MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

Pelajaran untuk umat supaya dapat menahan diri, apakah hanya mendapat sebungkus kurban harus berjuang bertaruh nyawa, keprihatinan kita untuk itu.

Posted by Bustamam Ismail on November 28, 2009

Islam mengajarkan supaya dapat merancang hidup sendiri, jangan terlalu tergantung kepada orang lain yang membuat kita hina, puasa mengajarkan apabila kitatida  punya makanan menahan diri dengan puasa, kalau kita tidak punya lain berusaha bila tidak didapati menahan diri, dicontohkan oleh rasul seperti” sewaktu rasul bertanya A’isyah isteri beliau. adakah makanan ? A’Isyah menjawab tidak ada , kalau begitu aku puasa”  Ini menunjukkan kepada kita supaya dapat mengendalikan diri , tidak harus mengemis dengan antrian yang panjang, menggambarkan kondisi umat, taraf berfikirnya masih perut dan harta,

lihat peristiwa istiqlal ini:

Pembagian daging kurban Istiqlal ricuh

 

Sekitar 4.000 orang yang telah mendapatkan kupon daging kurban, tumpah ruah di halaman pintu utama masjid Istiqlal Jakarta sebelah timur, Sabtu (28/11). Saat penukaran kupon, aksi dorong-mendorong tak bisa dihindari. Massa sudah berkumpul dari jam 02.00 WIB dini hari. Panitia pembagian hewan kurban telah membagi dua pintu, yakni khusus laki-laki dan perempuan. Massa yang tidak sabar mendapatkan kuponnya, saling berdesak-desak untuk bisa berada di depan pintu masuk masjid.

Saat pintu ingin dibuka pukul 05.00 WIB, massa yang berada di belakang mendorong sehingga massa yang berada di depan tergencet.

Banyak di antara penukar kupon daging kurban yang membawa anak kecil. Penukaran semakin kacau, ketika seorang ibu berumur 40-an terjatuh dan terinjak ketika pintu masjid dibuka. Terdengar jeritan minta tolong, dan tangis anaknya.

Dengan seketika, polisi yang mengamankan jalannya penukaran kupon daging kurban, menolong. Untung, insiden ini tidak membuat ibu dan anaknya terluka parah. Mereka hanya mengalami lecet-lecet di sekitar kaki dan tangan.

Menurut keterangan dari Kanit Patroli Polsek Sawah Besar Ipda Revi Mingga, 50 polisi telah dikerahkan. Ia mengaku kewalahan mengatur jumlah massa yang hampir 5.000 orang ini. Sebab, jumlah polisi yang ada tidak sebanding.

“Panitia terlalu lama membuka pintu. Ini membuat massa tidak sabar,” imbuhnya yang sibuk berteriak untuk memberikan imbauan agar massa bisa tenang masuk ke pintu masjid.

Seperti diketahui, Masjid Istiqlal menyembelih 250 ekor hewan yang salah satunya adalah sapi kurban dari Presiden SBY. Penyembelihan dimulai sejak pukul 20.00 WIB, Jumat (27/11) kemarin.

Panitia membagikan daging kurban kepada 4.000 orang. Untuk mengantisipasi kericuhan saat pembagian daging kurban, polisi dan Koramil akan ikut membantu berjaga di sekitar lokasi.

“Kita dibantu dari Polres Jakarta Pusat, Koramil, 30 Satpam Masjid Istiqlal dan panitia sebanyak 200 orang,” ungkap salah satu anggota panitia yang enggan disebutkan namanya. inl-pu

2 Responses to “Pelajaran untuk umat supaya dapat menahan diri, apakah hanya mendapat sebungkus kurban harus berjuang bertaruh nyawa, keprihatinan kita untuk itu.”

  1. Achmad Subhan said

    itulah wajah masyarakat kita, belum bisa berubah padahal peristiwa yang sama seperti, pembagian zakat sebesar Rp. 20.000 di daerah jawa tengah. pembagian BL, hampir banyak yang menjadi korban terinjak-injak. mestinya mereka menahan diri dan tertib.

  2. duh…
    ko malah jadi kacau begini yah…
    niatnya ingin mendapatkan daging qurban secara gratis..
    ko malah jadi ricuh sih…

    sungguh suatu ironi yang sangat tidak kita inginkan…
    apakah setiap ingin mendapatkan sedekah atau daging qurban harus seperti ini???

    sungguh tidak masuk akal.
    seharusnya panitia pelaksana sudah bisa memastikan bahwa dampak kericuhan ini akan terjadi.
    apakah para panitia tidak berkaca dari kejadian2 yang lalu…
    seperti pembagian zakat pada hari raya Idul Fitri.
    seharusnya penitia bisa menanggulanginya dengan cara yang lebih baik.

    memang terlalu banyak dinegeri kita ini orang yang kurang mampu.
    tapi apakah dengan cara seperti ini mereka harus mendapatkan daging gratis???

    semoga saja kejadian saat ini bisa memberikan pelajaran bagi para panitia pembagian sedekah zakat atau daging qurban.
    agar dikemudian hari kita tidak mendengar lagi berita tentang kericuhan seperti ini. Amin

    Iklan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: