MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

Agama dan beberapa Kepribadian insani

Posted by Bustamam Ismail on December 31, 2009

Agama vs Kejujuran  Agama dan kejujuran dihubungkan melalui ajaran agama. Setiap agama  memiliki hukum- hukum tersendiri. Salah satunya adalah tidak boleh berbohong atau harus bersikap jujur. Dalam Alkitab yang merupakan kitab suci orang Kristen dan Katolik juga dengan tegas mengatakan bahwa jika ya, hendaklah kamu katakan :ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan:tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat. Ajaran untuk bersikap jujur bukan hanya diajarkan dalam ajaran kristen tapi juga di agama-agama lain. Dengan begitu, dengan jelas kita diajarkan untuk bertindak dengan jujur.

Agama vs Sopan-santun

agama secara umum juga mengajarkan kita untuk bisa menjadi berkat atau teladan bagi orang lain. Dengan tingkah laku kita yang sopan, tutur kata yang baik, tidak memaki orang dan segala tindakan kita yang baik orang disekitar kita akan diberkati oleh kita. Dalam 10 perintah Allah(Kristen dan Khatolik), pada hukum ke-lima juga dikatakan bahwa hormatilah ayahmu dan ibumu supaya lanjut usiamu. Kita bukan hanya harus menghormati kedua orang tua kita saja, tetapi pada semua orang yang ada disekitar kita.

Agama vs Kedamaian

Agama sebenarnya merupakan cara atau ajaran yang kita percayai bisa membawa kita pada keselamatan yang akan membuat kita semakin dekat dengan Tuhan. Dengan semakin dekatnya kita pada Tuhan, setiap pribadi akan mendapatkan kedamaian yang tersendiri. Kedamaian dalam konteks ini bukan berarti tidak memiliki masalah tapi kita diberi kekuatan sehingga kita merasakan damai sejahtera dalam menghadapi masalah-masalah yang ada.

Agama vs Sikap Kritis

sebagai orang-orang yang percaya kepada Tuhan dengan menganut salah satu agama yang ada(sebagai umat percaya), kita perlu memiliki sikap kritis dalam perembangan zaman yang ada. Karena jika kita tidak bersikap kritis maka kepercayaan kita(iman) akan terganggu. Tetapi bukan berarti kita menutup diri denganperubahan yang ada. Kita harus belajat untuk bersikap kritis dalam memilih mana perubahan yang baik untuk diikuti dan mana yang tidak boleh kita ikuti karena bisa membawa dampak buruk bagi jasmani dan bahkan kerohanian kita

http://www.skylandhacker.co.cc/2009/09/agama-dan-kepribadian_2679.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: