MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

Ormas Islam khawatir kebijakan polisi

Posted by Bustamam Ismail on August 26, 2009

didin sMEDAN – Beberapa Ormas Islam mengkhawatirkan kebijakan Polri mengawasi ceramah dan dakwah Islam merupakan konspirasi dengan musuh-musuh Islam yang sejak dini tidak menginginkan agama samawi (dari langit) tersebut tumbuh dan berkembang di Indonesia.

Pernyatan itu disampaikan ketua Ikadi (Ikatan Da’i Indonesia) Sumut, Sakira Zandi dan wakil ketua PC (Pimpinan Cabang) Muhammadiyah Medan, Rafdinal, kepada Waspada di Medan, tadi malam, menanggapi kebijakan Polri mengawasi ceramah dan dakwah Islam di Indonesia.

Sakira menegaskan, tindakan Polri keliru dan membahayakan terhadap keberadaan umat Islam di tanah air. Sebab, jika ingin memberantas pelaku tindak teroris bukan harus mengawasi ceramah Islam yang disampaikan para ustadz dan da’i, karena mereka adalah penyampai kebenaran bukan menyuruh orang berbuat mungkar.

Mengawasi dakwah Islam yang dilakukan oleh kepolisian terhadap apa yang dilakukan  para da’i dalam menyampaikan ajaran agamanya sama artinya mengidentikan Islam teroris. Cara yang dilakukan polisi saat ini sama seperti orde baru bahkan oleh musuh Islam ketika menjajah Indonesia selama tiga setengah abad yakni Belanda.

Itu artinya, lanjut dosen Fakultas Dakwah IAIN Sumut ini, pada hakikatnya bahwa Indonesia belum lagi merdeka, karena masih ada hak-hak warga paling hakiki yang dikekang seperti dalam menjalankan syariat dan kepercayaannya. “Kita khawatir bahwa saat ini polisi sedang menjalankan pesan-pesan musuh Islam,” tegas Sakira.

Umat Islam Indonesia saat ini merasa prihatin karena berada dalam moyoritas Islam, tapi digerogoti umat Islam itu sendiri. “Abu Thalib, paman Nabi Muhammad yang kafir tidak membiarkan keponakannya itu disakit ketika melakukan dakwah, apalagi sesama Islam,” tutur Sakira.

Kebijakan polisi itu bukan hanya berdampak pada stagnasinya dakwah Islam, akan tetapi keberadaan para da’i dan ustadz saat ini merasa tertekan. Para penyampai kebenaran itu khawatir akan menjadi sasaran penangkapan pihak kepolisian ketika menyampaikan dakwah dengan berbagai alasan yang tidak jelas.

Kekhawatiran ormas Islam semakin kuat tentang kemungkinan adanya pesan-pesan musuh Islam yang menyusup dalam kebijakan polisi, sebab kebijakan itu akan berlanjut pada peninjauan kurikulum pelajaran di pondok pesantren seperti yang diinginkan Amerika Serikat pasca musibah WTC.

Muhammadiyah, kata Rafdinal, sangat menyesalkan dan prihatin atas kebijakan polri yang mengawasi serta memantau kegiatan dakwah di bulan suci Ramadhan dengan alasan antisipasi teroris.

Menurut Ketua PC Muhammadiyah Medan ini, kebijakan polisi itu berlebihan dan cenderung bermuara pada intimidasi terhadap umat Islam. Bahkan secara tidak langsung polisi telah menuduh umat Islam teroris yang didorong dengan adanya dakwah tentang jihad. “Tindakan itu melanggar HAM umat Islam,” tegas Rafdinal.

Muhammadiyah mengingatkan,  kebijakan polisi jangan sampai menghalangi apalagi menangkap para ustadz dan da’i dalam berdakwah hanya karena curiga mengajarkan teror. Meskinya polisi mencari akar masalah terhadap teror bukan main tuduh   dan tuding terhadap umat Islam.

Pimpinan ormas Islam juga menilai, kebijakan polisi mengawasi dakwah Islam merupakan bentuk kegugupan dalam menangani teroris, sehingga melakukan apa saja yang bisa dijadikan sasara dan kambing hitam untuk menutupi kelemahan.
sumber (dat05/waspada onlines)

One Response to “Ormas Islam khawatir kebijakan polisi”

  1. joehand said

    menurut saya juga,, tindakan polisi sekarang2 ini bukan mententramkan hati masyarakat indonesia.. tapi malah membuat qta semua ketakutan. karena sekarang mau k mana2 di curigai.. khawatir ada terorits yang sedang berkeliaran.. tapi tindakan polisi sekarang cendrung memojokkan sluruh umat islam.. ” masa negara yang komunitas nya terbanyak orang islam tapi malah org2 islam itu sendiri yang saling mencurigai..
    kya nya qta ga bisa tinggal diem aja dech,, soal nya klo seprti ini terus privasi qta terganggu.. katanya negara ini menjunjung HAM….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: