MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

Guru harus berbenah kenapa ?

Posted by Bustamam Ismail on November 21, 2008

Juklak Rotasi Guru Selesai, Bergulir Mulai Awal 2009
20 Nov 2008 |
guru1SURABAYA – Janji Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya merotasi guru di sekolah-sekolah negeri berdasar hasil audit makin dikonkretkan. Untuk kepentingan itu, Dispendik telah menyelesaikan lembar petunjuk pelaksanaan (juklak). ”Saat ini juklak telah selesai. Sekarang tinggal sosialisasi kepada guru-guru,” kata Kepala Dispendik Surabaya Sahudi kemarin.

Menurut dia, audit skill program itu bertujuan meningkatkan mutu guru yang belum ikut sertifikasi dan menjaga kualitas guru yang telah disertifikasi. ”Mereka yang telah mendapat sertifikasi dan tunjangan profesi pendidik (TPP) biar tidak terlena,” ujarnya.

Audit skill guru tersebut akan dilaksanakan sejak awal tahun ajaran 2009. Cara penilaiannya dengan melakukan tes kompetensi kepada seluruh guru di sekolah negeri. Mulai tingkat SD, SMP, hingga SMA. Selain tes kompetensi berkala, akan ada penilaian di internal sekolah. Program tersebut bekerja sama dengan Unesa.

Sahudi mengatakan, sebelum merealisasikan program audit skill guru itu, perlu sosialisasi lebih dulu. Dari sosialisasi itu, pihaknya berharap ada masukan dari para guru. Tentu tidak tertutup peluang masukan itu menjadi tambahan untuk evaluasi juklak. Yang jelas, audit program ini juga bermanfaat untuk memetakan kualitas guru.

Dengan adanya audit ini, Dispendik bisa mengetahui hasil pembinaannya selama ini serta kinerja guru selama di sekolah. ”Suntikan-suntikan seperti ini diperlukan agar tidak terjadi kejenuhan terhadap guru-guru yang telah lama mengajar,” ujarnya.

Jika hasil audit guru terbukti jelek, guru yang bersangkutan bakal dites lagi. Harapannya, dengan adanya tes ini guru tersebut akan lebih bersemangat. Sedangkan guru-guru dengan kualitas bagus dan lulus tes mungkin bakal ditempatkan di sekolah-sekolah yang lebih layak. ”Atau di sekolah-sekolah yang butuh penyegaran guru,” kata Sahudi.

Kebijakan Dispendik mengaudit skill guru didukung Dewan Pendidikan Surabaya. Ketua II Dewan Pendidikan Surabaya Isa Ansori menyatakan, audit skill itu memang sangat diperlukan. Menanggapi audit skill sebagai bahan untuk merotasi guru dari satu sekolah ke sekolah lain, Isa menganggap hal itu wajar.(sha/hud)

sumber milis tendik ( klubguru.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: