MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

Kerusuhan Duri Kosambi Cengkareng Jakarta

Posted by Bustamam Ismail on May 31, 2010

A. JAKARTA, KOMPAS.com

This slideshow requires JavaScript.

Sepanjang kemarin malam, (Minggu malam senin) kawasan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, membara. Api berkobar menghanguskan ratusan rumah dan puluhan kios. Ini bukan peristiwa kebakaran, tetapi amuk dua massa yang terlibat bentrok. Pangkal persoalannya sepele, serempetan mobil.Berikut kronologis kerusuhan seperti dituturkan Kepala Polsek Cengkareng Komisaris Ruslan di Jakarta, Senin (31/5/2010).

Inilah Kronologi Kerusuhan Duri Kosambi

17.00 Terjadi serempetan antara Honda Jazz dan angkutan umum di daerah Duri Kosambi. Terjadi cekcok mulut di lokasi.

19.00 Endid Mawardi (Ketua Forum Komunikasi Anak Betawi/Forkabi) yang tinggal di daerah Cipondoh mendatangi lokasi kejadian cekcok mulut bersama 10 orang. Salah seorang yang terlibat cekcok itu adalah kerabat Endid. Terjadilah bentrokan antara kelompok Endid dan kelompok Duri Kosambi. Endid tewas tersabet samurai.

21.00 Massa dari kelompok Endid meluruk ke Duri Kosambi. Api berkobar. Puluhan lapak dan ratusan rumah dibakar. Lima mobil ikut hangus terbakar.

02.00 Pemadam kebakaran berhasil menjinakkan api. Ratusan polisi datang dan menguasai lokasi.

B. Liputan6.com, Jakarta:

Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Barat Komisaris Besar Polisi Kamil Razak mengatakan, polisi telah memeriksa tiga orang saksi dalam kasus kerusuhan di Duri Kosambi, Cengkareng, Jakbar. Seperti telah diberitakan sebelumnya, kerusuhan yang dipicu tewasnya seorang anggota kelompok ormas Ibu Kota mengakibatkan puluhan lapak pedagang dan sejumlah kendaraan hangus terbakar [baca: Anggota Ormas Bakar Lapak dan Rumah Warga].

Menurut Kapolres, Senin (31/5), mereka telah dibawa ke Markas Polda Metro Jaya. Pemeriksaan saksi diserahkan kepada Polda Metro Jaya karena besarnya dampak kerusuhan yang diduga berbasis antaretnis tersebut.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Wahyono dinihari tadi sempat mendatangi lokasi kerusuhan. Namun, Kapolda tidak memberikan banyak komentar kepada para wartawan terkait dengan insiden tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA, korban meninggal bernama Endit Mawardi (43). Endit diketahui merupakan anggota dari ormas di Jakarta. Namun, polisi masih mendalami latar belakang dari peristiwa tersebut.

Kerusuhan berawal ketika para anggota ormas mencari para pelaku yang diduga berasal dari etnis tertentu di daerah Duri Kosambi, Cengkareng. Massa kemudian juga melakukan pembakaran. Data kepolisian menyebutkan tsekitar 35 puluhan lapak tempat pedagang kayu berjualan dan beberapa kendaraan hangus terbakar.

Petugas Pemadam Kebakaran Jakbar menurunkan sekitar 10 unit mobil pemadam untuk menangani kobaran api yang sempat meluas. Saat ini, ratusan petugas kepolisian baik dari Polda Metro Jaya maupun Polres Metro Jakbar telah diturunkan di tempat kejadian untuk menjaga keamanan.(IAN)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: