MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

Pengenalan Fungsi Otak dan berfikir kreatif Oleh A. Fatah Munzali.

Posted by Bustamam Ismail on March 17, 2010

1. Kemampuan berfikir merupakan kelebihan manusia

Kelebihan manusia dibanding dengan mahluk ciptaan Tuhan lainnya terletak pada kemampuan otaknya untuk berpikir. Otak diyakini sebagai alat bagi manusia untuk menjalani kehidupan lebih baik. Namun demikian belum banyak orang yang mengetahui tentang otak dan memanfaatkan potensi otak. Potensi otak seringkali diibaratkan para ahli sebagai raksasa yang tertidur. Sangat besar sangat kuat tetapi tidak berdaya atau tidak mengahsilkan sesuatu yang luar biasa karena dibiarkan terus tidur.
Otak merupakan tempat berpikir, belajar, memecahkan masalah, mengingat, merasakan berbagai perasaan, munculnya gagasan, tidur dan bermimpi. Berat otak rata-rata 1.4 kg. Otak tidak bergerak tetapi aktivitas sarafnya menakjubkan, menghabiskan seperlima dari semua energi yang dibutuhkan tubuh.

2. Otak adalah pusat kendali pikiran dan gerakan.

Setiap pikiran dan gerakan manusia dikendalikan oleh otak. Otak jauh lebih rumit dan canggih dari komputer manapun. Otak memungkinkan kita berpikir, beribicara, mendengar, melihat, merasa dan bergerak. Otak tidak pernah berhenti bekerja karena didalam otak terdapat miliaran neuron (saraf) . Neouron membawa jutaan pesan ke otak dan berfungsi sebagai penghubungan antara tubuh dan otak. Ketika pesan mencapai saraf, otak menyeleksi dan mengirim perintah pada tubuh.

3. Bagian-bagian Otak.

Otak manusia adalah three in one, terdiri dari 3 bagian dalam 1 otak yaitu: batang otak, otak kecil dan otak besar. Batang otak merupakan bagian otak sebelah kanan bawah tempat bertemu dengan saraf utama tubuh yaitu sumsum tulang belakang. Batang otak mengontrol proses-proses dasar yang penting bagi kehidupan seperti bernafas, denyut jantung, mencerna makanan dan sistem tubuh lain yang mendukung agar manusia hidup.

4. Fungsi-Fungsi Otak.

Otak kecil (serebelum) adalah bagian yang berkerut dan bundar di bagian belakang otak. Bagian ini mengolah pesan-pesan dari pusat motor (saraf), memisah-misahkan dan mengaturnya dengan sangat rinci untuk dikirim keratusan otot tubuh. Dengan kapasitas otak ini kita belajar gerakan yang terlatih dan seksama sperti menulis, naik sepeda, mengetik atau bermain musik atau ketiganya sekaligus hampir tanpa berpikir. Otak besar adalah bagian utama, merupakan bagian atas otak. Berbagai daerah pada permukaan (korteks) berkaitan dengan sinyal syaraf ke dan dari bagian tubuh. Misalnya pesan-pesan dari mata diteruskan pada pusat visual sehingga ditentukan informasi apa yang sedang dilihat oleh mata.

Manusia dianugrahi kemampuan dan kekuatan berpikir dengan sumber data ingatan pada setiap sel neuron yang berfungsi sebagai sistem yang memproses informasi. Manusia memiliki kurang lebih 180 bilion neurons dan setiap neurons dapat berkoneksi dengan 1.000 sampai 15.000 neurons yang lain untuk membuat berbagai keputusan sebagai hasil berpikir. Artinya pada dasarnya ada lebih 1.000 hingga 15.000 kemungkinan atau alternatif keputusan atau solusi yang dapat dibuat dengan kapasitas berpikir yang kita miliki.

Potensi otak manusia pada koridor 3 in 1, 2 belahan kiri dan kanan, memiliki kapasitas mental serta gelombang elektromagnetis. Otak 3 in 1 karena manusia mememiliki tiga otak dalam 1 otak yangberfungsi secara terintegrasi. Otak yang pertama adalah otak yang mengatur sistem–sistem organ-organ tubuh yang menopang manusia hidup, dari mulai sistem pernafasan, aliran darah hingga sistem pencernaan. Otak kedua mengatur tentang seks, kesehatan, emosi dan memori jangka pendek. Otak ketiga mengatur bagaimana berpikir dan memori jangka panjang.

5. Tugas Otak kanan dan kiri

Otak manusia terdiri dari dua belahan otak, yaitu belahan otak kiri yang mengatur logika matematika dan belahan otak kanan yang mengatur seni, humaniora, dan perasaan. Memiliki kapasitas mental intelegensi jamak dan bakat yang mempengaruhi kecenderung berpikir, cara dan kualitas bertindak, keberminatan, serta pola bekerja dan belajar. Otak memiliki gelombang otak yang mengatur kewaspadaan, tidur, konsentrasi dan berpikir, dan beristrahat.

6. Manusia dan pemanfaatan otaknya

Masalahnya berdasarkan penelitian para ahli otak, manusia tidak memafaatkan kapsitas otaknya. Manusia hanya mempergunakan 10% kemampuan berpikirnya. Salah satu cara mengoptimalkan pemanfaatan kapasitas otak adalah mengembangkan kemam- puan berpikir tingkat tinggi salah satunya berpikir kreatif.

7. Kepala Sekoah harus mampu memaksimalkan kemampuan daya berfikirnya.

Kepala Sekolah harus berperan menjadi individu model yang memanfaatkan kapasitas otak secara maksimal. Artinya selalu merangsang otak dengan berbagai stimulasi untuk bekerja. Stimulasi diperoleh dari interaksi dan keterlibatan secara penuh dalam berbagai seting lingkungan. Membaca secara harfiah buku dan sumber bacaan lain maupun membaca pengalaman yaitu memperhatikan berbagai fenomena yang berkembang dalam lingkungan merupakan salah satu stimulasi pemanfaatan kapasitas otak

Bersambung ….. (6)

One Response to “Pengenalan Fungsi Otak dan berfikir kreatif Oleh A. Fatah Munzali.”

  1. edo said

    good..makasih atas artikelnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: