MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

SEMINAR LOKAKARYA DAKWAH ISLAM DI MUI PUSAT

Posted by Bustamam Ismail on December 27, 2009

“Peningkatan Kemampuan Dakwah Sebagai Wujud Komitmen Para Da’i Indonesia”

Dahulu kurang lebih 700 tahun dunia dipimpin oleh Islam, sekarang Islam menjadi pesakitan/terpuruk/ terbelakang.  Solusinya kita berdakwah tidak beruswah / ittiba dengan Rasululloh (Hayatur Rasul kulluha da’wah) Kehidupan Rasululloh seluruhnya Dakwah, termasuk 26 kali perang Rasululloh memimpin perang.Dakwah yang kita lakukan sekarang adalah Dakwah Parsial.Seharusnya kita kembali ke Dakwah Rasululloh.

Dakwah adalah sebuah kegiatan yang berdimensi luas yang dibawa oleh para wali Gujarat.Dakwah sekarang masih hanya sekitar kaum muslimin saja. Dakwah bukan kegiatan sporadis tetapi harus terarah. Akhlaq para aktivis Dakwah perlu dirapikan. Pergeseran nilai di masyarakat sangat cepat, di Era Globalisasi sekarang adalah Krisis Akhlaq.

Dalam berdakwah kita harus mempunyai konsep, diantaranya adalah:
1. Himayatul Ummah (menjaga umat)
2. Taqwiyatul Ummah (pemberdayaan umat)
3. Tauhidul Ummah (menyatukan umat)


Menjaga umat harus menguatkan tauhid umat. Aliran sesat bukan perbedaan tetapi penyimpangan”Perbedaan pendapat bisa ditoleransi, tetapi penyimpangan bisa diamputasi’ Bukan melanggar hak asasi/menodai agama/undang-undang. Sekarang ada gerakan penyesatan/pemurtadan yaitu gerakan menjauhkan umat dari ulama,caranya orang mempengaruhi orang tidak agamis (Gazwul fikr) berfikir sekuler itu jahiliyahisasi/Globalisasi. Ada distorsi penafsiran radikalisasi. Teror bukan Jihad , Presiden Amerka Bush ingin menghilangkan Babul Jihad di buku / Kitab kuning . Sekarang ada sesuatu harus ada tekstualis (pemahaman satu aliran bahwa mereka paling benar, syurga milik mereka sendiri yang tidak berhak). Golongan Liberalis mereka banyak penafsiranBanyak ayat Al-qur’an kata mereka tidak relevan dan harus diamandemen.
Memeperbaiki akhlak umat cuntuh Undang-undang Pornografi 8 tahun di perjuangkan sekarang di sunati dan ada gerakan dihapuskan.Tidak boleh kita fanatik kelompok/ego kelompok.
Untuk Imamah di Indonesia/dunia Islam  untuk syahsiyah tidak ada yang ada institusional seperti MUI.

Seminar ini dilaksanakan di MUI Pusat Tgl 9 Muharram 1431H/ 26 Desember 2009 M.Jumlah Peserta yang hadir kurang lebih 100 Da’i/Da’iyah (40 orang utusan dari AGPAII DKI). Out put pertemuan ini adalah : Silaturrahmi, Penyamaan Visi Dakwah;

Pembentukan jaringan.Program semiloka ini baik, sebagai forum bersama, untuk mendiskusikan masalah-masalah dakwah saat ini.

-Yang memberi Materi pertama Bp Mentri Agama yang diwakilkan oleh Bp Dirjen Bimas Islam Bp Dr.Nazarudin Umar,MA  adapun isinya adalah sambutan dari Menag dan sekaligus membuka acara

-Materi ke-2 oleh Ketua MUI Bp KH Ma’ruf Amin adapun isinya adalah Fatwa dan Keputusan MUI,

-Materi ke-3 oleh Menkoinfo oleh Bp.Ir.H.Tifatul Sembiring adapun isinya ttg ICT sekita 300 Trilion dan RPP Penyadapan ITE no: 11 tahun 2008 pasal 34 ayat 1 ttg tata cara Penyadapan– Langsung Mei 2008 Membentuk Tim Penyadapan (KPK,POLISI,JAKSA,BIN) .

Adapun prioritas Komisi Dakwah MUI Tahun 2010, yaitu :
1.Lokakarya Mubaligh se-Indonesia
Bagaimana desainnya, inputnya, out putnya apa saja
2.Menggalakkan Dakwah Multimedia
(sama seperti di atas) dan media apa saja, konsepnya seperti apa
3.Pengembangan Masyarakat Pasca Bencana (Indonesia daerah bencana, Pemetaan keadaan saat dan sesudah bencana.Apa yang perlu kita lakukan sebagai program dakwah. Sebab Gempa di Padang menurut kabar ada 300 orang muslim telah dimurtadkan
4.Penyusunan Pedoman Dakwah
a.Untuk siapa–internal-eksternal
b.Dakwah dan bencana– Dekadensi Moral
c.Dakwah dan Terorisme — Dakwah dan Pengangguran
d.Dakwah dan Modernisasi, dsb
5.Pelatihan Kepemimpinan & Manajemen Dakwah
a.Kapan? Tujuannya ?
b.Materi Pokok
c.Narasumber
d.Peserta
6.Kerjasama dengan Yayasan Amal Muslim Pancasila
a.Pembinaan Da’i Transmigrasi
b.Peningkatan Kapasitas Da’i/Da’iyat
c.Pemberdayaan Fungsi dan Jaringan Masjid
d.Pelatihan Kader Dakwah Daerah Terpencil
e.Pembinaan & Pelatihan – pelatihan lain yang disepakati bersama

Berdasarkan permintaan dari Komisi Dakwah MUI Bp KH Kholil Ridwan kami dari AGPAII 5 orang(Ust A.Syauqi,Ust Misa Mahfud, Ust Ade,Ust Andayani,Ust Abd Rahman) diminta untuk membentuk di DKI Badan Otonom Dakwah yaitu BKDK.Dan untuk Bp Ir.H.Tifatul Sembiring AGPAII DKI di minta silaturrahmi ke kantornya sekaligus membawa Proposal kegiatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: