MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

Misri: Tidak Ada Gencatan Permanen dengan Penjajah Israel

Posted by Bustamam Ismail on January 27, 2009

palGaza – Infopalestina: Gerakan Hamas mengungkapkan gerakannya menolak apapun gencatan permanent dengan Zionis Israel. Hamas mengajukan alternative gencatan selama setahun dan dievaluasi setiap akhir tahun. Hamas menolak pengaitan masalah gencatan dengan serdaru Gilad Shalit yang ditahan perlawanan Palestina di Jalur Gaza.

Anggota Dewan Legislatif Palestina dari Hamas, Musyir al Misri menjelskan tuntutan gencatan permanent tidak saja bertentangan dengan hak dalam perlawanan selama tanah Palestina dijajah, namun masalah ini juga berkaitan dengan tanah, sejarah dan tempat-tempat suci.

Misri mengatakan, “Hamas telah mengusulkan gencatan selama satu tahun yang dievaluasi pada akhir setiap tahun. Yaitu gencatan senjata sementara yang berkaitan dengan pembebasan blockade, pembukaan pelintasan-pelintasan Jalur Gaza khususnya gerbang Rafah. Kami tidak menerima gencatan apapun yang merampas hak kami dalam perlawanan dan bertentangan dengan hak kami pada tanah dan tempat-tempat suci.”

Misri menyatakan Hamas telah mengusulkan masalah pengawasan internasional di pelintasan-pelintasan. Dia mengatakan, “Kami telah mengusulkan adanya pasukan internasional Eropa dan Turki di pelintasan-pelintasan. Meskipun kami menolak keberadaan pasukan internasional di Jalur Gaza. Karena kami menganggap itu sebagai kekuatan colonial, kecuali kami mendapatkan jaminan pembukaan pelintasan-pelintasan. Agar kami tidak berada di bawah belaskasihan musuh dan di bawah belas kasihan pihak tertentu, kami usulkan pengawas internasional.”

Misri menegaskan bahwa gencatan hal lain dan masalah serdadu Gilad Shalit yang ditawan perlawanan hal lain, tidak ada hubungannya sama sekali. Upaya mengaitkan antara keduanya tidak akan diterima Hamas. Dia mengatakan, “Masalah Shalit sama sekali tidak memiliki hubungan apapun dengan gencatan dan pembukaan pelintasan-pelintasan. Masalah Shalit berkaita dengan pembebasan tahanan Palestina. Masalah pembukaan pelintasan-pelintasan punya jalan lain yaitu gencatan senjata. Shalit jalannya adalah pertukaran tahanan. Jangan bermimpi Shalit akan melihat keluarganya melalui pembukaan pelintasan-pelintasan.”

Misri juga menampik hubungan apapun dengan gerakan Fatah dan PLO dalam masalah gencatan senjata yang sedang dibicarakan dengan para pejabat Mesir di Kairo. Dia mengatakan, “Orang yang berdialog dalam masalah gencataan saat ini adalah faksi-faksi perlawanan. Sedangkan Fatah dan otoritas Palestina tidak memiliki hubungan apapun dengan gencatan. Karena mereka memang dari dasarnya tidak meyakini perlawanan. Bahkan mereka menyebut roket-roket perlawanan sebagai sia-sia dan mereka memerangi senjata Palestina di Tepi Barat serta menyerukan gencatan permanent. Untuk itu, mereka sama sekali tidak memiliki hubungan apapun dengan perlawanan dan gencatan senjata. Kata hanya milik oleh yang mempunyai keputusan perlawanan dan bukan yang melecehkan perlawanan dan menuduhnya. Semua pihak tahu perimbangan ini, termasuk pihak Mesir dan Israel.” (seto)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: