      tapi satu hal jg yg sy sampaikan bagaimana dengan pembakaran alkitab di tanah padang? aku ngak lihat orang kristen demo marah-marah ditempat lain hy berdoa kepada Tuhan agar dibuka jalan terang… krn memang tidak perlu.. menanggapi dgn kemarahan. krn memang tujuan iblis yg musuh Tuhan adalah bagaimana agar umat manusia saling membunuh.. kita harus sadari itu.. manusia sangat mudah diperalat iblis dgn menyenggol emosinya… lalu bunuh menbunuh baik lewat kata-kata atau secara langsung.. lalu iblis tertawa senang.. krn dia berhasil dlm kerja sedang manusia semakin hancur.saling mendemdam

      • Mike said

        Bagaimana pun kebenaran akan menjadi pemenang … Manusia hanya mengira kebenaran tetapi bukan kebenaran itu sendiri.

  2. heros said

    agama merupakan teokrasi tunggal setiap insan yang mana dalam agama tertanamkan jiwa raga cinta dan kasih namun lebih pentingnya agama itu memiliki pegangan utamanya adalah kitab suci jadi ketika agama itu memang benar2 agama seyogyanya agama harus memiliki nilai toleran dewasa maka dari itu memang sepantasnya diri kita selaku kaum muslim mengedakan upaya pembatalan terhadap ulah lain agama untuk membakar pusaka agama kita jelasnya al qur’an namun dalam upaya itu diri kita juga seyogyanya menggunakan lobiing yang mengandung entias rahmatan terhadap alam apabila mereka tidak terlalu mangkel

  3. doeslank said

    seandainya pembakaran Al Qur’an ini terjadi, berarti Gerbang menuju perang dunia ke III telah dibuka lebar-lebar. dan Umat Islam akan MENANG MUTLAK…

    • Muhammad PERAMPOK JALANAN said

      MBAH MU MENANG MUTLAK
      GW SETUJU BUAT DI BAKAR ALQURAN
      TAPI KENAPA DI CANCEL AMA PENDETANYA???

      • jihad for muslim said

        darah mu halal bagi kami…
        ALLAH AKBAR… ALLAH AKBAR… ALLAH AKBAR…

      • J'NET said

        ngomong apaan lo
        “GW SETUJU BUAT DI BAKAR ALQURAN”
        gw jilat juga lo ampe angus…
        SETAN LO….
        siapapun yang berani ngutik ngutik
        AL-QUR’AN palagi ISLAM
        gw yg akan hadapi

  4. kartika Kurnia Karim said

    Ya ALLOH………….
    Apa sih mw Pastor Terry Jones itu????????????? apa dia gk suka klo dunia aman, damai n tentram,,,,
    Wahai Ihwanul Muslimin jgnlah u terpancing n emosi mghadapi rencana trsbut prcylah bhwa Al-Qur’an d jamin oleh ALLOH tdk akn lenyap krna d bkar oleh klompok Pastor Terry Jones

    • J'NET said

      mau nya pastor terry jones itu kita hajar/./
      biar gw bikin mampus tuh orng…emang setan orang yahudi.,..
      mendingan orng yahudi yg ada di indonesia bantai aja semua…
      biar adil…

  5. tommy said

    sy b’agama kristen…dn sy hanya ingin mengajak saudara (seiman/tdk seiman) utk mendoakan agar rencana iblis ini tdk terjadi,krn memang iblis sngt senang klo smua umat TUHAN dimuka bumi ini saling menyakiti/membunuh…smoga kedamaian
    selalu menjadi milik kita semua smpai selama2nya…salam damai+kompak sll utk semua umat b’agama dimuka bumi GBUs

    • cyang manurung said

      semoga umat yg bragama di dunia nic….
      tdk mmbeda-bedakn agama….
      krna setiap agama tdk prnh mngajarkan utk mnghakimi sesama nya.
      sbab maklum di bumi adalaha ciptaan yg maha kuasa..
      jdii jgn ada diantara kita yg mmbenarkn agama qta masing2,krna agama bleh beda….
      tpi yg kita sembah tetap lah sama…..
      keiiii

  6. knowledge hunter said

    bukannya saya bernegative thinking. tapi berdasarkan pengalaman2 dan kejadian2 selama ini, biasanya aksi provokasi yang mengatasnamakan salah satu agama itu malah sebenarnya bukan berasal dr agama itu. mereka hanya mengatasnamakan suatu agama untuk mengadu domba antar agama.
    wallahualam bishawab.. mereka senang jika aksi provokasi mereka berhasil dan, agama yang bersangkutan saling benci membenci..
    itulah sifat setan..
    jadi, jangan mudah terprovokasi yaa kita semua, umat beragama yang berakal🙂
    jangan sampai kedamaian yang sudah kita bentuk rapuh bgtu saja karna ulah sebagian orang🙂

    setuju sama yang atas2 tuh. biarpun alqur’an dibakar gak akan mengilangkan satu ayatpun. yang mereka bakar kan hanya naskah, lembaran2 kertas-yang nantinya bisa dicetak lg. tapi cara mereka salah, mereka kan berakal, masak malah bakar2 kertas sih, GLOBAL WARMING ah. mengelu2kan go green kok bakar2an. gak kebayang asapnya membuat ozon pelindung kita smakin tipis huaaa..

    mari2 menghafal alqur’an biar ntar kalo dibakar, alqur’an sudah ada dalam hati kitaa🙂
    yah kita doakan deh sodara2 yg di Amerika bs tetep baca alqur’an.. bs lewat internet mungkin.. Allah pasti memberi jalan bagi mereka yang bersungguhsungguh kok.
    keep your spirit, brothers and sisters in America!
    man jadda wa jadda ! :DD

    peace to us, seluruh umat beragama yang berakal dan berbudi ! :DD

  7. addi baik said

    semoga yang membakar al-quran menjadi mualaf
    amien
    amien
    amien
    amien

  8. hamba ALLAH said

    assalamu’alaikum
    “IBLIS”
    inilah 1 nma yg sngat brperan dlam hal ini…
    wahai saudara q,,pelihara la hati mu,,jgn mwu trgoda dgn hsutan2 iblis la’natullah..
    mnurut sya pastur terry ittuw hnya la ingin mmblas dendam yg gag sharus_y ittu d lakukan..krna stwu sya smwa agma itu tdak prnah ada yg mngjar khn kpda umat_y utk balas dendam…nah berhbung mnusia memiliki nafsu,,saat ittu la si iblis tdi bertindak…
    cara bwat melawan_y “1 kan tekad qta utk tdak mngikuti iblis la’natullah,,pertebal iman qta n berdo’a kpada ALLAH n jgn mudah terprovokasi…”
    insyaallah ya saudara q….
    wassalam…

  9. YA ALLAH , TERNYATA IBLIS INI MEMANG BENER-BENER MUSUH NYATA BAGI MANUSIA . JIKA PERWAKILAN IBLIS INI MEMBAKAR KITAB AL-QUR’AN . SEMOGA AJA SAJA ENGKAU MEMBERI AZAB YG PEDIH BAGI YG MELAKUKANNYA .

    AMIN😉

  10. hendri said

    saya kira aksi tersebut akan menimbulkan, konflik yang besar-besaran oleh karena itu, kita tolak aksi yang biadad ini nyawapun sanggup kita pertaruhkan.

  11. Muslimin said

    Terry yones adalah setan iblis yang menjelmah kebumi ini untuk mengcanrkan perasaan ummat beragama islam dengan cara membakar Alqur’an,untuk memancing amarah pemeluk agama islam dan apabila kita terpancing maka ia akan tertawa sebab dia adalah golongan setan yang terkutuk itu,maka wahai saudaraku yang beragama islam marilah kita melawan melalui doa agar iblis terry jones itu akan lupa ingatan dan buta matanya sampai ahir hayatnya agar tidak terjadi di bakar ayat2mu yah Allah tunjukkanlah kekuasaamu kutuklah orang ini Amin.

  12. Son said

    Indeed, it is We who sent down the Qur’an and indeed, We will be its guardian. (QS:15-9)

  13. Ya.. Alloh jika pembakaran al qur’an jadi di laksanakan, tunjukkanlah kebesanMU untuk semua umat agar kami semua bertambah kemimanannya,dan yang non muslim bisa mengakui keESAanMU, karna itu semua dari bagian dari rencanaMU,dari batin kami sangat menolak akan pembakaran itu,dan kami berdo’a semoga pastur dan krunya dapat HIDAYAH DARIMU YA.. AllOH..,amin 3x

  14. sigmund said

    Pastor Terry Jones melakukan aksinya sebagai reaksi balasan atas diijinkannya pembangunan Islamic Centre di ground zero. Itu biasa aja.
    Di Indonesia rumah ibadah dibakar, pemimpin ibadah dibunuh, juga dianggap biasa kan?
    Jones akan menjadi tokoh kedua dalam sejarah yang membakar Alquran secara resmi. Alquran resmi dibakar pertama kali oleh para kalifah yang berselisih setelah kematian Muhammad. Apa yang sampai ke tangan orang muslim sekarang bukanlah Alquran yang dibawa Muhammad pertama kali.

  15. Syalala Song said

    Biarkan aja! Barangkali pengn coba panasnya api neraka, lalu merasa panas dan taubat, kemudian jadi mualaf. he he he he he

  16. xxxxx said

    waduh2….kejem bener tu terry jhones…dari pada bakar Al-quran mending bakar ikan ato ayam bakar..hehe…ga takut pa kalo nantinya dia jadi bahan bakar selamanya di neraka…iiiiiiiiiihhhhh
    serrrrrreeeeeem..

  17. Anonymous said

    TOLOL KALIAN SEMUA…!!! BUKA MATA… BUKA TELINGA… DAN BUKA HATI…
    DIBALIK ITU SEMUA “FREEMASON” TERTAWA MELIHAT KALIAN SEMUA!!!!

  18. hai tery jones……kami sebagai agama islam,,,,,,,,kami nggak akn prnh diam atas rencana pembakaran kitab suci kami,,,”jika kau ignin bakar kitab i2,,,,,,,,,,,kami nggak akan tinggal diam,,,mskpn nyawa trhn kami,,,,,,,,,,,,buat kami agama isalm,,brperang untuk membelah agama i2 mati sAhit.,lebih baik kami mati dari pada kitab kami di bakar,,,,,,,,,,,kami siap brperang antar agama jika smua i2 kan terjadi,,,,allahhuakbar allah maha besar

  19. allahu akbar

  20. akatsuci said

    wah, nekat bener tu orang, bisa dihajar sampek 7 turunan,

  21. onedayon7 said

    onedayon7…

    […]Rencana Pembakaran Al-Qur’an di Amerika adalah tindakan biadab oleh orang beradab dan tindakan kegalauan jiwa, bagaimana pendapat beberapa tokoh Agama « Membangun Khazanah Ilmu dan Pendidikan[…]…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: