MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

Longsor menimpa lembah Anai

Posted by Bustamam Ismail on November 26, 2008

harian-singgalangLongsor menimbun jalan negara di Lembah Anai, Tanah Datar Senin (17/11) subuh dan segera bisa dipulihkan. Tapi, tadi malam sekitar pukul 20.55 WIB, terjadi lagi longsor yang lebih besar. Ribuan orang terjebak di lembah yang lembah itu.Tumpukan tanah dan batu-batu besar menimbun badan jalan sepanjang 25 meter di kilometer 64+800. Musibah ini membuat jalan Lembah Anai penuh sesak oleh kendaraan yang terhempang. Ratusan dari arah Padang Panjang dan sebanyak itu pula dari arah Sicincin, bahkan ada beberapa mobil yang tertimpa bebatuan.

Jalan macet total dan tanah terus berjatuhan diikuti bebatuan, hal ini membuat cemas warga yang terjebak di sana.Petugas Dinas Prasarana Jalan Sumbar yang ada di sana, belum bisa berbuat apa-apa, karena longsor terus terjadi. Pihak kepolisian dari Padang Panjang juga sudah siap siaga di lokasi.Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Prasjal wilayah Batusangkar Ir. Yusafni, tadi malam menyebutkan, sejak pukul 19.00 WIB, jalan dari kedua arah sudah ditutup, karena sejak pagi terjadi longsor-longsor kecil. Dari arah Bukittingi dialihkan ke Solok dan dari Padang dialihkan ke Maninjau.Di lokasi sejak pagi disiagakan ekskavator dan loder, dua alat berat yang akan mengungkit-ungkit tumpukan tanah dan batu.Ketinggian tumpukan longsor sekitar 5 sampai 6 meter.


Terjebak
Wartawan Singgalang, Musriadi Musanif yang terjebak di lokasi tadi malam melaporkan, ia terpaksa merangkak di atas rel keretapi untuk bisa lewat. “Sekarang saya berada di antara dua longsor, saya berusaha menembus,” kata dia. Longsor besar terjadi di dekat tikungan jalan yang diperlebar menjelang pendakian Silaing Kariang dari arah Padang.
“Ribuan orang terjebak di sini, makanan habis, hari gelap, perut lapar pula,” kata Musriadi. Lebih celaka, gelap telah menyungkup Lembah Anai nan lembab itu sejak sore harinya.
Hampir tengah malam, Musriadi berjaya melintasi lokasi longsor. Menurutnya, polisi telah menutup jalan di pertigaan lampu merah depan PDAM dan Simpang Tiga  Kampung Baru, Kelurahan Silaing Atas. Kendaraan yang hendak ke Padang disuruh balik kanan untuk kemudian mengambil jalur ke Solok.
Tadi malam antrean kendaraan dari arah Padang menjulur sampai ke Kandang Ampek, Kec. Kayu Tanam, Padang Pariaman. Celakanya, kendaraan itu tak bisa berbalik, karena tak ada ruang untuk memutar arah, karena atrean mobil yang semerawut.
Meski musibah, tapi tukang ojek mendapat rezeki karenanya. Tukang ojek menetapkan tarif Rp10 ribu dari lokasi ke Padang Panjang. “Ini longsor terparah sejak lima tahun belakangan,” kata Musradi pula.
“Ambo litak, bajalan malam ari dalam kalam, sipatu jo sarawa alah bacilapuik luluak mamijak tanah babiak jo batu-batu gadang” tulis Musriadi dalam SMS nya tadi malam.

Plang peringatan
Bupati Tanah Shadiq Pasadique yang dihubungi tadi malam menyatakan, ia sudah menerima laporan soal longsor itu. “Tapi itu jalan negara dan yang mengurus provinsi,” kata dia. Shadiq menyarankan kepada Dinas Prasarana Jalan untuk membuat plang besar di sana. Isinya, pengumuman titik-titik rawan longsor dan meminta pengemudi dan pengendara berhati-hati. Menurut dia, sebelum jalan diperlebar, harus dibeton dulu, setidaknya 10 meter ke sisi bukit, sehingga longsor bisa dieliminir.
Kapolres Padang Panjang AKBP Wisnu Andayana yang dihubungi Singgalang via ponselnya tadi malam mengatakan, hingga pukul 22.30 WIB masih terjadi longsoran kecil. Ruas jalan diLembah Anai ditutup sementara sampai petugas berhasil menyingkirkan bekas longsoran yang terdiri tanah dan batu-batu besar tersebut.
Ruas jalan ini lumpuh total setelah terjadi longsoran besar pada pukul 20.55 WIB.
Petugas bekerja keras menyingkirkan bekas longsoran. Menurut Wisnu, beratnya tugas aparat di lapangan karena hingga menjelang tengah malam hujan lebat masih turun di lokasi.

Harian Singgalang

One Response to “Longsor menimpa lembah Anai”

  1. Derysco said

    Ambo salah satunyo warga panyalaian yg berada dilokasi longsor di lembah silaiang kariang.Dr infrms yg sy dpt disana ada sekitar 3 kendaraan yg masuk kdalam air batang air di lokasi tsbt akibt longsor.Ratusan anggt polri diterjunkan kelokasi untk meng evakuasi korban yg berada di derasnya air sungai batang air di silaiang kariang.Menurt saksi ada bnyk kendaraan yg tersapu oleh longsor tsb.Dan satu kendaraan truck yg tertimbun longsor yg berada dibdan jalan.Diperkirakan jalan akn pulih sekitar 6jam kedepan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: