MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

PERKEMBANGAN ALAT PEMBANTU BACAAN DALAM MUSHAF ‘UTHMANI

Posted by Bustamam Ismail on February 1, 2010

Sebelum membahas masalah yang lebih kompleks dalam ilmu tulisan Arab kuno (Arabic paleography) dan sistem tanda titik dalam bab yang akan datang, di sini kita hendak mengupas secara ringkas beberapa alat bantu visual dan perkembangan estetika yang dimasukkan oleh para penulis ke dalam Mushaf.

1. Tanda Pemisah Surah

Pada awalnya naskah Mushaf ‘Uthmani tidak mempunyai pemisah surah , permulaan tiap surah dapat diketahui dari ungkapan kalimat:(Basmalah)yang biasanya ditulis dengan jarak sedikit lebih senggang. Hal ini kita dapat kita saksikan dalam mushap.

Beberapa naskah yang tak resmi yang ditulis bersamaan dengan Mushaf ‘Uthmani, pemisah surah untuk pertama kali dapat kita lihat secara selayang pandang melalui pengenalan sebuah ornament sederhana. Biasanya ungkapan kalimat KHAT itu yang selalu tampak tertulis. Contohnya dalam Mushaf Malik bin Abi ‘Amir.1 Mushaf ini tidak diikuti dengan pengenalan nama surah, dalam warna yang berbeda, tetapi masing-masing tetap mempertahankan bentuk ornament dan kata-kata

2. Pemisah Ayat

Mushaf Samarqand (juga dikenal sebagai Mushaf Tashkent), dinisbatkan ke ‘Uthmani, yakni bahwa kemungkinan la merupakan kopian dari aslinya. Nam­paknya mushaf tersebut ditulis oleh beberapa tangan yang diantaranya meng­hapus pemisah-pemisah ayat.

Sebelumnya, pemisah ayat yang panjang disisipkan. Tidak tampak ada­nya penggunaan cara tertentu yang ditetapkan. Setiap penulis bebas meng­gunakan pilihan sendiri. Ketiga contoh yang saya kemukakan, semua diambil dari Mushaf yang ditulis dalam skrip Hejazi (tahun pertama Hijrah). Dalam contoh pertama, pemisah ayat berbentuk dua kolom dari setiap tiga titik; dalam contoh kedua, berbentuk garis dan empat titik, dalam contoh ketiga, titik yang berbentuk segitiga.

Kemudian hiasan selanjutnya digunakan dalam bentuk ciri khusus umuk setiap ayat kelima dan / atau kesepuluh.

Mushaf penting yang lain, yang ditulis oleh seorang ahli kaligrafi Ibn al­ Bawwab dan tertanggal 391 H/1000 M. disimpan pada Chester Beatty. Dalam Mushaf ini ada beberapa tanda khusus untuk setiap ayat kelima dan kesepuluh, dan selanjutnya ditulis kata-kata seperti sepuluh, duapuluh, tiga puluh, dan seterusnya.

3. Kesimpulan

Dalam bab yang lalu kita telah jelaskan sikap kepedulian al-Hajjaj dalam pencarian letak satu per tiga, satu per empat, dan satu per tujuh Al-Qur’an. Tidak lama kemudian sekitar abad pertama Hijrah, Mushaf dikelompokkan ke dalam tujuh bagian yang disebut manazil Pengelompokan ini sengaja dibuat untuk orang yang hendak menyelesaikan bacaan seluruh Mushaf dalam waktu satu minggu. Pada abad ketiga Hijrah muncul kesimpulan lain yang mengelompokkan Al-Qur’an ke dalam tiga puluh bagian
( Juz’ ) bagi mereka yang ingin menghabiskan tadarus dalam waktu satu bulan. Pembagian ini adalah sebagai perkembangan kajian yang dilahirkan oleh al-Hajjaj dan telah berfungsi sebagai alat yang bermanfaat untuk sernua orang yang mau memakainya.

Bermacam-macam batasan, seperti menggunakan tinta emas dan per­kembangan yang lainnya, sudah digunakan menurut selera kemampuan setiap penulis. Tetapi ini semuanya hanya seni, tidak seperti pemisah surah dan ayat betul-betul merupakan alat bantu yang tidak akan kita bedah di sini. Banyak lagi alat bantu lainnya, dalam bentuk titik dan tanda diakritikal (di atas dan di bawah), dan ini memengaruhi terhadap sistem pengajaran Al-Qur’an untuk orang bukan Arab di seluruh dunia Islam. Alat-alat bantu ini, dan beberapa kontroversi pendapat para orientalis akan kita bongkar dalam bab berikutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: