MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

Ibu Ainun Habibie meninggalkan kita…..

Posted by Bustamam Ismail on May 24, 2010

A.Kalibata Berbenah Menerima Jenazah Ainun Habibie

Liputan6.com, Jakarta: Persiapan menanti kedatangan jenazah istri mantan Presiden B.J Habibie Hasri Ainun Habibie terus dilakukan pihak keluarga. Diperkirakan, jenazah tiba di Tanah Air, Selasa besok. Salah satu yang terlihat di antaranya adalah persiapan di Taman Makam Pahlawan Nasional di Kalibata, Jakarta, Senin (24/5).

Rencananya, istri mantan Presiden ketiga Republik Indonesia itu dimakamkan tak jauh dari makam pahlawan revolusi A.H Nasution dan makam Mantan Menteri Luar Negeri Ali Alatas. Diperkirakan, Selasa besok, jenazah Ainun Habibie tiba sekitar pukul 05.00 WIB di Bandara Halim Perdanakusuma dan langsung menuju rumah duka di Kawasan Patra, Kuningan, Jaksel untuk disemayamkan sebagai penghormatan terakhir. Kemudian kira-kira pukul 11.00 WIB, jenazah dibawa ke Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Ainun Habibie wafat di usia ke-72 tahun karena menderita penyakit paru-paru akut. Sebelum mengembuskan nafas terakhir, beliau sempat dirawat selama 60 hari di Rumah Sakit Ludwig Maximilian, Jerman.(BJK/AYB)

B. SBY Pimpin Pemakaman Ainun Habibie

JAKARTA, KOMPAS.com –  Jenazah Ibu Ainun Habibie yang direncanakan tiba di Jakarta pada Rabu  (26/5/2010) sekitar pukul 07.00 selanjutnya akan dimakamkan Taman Makam Kalibata sekitar pukul 10.00.

Karena berlaku libur nasional pada hari Senin di Jerman maka jenazah baru bisa diberangkatkan Selasa malam waktu setempat. Menurut informasi yang diterima KOMPAS dari Istana Negara, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan memimpin pemakaman. Presiden menunda kunjungan ke Norwegia untuk menghadiri KTT  perubahan iklim pada Selasa malam dan baru mengikuti jadwal kunjungan seusai menghadiri pemakaman.

Sebelumnya menurut  Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha, Sabtu malam, presiden mendapat keterangan dari sekretaris Habibie, tentang meninggalnya Ibu Ainun. Selanjutnya presiden memerintahkan Wapres Boediono untuk membantu menangani kepulangan jenazah dan mempersiapkan segala keperluannya.

C.Ainun, Istri dan Dokter Habibie

JAKARTA, KOMPAS.com – Kehadiran sosok Ainun Habibie semasa hidupnya dinilai mempunyai arti tersendiri sebagai istri maupun ibu teladan. Setidaknya pengakuan ini disampaikan oleh promotor musik terkemuka Adrie Soebono yang adalah keponakan mantan Presiden RI BJ Habibie atau anak kakak tertua BJ Habibie di kediaman duka di Patra Kuningan XIII, No. 1, Jakarta. .

Adrie Soebono mengaku pernah dididik oleh Ibu Ainun sejak umur 14 tahun saat ia menetap selama 8 tahun di Jerman. “Enggak pernah sekalipun diomelin justru saya disayang padahal saya lagi bandel-bandelnya,” ujar Adrie Soebono

“Bu Ainun ini cantik sekali waktu mudanya. Tahun 1962, dia pacaran dengan Pak Habibie di rumah orang tua saya,” tambahnya. “Pak Habibie ini enggak bisa lepas dari Ibu Ainun, mereka pasangan yang sangat serasi. Ke mana-mana selalu berdua. Selama Ibu Ainun sakit, Pak Habibie selalu ada di samping, dia enggak pernah ninggalin rumah sakit.”

Adrie Soebono justru saat ini khawatir dengan kondisi kesehatan Habibie. Ini karena Ibu Ainun yang pernah berprofesi sebagai dokter semasa hidupnya merupakan orang yang mengendalikan obat-obat yang biasa dikonsumsi Habibie. Adrie Soebono mengaku terakhir kali bertemu Ibu Ainun 2 bulan lalu sebelum beliau berangkat berobat ke Jerman. Menurut Adrie Soebono, Ibu Ainun saat itu tidak pernah mengeluh sedikit pun walaupun mengidap penyakit.

Saya menyesal saat-saat terakhir ini enggak di Jerman. Rencananya minggu depan mau ke Jerman tapi ada pekerjaan yang enggak bisa saya tinggalin. “Yang lucu saat ketemu terakhir saya masih dianggap anak kecil padahal sayasudah tua begini,” demikian dikisahkan Adrie Soebono. Pesawat Garuda Indonesia yang khusus diterbangkan untuk menjemput jenazah Ibu Ainun bertolak dari Jakarta besok dan dijadwalkan tiba di Jerman Senin. Pesawat ini dijadwalkan bertolak dari Jerman Selasa dan tiba kembali di Jakarta Rabu pagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: