MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

Kisah Nabi Isa a.s

Posted by Bustamam Ismail on November 20, 2008

bethlehemIsa (bahasa Arab:عيسى) adalah nabi penting dalam agama Islam dan merupakan salah satu dari Ulul Azmi. Dalam Al-Qur’an, ia disebut Isa bin Maryam atau Isa al-Masih. Kata ini diperkirakan berasal dari bahasa Aram, Eesho atau Eesaa. Yesus Kristus adalah nama yang umum digunakan umat Kristen untuk menyebutnya, sedangkan orang Kristen Arab menyebutnya dengan Yasu’ al-Masih (bahasa Arab:يسوع المسيح).Narasi Qur’an tentang Isa dimulai dari kelahiran Maryam sebagai putri dari Imran, berlanjut dengan tumbuh kembangnya dalam asuhan Zakariya, serta kelahiran Yahya. Kemudian Al-Qur’an menceritakan keajaiban kelahiran Isa sebagai anak Maryam tanpa ayah.

A.  Kepercayaan dasar Islam tentang Isa

Beberapa kepercayaan yang dianut ummat Islam mengenai Isa antara lain :

1. Silsilah nabi Isa tersambung kepada nabi Ibrahim melalui putranya Ishak

  1. Isa adalah salah satu nabi yang tergolong dalam ulul azmi, yakni nabi dan rasul yang memiliki kedudukan tinggi/istimewa bersama dengan (Muhammad, Ibrahim, Musa dan Nuh).
  2. Isa diutus untuk kaum bani Israil
  3. Isa bukanlah Tuhan maupun anak Tuhan, melainkan salah seorang manusia yang diangkat menjadi nabi dan rasul sebagaimana juga setiap nabi lain yang diutus pada masing-masing kaum.
  4. Kelahiran Isa terjadi dengan ajaib, tanpa ayah biologis, atas kekuasaan Tuhan. Ibunya (Maryam) adalah dari golongan mereka yang suci dan mendekatkan diri kepada Tuhan.
  5. Isa memiliki beberapa keajaiban atas kekuasaan Tuhan. Di samping kelahirannya, Ia mampu berbicara saat berumur hanya beberapa hari, Ia berbicara dan membela Ibunya dari tuduhan perzinaan. Dalam Qur’an juga diceritakan saat Ia menghidupkan orang yang sudah mati, menyembuhkan kebutaan dan lepra.
  6. Isa menerima wahyu dari Tuhan yakni Injil (merujuk pada Perjanjian Baru agama Kristen), namun versi yang dimiliki oleh umat Kristiani saat ini dipercayai telah berubah dari versi aslinya. Beberapa pendapat dalam Islam menyebutkan bahwa Injil Barnabas adalah versi Injil paling akurat yang ada saat ini.
  7. Isa tidaklah dibunuh maupun disalib, Tuhan membuatnya terlihat seperti itu untuk mengelabui musuh-musuhnya. Terdapat beberapa pendapat yang mengatakan bahwa salah seorang musuhnya diserupakan dengan dia, sedangkan Isa sendiri diangkat langsung ke surga dan musuhnya yang diserupakan tadi adalah orang yang disalib. Sementara pendapat lain (antara lain Ahmad Deedat) mengatakan bahwa Isa benar-benar disalib namun tidak hingga mati kemudian diangkat ke surga. Terdapat pula pendapat lain yang mengatakan bahwa yang disalib oleh tentara Roma bukan Isa melainkan Yudas Iskariot.
  8. Isa masih hidup dan berada di surga, suatu hari Ia akan datang kembali ke bumi untuk melawan Dajjal (atau Antikristus dalam agama kristen) dan merupakan salah satu tanda-tanda dekatnya hari kiamat.
  9. Isa bukan merupakan penebus dosa manusia, Islam menolak konsep dosa turunan dan menganut konsep bahwa setiap manusia bertanggung jawab dan akan diadili atas perbuatannya sendiri.

A. Kelahiran

Kelahiran Isa yang ajaib, diceritakan dalam beberapa ayat dalam Al Qur’an. Dalam cerita Islam disebutkan datangnya malaikat kepada Maryam mengabarkan bahwa ia akan segera melahirkan seorang putra (lihat kembali ayat 45 surat Ali Imran pada bagian awal artikel). Maryam kemudian terkejut dan menjawab kepada Malaikat itu bahwa Ia tidak pernah disentuh laki-laki. Malaikat tersebut kemudian menjawab: Jibril berkata: “Demikianlah”. Tuhanmu berfirman: “Hal itu adalah mudah bagiKu; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan”. (Qur’an surat Maryam ayat 21) …Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah ia. (Qur’an surat Maryam ayat 35)

Beberapa ayat lain terkait dengan kelahiran Isa antara lain: Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi AllAh, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: “Jadilah” (seorang manusia), maka jadilah dia. (Ali Imran ayat 59) Dan (ingatlah kisah) Maryam yang telah memelihara kehormatannya, lalu Kami tiupkan ke dalam (tubuh)nya ruh dari Kami dan Kami jadikan dia dan anaknya tanda (kekuasaan Allah) yang besar bagi semesta alam (Surat Al Anbiyaa’ ayat 21)

B. Sebagai seorang nabi

Beberapa ayat dari Al Qur’an yang menegaskan tentang kenabian Isa antara lain:

1. Berkata Isa: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Alkitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi,dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup; dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka. Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali”. Itulah Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya. Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah ia. (Surat Maryam ayat 30-35)

2. Dan tatkala Isa datang membawa keterangan dia berkata: “Sesungguhnya aku datang kepadamu dengan membawa hikmat dan untuk menjelaskan kepadamu sebagian dari apa yang kamu berselisih tentangnya, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah (kepada) ku”. Sesungguhnya Allah Dialah Tuhanku dan Tuhan kamu maka sembahlah Dia, ini adalah jalan yang lurus. Maka berselisihlah golongan-golongan (yang terdapat) di antara mereka, lalu kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang zalim yakni siksaan hari yang pedih (kiamat). (Surat Az Zukhruf 63-65)

3. Al Masih putera Maryam itu hanyalah seorang Rasul yang sesungguhnya telah berlalu sebelumnya beberapa rasul, dan ibunya seorang yang sangat benar, kedua-duanya biasa memakan makanan. Perhatikan bagaimana Kami menjelaskan kepada mereka (ahli kitab) tanda-tanda kekuasaan (Kami), kemudian perhatikanlah bagaimana mereka berpaling (dari memperhatikan ayat-ayat Kami itu). (Surat Al Maa’idah ayat 75)

4. Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: “Hai Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: “Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?”. Isa menjawab: “Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakan maka tentulah Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib-ghaib”. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (mengatakan)nya yaitu: “Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu”, dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. (surat Al Maa’idah ayat 116-117)

C. Isa dan ruh kudus

Qur’an juga menceritakan perihal Isa yang diberikan kekuatan dengan ruh kudus oleh Tuhan.

1. Rasul-rasul itu Kami lebihkan sebagian (dari) mereka atas sebagian yang lain. Di antara mereka ada yang Allah berkata-kata (langsung dengan dia) dan sebagiannya Allah meninggikannya beberapa derajat. Dan Kami berikan kepada Isa putera Maryam beberapa mukjizat serta Kami perkuat dia dengan Ruhul Qudus. Dan kalau Allah menghendaki, niscaya tidaklah berbunuh-bunuhan orang-orang (yang datang) sesudah rasul-rasul itu, sesudah datang kepada mereka beberapa macam keterangan, akan tetapi mereka berselisih, maka ada di antara mereka yang beriman dan ada (pula) di antara mereka yang kafir. Seandainya Allah menghendaki, tidaklah mereka berbunuh-bunuhan. Akan tetapi Allah berbuat apa yang dikehendaki-Nya. (Surat Al Baqarah ayat 253)

  1. (Ingatlah), ketika Allah mengatakan: “Hai Isa putra Maryam, ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu di waktu Aku menguatkan kamu dengan ruhul qudus. Kamu dapat berbicara dengan manusia di waktu masih dalam buaian dan sesudah dewasa; dan (ingatlah) di waktu Aku mengajar kamu menulis, hikmah, Taurat dan Injil, dan (ingatlah pula) diwaktu kamu membentuk dari tanah (suatu bentuk) yang berupa burung dengan ijin-Ku, kemudian kamu meniup kepadanya, lalu bentuk itu menjadi burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan (ingatlah) di waktu kamu menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan ibu dan orang yang berpenyakit sopak dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu kamu mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup) dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuh kamu) di kala kamu mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir diantara mereka berkata: “Ini tidak lain melainkan sihir yang nyata”. (Al Maa’idah ayat 110)

D. Isa tidak dibunuh ataupun disalib Tetapi diangkat ke Langit.

Al-Qur’an menerangkan dalam surat An Nisaa’:157 bahwa Nabi Isa tidaklah dibunuh maupun disalib oleh orang-orang Kafir. Adapun yang mereka salib adalah orang yang bentuk dan rupanya diserupakan oleh Allah SWT seperti Nabi Isa as.(sebagian ulama berpendapat orang yang diserupakan adalah muridnya yang berkhianat yang bernama Yudas Iskariot) dan karena ucapan mereka: “Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah”, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. (An Nisaa’ : 157)

Nabi Isa as. diselamatkan oleh Allah SWT. dengan jalan diangkat ke langit dan ditempatkan disuatu tempat yang hanya Allah SWT yang tahu tentang hal ini. Al Qur’an menjelaskan tentang peristiwa penyelamatan ini. Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (An Nisaa’:158)

E. Isa akan diturunkan kembali ke bumi

Nabi Isa as. sampai saat ini masih hidup dan hanya Allah SWT saja tahu keberadaanya. Dari keterangan hadist Nabi Muhammad saw. diceritakan bahwa menjelang hari kiamat / akhir jaman Nabi Isa akan di turunkan oleh Allah SWT dari langit ke bumi (The Second Coming dalam versi Kristen). Peristiwa itu tergambar dari hadist berikut :

1. “Tidak ada seorang nabi pun antara aku dan Isa dan sesungguhnya ia benar-benar akan turun (dari langit), apabila kamu telah melihatnya, maka ketahuilah;bahwa ia adalah seorang laki-laki berperawakan tubuh sedang,berkulit putih kemerah-merahan. Ia akan turun dengan memakai dua lapis pakaian yang dicelup dengan warna merah, kepalanya seakan-akan meneteskan air waulupun ia tidak basah”. (HR Abu Dawud)

2. “Sekelompok dari ummatku akan tetap berperang dalam dalam kebenaran secara terang-terangan sampai hari kiamat,sehingga turunlah Isa Ibn Maryam ,maka berkatalah pemimpin mereka (Al Mahdi) : “ Kemarilah dan imamilah shalat kami”. Ia menjawab;”Tidak, sesungguhnya sebagian kamu adalah sebagai pemimpin terhadap sebagian yang lain, sebagai suatu kemuliaan yang diberikan Allah kepada ummat ini (ummat Islam)”. (HR Muslim & Ahmad)

3. “Tiba-tiba Isa sudah berada diantara mereka dan dikumandangkanlah shalat,maka dikatakan kepadanya, majulah kamu (menjadi imam shalat) wahai ruh Allah.” Ia menjawab:”Hendaklah yang maju itu pemimpin kamu dan hendaklah ia yang mengimami shalat kamu”. (HR Muslim & Ahmad)

F. Nabi Isa Turun ke Bumi menjelang Kiamat

1. Sholat bersama Imam Mahdi

Hal pertama yang dilakukan Nabi Isa setelah turun dari langit adalah menuaikan shalat sebagaimana yang dijelaskan oleh hadist-hadist di atas. Nabi Isa akan menjadi makmum dalam shalat yang di imami oleh Imam Mahdi.

Adapun lokasi turunnya Nabi Isa dijelaskan oleh Rasulullah saw. dalam sebuah hadist berikut :“Isa ibn Maryam akan turun di ‘Menara Putih’(Al Mannaratul Baidha’) di Timur Damsyik”. (HR Thabrani dari Aus bin Aus)

Kedatangan Nabi Isa akan didahului oleh kondisi dunia yang dipenuhi kedzaliman, kesengsaraan & peperangan besar yang melibatkan seluruh penduduk dunia, setelah itu kemunculan Imam Mahdi yang akan menyelamatkan kaum muslimin, kemudian kemunculan dajjal yang akan berusaha membunuh Imam Mahdi , setelah dajjal menyebarkan fitnahnya selama 40 hari, maka Nabi Isa akan diturunkan dari langit untuk menumpas dajjal

2. Isa akan membunuh Dajjal

Turunnya nabi Isa ke bumi mempunyai misi menyelamatkan manusia dari fitnah Dajjal dan membersihkan segala penyimpangan agama ,ia akan bekerjasama dengan Imam Mahdi memberantas semua musuh-musuh Allah.

Dikisahkan setelah Nabi Isa as. selesai menunaikan shalat, ia berkata : “Keluarlah kamu (pasukan kaum muslimin) semua bersama kami untuk menghadapi musuh Allah, yaitu dajjal.” Lalu mereka pun keluar, kemudian Ia (Isa) dilihat oleh dajjal silaknat yang baru saja mendakwa kepada manusia, bahwa ia adalah raja yang mendapat petunjuk dan pemimpin yang jenius serta bijaksana, bahkan mengaku sebagai Tuhan Yang Maha Tinggi. Begitu ‘Isa dilihat oleh dajjal, dajjal pun meleleh seperti garam yang meleleh di dalam air. Kemudian dajjal melarikan diri, akan tetapi ia dihadang oleh Isa di pintu kota Lud di Palestina. Sekiranya Isa membiarkan saja hal ini maka dajjal akan hancur seperti garam dalam air, akan tetapi Isa berkata kepadanya :”Sesungguhnya aku berhak untuk menghajar kamu dengan satu pukulan.” Lalu Isa as. menombak dan membunuhnya, maka Isa as. memperlihatkan kepada semua orang darah dajjal di tombaknya. Maka tahu dan sadarlah para pengikut dajjal dari kalangan Yahudi , bahwa dajjal bukanlah Allah. Jika benar apa yang didakwakan dajjal(dajjal mengaku sebagai tuhan) tentulah dajjal tidak akan dapat dibunuh oleh Nabi ‘Isa.

3. Isa akan menyelamatkan manusia dari fitnah Ya’juj dan Ma’juj

Salah satu tugas besar beliau setelah membunuh dajjal adalah menyelamatkan ummat manusia dari fitnah Ya’juj dan Ma’juj (Gog dan Magog dalam versi Kristen).

Dikisahkan, fitnah dan kejahatan mereka (Ya’juj dan Ma’juj) sangat besar dan menyeluruh , tiada seorang manusiapun yang dapat mengatasinya, jumlah mereka pun sangat banyak sehingga kaum Muslimin akan menyalakan api selama 7 tahun untuk berlindung dari penyerangan mereka, para pemanah dan perisai mereka. (seperti yang diterangkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Ibn Majah dari Nawwas)

Maka saat mereka telah keluar (dari diding tembaga yang mengurung mereka sejak jaman raja Zulkarnain) maka Allah SWT berkata kepada Isa ibn Maryam: ”Sesungguhnya Aku telah mengeluarkan hamba-hamba(Ya’juj dan Ma’juj)yang tidak mampu diperangi oleh siapapun, maka hendaklah kamu mengasingkan hamba-hambaKu ke Thur (Thursina) ”

Dan di Thur terkepunglah Nabiyullah ‘Isa beserta para sahabatnya, sehingga harga sebuah kepala sapi lebih mahal dari 100 dinar kamu hari ini.Kemudian Nabiyullah ‘Isa dan para sahabatnya ,menginginkan itu, maka mereka tidak menemukan sejengkalpun dari tanah di bumi kecuali ia dipenuhi oleh bau anyir dan busuk mereka.Kemudian Nabi Isa dan sahabatnya meminta kelapangan kepada Allah SWT maka Allah mengutus seekor burung yang akan membawa mereka kemudian menurunkan mereka sesuai dengan kehendak Allah , kemudian Allah menurunkan air hujan yang tidak meninggalkan satu rumahpun dikota atau di kampung, maka Ia membasahi bumi sehingga menjadi seperti sumur yang penuh.” (HR. Ahmad,Muslim & Tirmidzi dari An Nawwas bin Sam’am)

Catatatan dalam versi Kristen “orang-orang beriman akan diselamatkan dibawa ke awan”

Dahsyatnya fitnah Ya’juj dan Ma’juj digambarkan dalam sebuah hadist Rasulullah saw. sbb:

“Dinding Ya’juj dan Majjuj akan terbuka, maka mereka akan menyerang semua manusia, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala: “Dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat-tempat yang tinggi” (QS . Al Anbiyaa’ : 96). Maka mereka akan menyerang manusia, sedangkan kaum Muslim akan berlarian dari mereka ke kota-kota dan benteng-benteng mereka, kemudian mereka mengambil binatang-binatang ternak bersama mereka. Sedangkan mereka (Ya’juj dan Ma’juj) meminum semua air di bumi, sehingga apabila sebahagian mereka melewati sebuah sungai maka merekapun meminum air sungai tersebut sampai kering dan ketika sebagian yang lain dari mereka melewati sungai yang sudah kering tersebut, maka mereka berkata: “Dulu di sini pernah ada air”. Dan apabila tidak ada lagi manusia yang tersisa kecuali seorang saja di sebuah kota atau benteng, maka berkatalah salah seorang dari mereka: “Mereka-mereka penduduk bumi sudah kita habisi, maka yang tertinggal adalah penduduk langit”, kemudian salah seorang dari mereka melemparkan tombaknya ke langit, dan tombak tersebut kembali dengan berlumur darah yang menunjukkan suatu bala dan fitnah. Maka tatkala rnereka sedang asyik berbuat demikian, Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus ulat ke pundak mereka seperti ulat belalang yang keluar dari kuduknya, maka pada pagi harinya mereka pun mati dan tidak terdengar satu nafaspun. Setelah itu kaum Muslim berkata: “Apakah ada seorang laki-laki yang mau menjual dirinya untuk kami berani mati) untuk melihat apa yang sedang dilakukan oleh musuh kita ini?” maka majulah salah seorang dari mereka dengan perasaan (menganggap) bahwa ia telah mati, kemudian dia menemui bahwa mereka semua telah mati dalam keadaan sebagian mereka di atas sebagian yang lain (berhimpitan), maka laki-laki tersebut menyeru: “Wahai semua kaum Muslim bergembiralah kamu sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala sendiri sudah membinasakan musuhmu”, maka mereka pun keluar dari kota-kota dan benteng-benteng dan melepaskan ternak-ternak mereka ke padang-padang rumput kemudian padang rumput tersebut dipenuhi oleh daging-daging binatang ternak, maka semua susu ternak tersebut gemuk (penuh) seperti tunas pohon yang paling bagus yang tidak pernah dipotong.” (HR. Ahmad, Ibn Majah, Ibn Hiban dan Hakim dari Abu Sa’id)

4. Isa akan menjadi pemimpin yang adil di akhir jaman

Menurut suatu riwayat Nabi Isa ,setelah turun dari langit akan menetap dibumi sampai wafatnya selama 40 tahun. Ia akan memimpin dengan penuh keadilan , sebagaimana yang diceritakan dalam hadist berikut :“Demi yang diriku berada ditangan Nya,sesungguhnya Ibn Maryam hampir akan turun di tengah-tengah kamu sebagai pemimpin yang adil,maka ia akan menghancurkan salib,membunuh babi,menolak upeti,melimpahkan harta sehingga tidak seorangpun yang mau menerima pemberian dan sehingga satu kali sujud lebih baik dari dunia dan segala isinya” (HR. Bukhari,Muslim,Ahmad,Nasa’I,Ibn Majah dari Abi Hurairah)

5. Isa akan menunaikan ibadah haji

Diceritakan dalam sebuah hadist bahwa Nabi Isa akan melaksanakan haji.”Demi Dzat yang diriku berada ditanganya,sesungguhnya Ibn Maryam akan mengucapkan tahlil dengan berjalan kaki untuk melaksanakan haji atau umrah atau kedua-duanya dengan serentak”.(HR. Ahmad & Muslim dari Abi Hurairah)

6. Isa akan wafat

Setelah Nabi Isa menjadi pemimpin yang adil di akhir jaman, Allah SWT akan mewafatkan beliau. Hanya Allah SWT saja yang tahu kapan dan dimana Nabi Isa akan diwafatkan. Setelah wafatnya Nabi Isa Al-Masih dunia kemudian akan mengalami kiamat.


37 Responses to “Kisah Nabi Isa a.s”

  1. muslimah said

    nabi isa emang hebat.
    ga pernah nyuruh bunuh orang kafir.
    malah suruh kasihi musuh.bener2 standard nya tinggi.
    nabi isa juga dipanggil kalimatAllah
    lahir dari perawan maryam, dari Rohul Kudus.
    wow..kalo Allah cuma jadikan dia nabi, ngapain yah Allah repot2 utus isa spt itu?
    pasti ada tujuan yg lebih besar, knapa cara dia masuk ke dunia spt itu.

    spt kita tahu, seluruh generasi manusia terseret dalam dosa adam, makanya manusia, yg seharusnya hidup abadi, jadi mengenal kematian, semua karna dosa masuk ke dalam generasi manusia.
    jadi semua yg lahir dari manusia itu tercemar oleh dosa.

    makanya Allah mau mengutus nabi isa, sebagai satu2nya manusia yg sempurna tidak berdosa (tidak lahir dari turunan adam), tapi lahir karna RohulKudus.

    lalu isa, menjalani panggilannya sebagai tumbal, bagi dosa generasi manusia keturunan adam.
    sama spt karna adam, semua manusia terseret dosa.
    karna isa manusia yg suci, jadi tumbal, kita semua bisa menerima ampunan dosa.

    Allah emang maha pengasih dan penyayang, tapi jng lupa dia maha adil.
    dia menuntut balas dosa. tidak ada istilah dosa kecil di mata Allah. semua dosa akan seret m,anusia ke neraka, makanya Allah yg maha pengasih dan adil, yg mau menyelamaatkan manusia, cuma bisa lakukan 1 cara untuk mampukan manusia terima ampunan.
    yaitu harus ada manusia sempurna yg jadi tumbal.

    sehingga karna percaya pengorbanan isa anak Allah lah, kita menerima ampunan dosa.
    anak artinya isa datang dari Allah, bukannya Allah kawin dng manusia lalu lahir isa yah..itu pengertian yg salah.
    kalo saya anak menteng, bukan berarti jalan sudirman dan jalan sabang kawin, tapi artinya saya datang dari menteng.

    hanya lewat isa kita bisa datang kepada Allah, karena kita dibayarin dosanya ama isa anak Allah.
    sehingga, motif saya ibadah dan lakukan kebaikan, bukan untuk ngumpulin poin buat masuk surga.
    tapi saya ibadah dan lakukan baik, karna saya bersyukur ama Allah yg ampuni dosa saya, lewat isa yg jadi tumbal bagi dosa saya..jadi motif saya murni untuk bersyukur atas kebaikan Allah..bukan karna ada maunya (ngumpulin poin buat ke surga).

    saudara mau ke surga dengan kumpulin poin? ga bakal sampe2. cuma ada 1 cara pasti: terima pembayaran dosa saudara, lewat tumbal anak Allah isa almasih, kalimat Allah yg menjadi manusia.yang satu2nya manusia yang suci.

    • yang pentinggg….
      kita harus bertakwa n slalu menjunjung NYA di atas segalanya

      karna hanya DIA lah kita bisa merasakan dunia ini…
      maka hanya kepada NYA lah kita merasakan nikmat dan sengsara NYA di atas langit….

      subhanALLAH….

    • muhamad al-hayati said

      ……terus ngapain lo pade ibadah klo dah da yang bayarin dosa mah……..cape dehhhhhh ma orang sakit mah……

    • muhamad al-hayati said

      ……baca donk kitab injil lo…..o iya…ya?kitab mereeka yang sekarang kan kitab boongan karya paus2….meningan w mah baca novel dehhhhhhhh………

  2. 1. maaf Islam tidak mengenal dosa warisan, seperti semua mempunyai
    dosa gara-gara keturunan yang berdosa di surga, memakan buah
    khuldi sehingga dia harus menerima akibatnya.
    2. Masing-masing diri akan berdosa disebabkan perbuatannya sendiri
    Jika kamu berbuat baik untuk dirimu, jika kamu yang salah
    juga untuk dirimu sendiri.(Al-Qur,an surat Al-Isra’ ayat ayat7)
    baginya apa yang ia kerjakan dan bagimu apa yang kamu
    kerjakan(al-Qur,an surat Al-Baqoroh ayat 134.)
    3. Tidak mengenal Isa Allah tetapi Rasul Allah, orang yang
    menganggap Isa Anak Allah maka membantahnya karena merusak
    kebesaran penguasa alam ini, karena memerlukan putra untuk
    berbagi kekuasaan Lihat( Al-Qur,an surat Al-Maidah ayat 171)
    4. maaf kalau anda beragama selain Islam, ini adalah teologi Islam

    • nurrie said

      bener . setiap manusia mempunyai dosa , , tidak ada satu pun manusia yang dapat menebus dosanya . kecuali dirinya sendiri yang benar – benar memohon ampun pada Allah dan tidak mengulanginya .

  3. Kristus said

    He muslimah palsu, tuhan lo kok cuma punya anak satu, bikin banyak-banyak kek, supaya bisa disalib rame-rame, kan lumayan ada tontonan gratis tuh,
    he muslimah palsu kalo mau khotbah kristen/katolik pegi ke israel sana, yahudi sodara lo tuh yang biadab binatang itu belon pernah diajari kasih sayang, ajarin tuh sonoo, ngacoblak aje loh, basi tauk.

    Kristus

    • ah bawel lo b2
      ngehe
      lo m mau ngmngn agama pa mau jual perek si

      ga punya agama lo ya…
      bangsat lo b2

      kristus tolol
      muslimah juga tolol

      lo b2 yang jadi tumbal ALLAH nanti nnya laknat

      utusan dajjal kali lo b2 ye
      setannnn lo

  4. Reza said

    sudah-sudah lakum dinukum waliadin!!!
    Allah tau mana yang benar dan salah,,
    OK!!
    Insya Allah nanti smw akn terbukti islam tu bnr!!
    Assalamu’alaikum

  5. Aku said

    Islam adalah agama yang lurus. Terbukti dari semua ayat-ayat alquran yang tidak dapat dipungkiri kebenarannya. Tidak ada orang yang bisa menyangkal kebenaran alquran dengan pembuktian nyata. Keaslian alquran akan tetap terjaga. Itulah satu alasan yang kuat bahwa islam benar2 agama yang lurus. Semoga Allah yang maha mulia kebesarannya membukakan mata hati saudara2ku. Amiin..

  6. tobamas said

    syalom..

    perkenalan aku toba mahasiswa hukum..
    kebetulan lagi cari tentang hukum islam..
    ehh malah ku jadi baca ttg isa dan isi comment ini..

    ijinkan aku mengetok..
    hehehe🙂

    aku mau tahu yesus atau isa-almasih itu apa menurut agama islam.
    ya.. saya link layout ini..

    aku mau sampaikan nich.. jangan keraskan hati..

    aku dapat ayat ini aku mau bagi ke rekan-rekan semua;

    ISA BERKUASA DI BUMI DAN DISORGA (QS 3 AL IMRON 45)
    ISA Dilahirkan bukan dari bapa Insani, tetapi dari roh Allah(Qs.21 Al anbiyaa 91)
    ISA adalah firman Allah dan kalimatnya (hadits Anaa bin malik Hal.72)
    ISA MENGATAKAN PERKATAAN YANG BENAR (QS 19 MARYMAM 34)
    ISA ITU PEMBAWA TERANG SUPAYA DI TAATI (QS 43 AZ ZUKHRUF 63)
    ISA BERKUASA, TERKEMUKA DI DUNIA DAN DI AKHERAT (QS 3 ALI IMRAN 45)
    ISA MATI DAN HIDUP KEMBALI (QS 3 ALI IMRAN 55)
    ISA AKAN DIIMANI OLEH SEMUA AHLI KITAB (QS 4 AN NISAA 159)
    TAURAT DAN INJIL DIBENARKAN OLEH AL-QURAN )QS.43 AZ ZUKHRUF 4)
    ORANG KRISTEN SAHABAT DEKAT ORANG ISLAM (QS 5 AL MADINAH 82)
    TAURAT DAN INJIL HARUS DITURUTI (QS 5 AL MAIDAH 68)
    DLL..
    QS 4 AN NISA 171
    Q SURAT AL FATIHAH 56

    rekan-rekan semua boleh membalasnya ke-email aku.

    Gbu.

  7. me said

    Buat rekan2 semua… semua agama itu tidak ada yang salah… tapi agama yang paling lengkap adalah islam karena telah jelas bahwa didalam al qur’an berisi injil taurat dsb, maka islamlah agama yang paling lengkap…

  8. Ali said

    teman teman sebenarnya kedua agama benar mengagungkan AllAH
    Islam yang agung adalah ALLAH SWT (tdk diragukan dalam Quran)
    Kristen yakin yang agung juga ALLAH (tdk diragukan dalam Injil(asli))
    tetapi kita perlu menegaskan yang Pantas Kita sembah dan kita agungkan.
    1. Apakah AllAH ( Maha Esa dan Tunggal)yang Agung atau,
    2. Apakah Yesus (Isa) (manusia)Yang Agung atau juga,
    3. Bunda Mariah (manusia) yang Agung.
    jika ini terjawab maka agama apapun anda pasti dengan hati yang bersih
    memahami yang sempurna itu agama yang mana tanpa kebohongan ataupun penyesatan
    kitab yang ASLI.
    sudah tentu Islam yang sempurnah karena hanya mengagungkan,menuhankan ALLAH SWT
    yang sejatinya Maha tunggal tidak dilahirkan, tidak melahirkan, tidak beristri
    tidak juga beranak. hanya memberikan keistimewaan kepada manuasia manusia terpilih
    (nabi – nabi ALLAH)untuk menunjukan kekuasaanNYA dan Kebenaran.
    wassalam…

  9. YouKnowWho said

    MakLumin aja Lah orang kaya gitu coba mikir dikit aja tuhan itu SATU ! Tapi kenapa di kristustustus tuhan ada 3 ? Masa isi semesta aLam ini di jaga 3 tuhan ? Mau pada berebutan apa tampoL”an kan gha mungkin ? agama cacat di baca ! Gha masuk akaL kaLo tuhan ada 3 ! Kristenn tuh anjing !!

  10. avriel said

    ya allh,,knapa se pd debat kyk gni??agama kn kepercayaan qt masing2.tolong dong jangan salin hantam..hargai keputusan orang untk memilih agama..betapa kecewanya Tuhan melihat hambanya saling padu soal agama..pernah diajari agama g se??kyk orng g berpendidikan omongane..menurut qta agam yg paling sempurna itu yg kita pilih masing2..ingat kepercanyaan…

  11. arya said

    islam tuh yg bner bukan keaa kristen,,dah tau yang di salib tuh penjahat,,masih aja di taruh didepan wat beribadah,,klo sama2 penjahat mending lo sembah gw aja,,soalnya gw jga penjahat,,penjahat kelamin huahahaha

  12. budi said

    IN THE NAME OF ALLAH, MOST BENEFICIENT, MOST MERCYFUL, THERE ISN’T GOD ONLY ALLAH, AND PROPHET MUHAMMAD IS A MESSANGER OF ALLAH, IN MY OPINION THAT ALLAH SWT CREAT THIS UNIVERSE,PLANT,ANIMALS, HUMAN ( NABI ADAM ……NABI ISA ( YESUS KRISTUS ) UNTIL NABI MUHAMMAD ( I LOVE HIM ). NO HUMAN CAN BE TRANSFORMED INTO GOD ( TUHAN ) SEMUA NABI & RASUL PUNYA MUKZIJAT UNTUK MEYAKINKAN UMATNYA HANYA BANI ISRAEL MEMANG TIDAK MAU MENERIMA & MENDENGARKAN NASIHAT NABI ISA AS ( YASU ALMASIH / YESUS KRISTUS ), SAYA SEBAGAI MUSLIM YAKIN BAHWA NABI ISA AS ( YASU ALMASIH /YESUS KRISTUS ) HANYA SEORANG NABI & RASUL BUKAN ANAK ALLAH DAN JUGA BUKAN TUHAN, TIDAK PATUH ALLAH SWT RAJA LANGIT & BUMI PUNYA ANAK DAN MUSTAHIL MANUSIA JADI TUHAN ATAU TIGA TUHAN, EMPAT TUHAN, ATAU SEMUANYA JADI TUHAN TERMASUK IBLIS DAN MALAIKAT. AL QUR’AN SEBAGAI KITAB YANG HAKIKI, BENAR, ASLI, PENUH ILMU PENGETAHUAN DLL TELAH MENYEBUTKANNYA, JADI PARA PEMELUK AGAMA KRISTEN ATAU KATHOLIK HENDAK MEMBACA & MERESAPI DAN MENGKAJI ALQUR’AN JANGAN MENCARI – CARI KESALAHAN ISINYA. CONTOHNYA HJ. IRENA HANDONO SEORANG MANTAN BIARAWATI KATHOLIK SETELAH MENGKAJI ALQUR’AN DENGAN AKAL SEHAT DAN PIKIRAN JERNIH, AKHIRNYA KEBENARAN ITU AKAN MUNCUL TENTANG NABI ISA AS, ALLAH TUHAN SEMESTA ALAM DAN LAINNYA. WASSALAM.

  13. Andri said

    Tobamas, yg anda sampaikan bukan ayat Al Qur’an. Tetapi pendapat anda sendiri.
    Baca Al Qur’an, bukan itu isinya.

  14. […] Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (An Nisaa’ :158) (Khotib) 2. Kisah Nabi Khidir […]

  15. jendry said

    terkutuklah org yg menambahkan dan mengurangkan isi FIRMAN TUHAN,.,.semua yg kamu tulis itu kebohongan,,,yang benar itu adalah yg terkandung dalam ALKITAB.JESUS/ISA adalah Tuhan…jadi bertobatlah secepatnya.,,

  16. jendry said

    ISA/JESUS adalah ALLAH yang menjadi manusia,.dia itu 100% ALLAh dan 100% manusia.,.,mengapa dia menjadi manusia?itu karena dia sangat menyayangi manusia.,.dia rela berkorban di kayu saib hanya utk menebus manusia dari dosa.,.karena semua manusia telah kehilangan kemuliaan ALLAH dan utk menebus manusia hanya dengan satu carah yaitu darah TUHAN jesus .,.,.jadi jika kamu tidak mengerti apa2 jangan sok pamer hati2 roh kudus bisa menghukum kamu,.,I LOVE U JESUS

  17. jendry said

    ISA/JESUS adalah ALLAH yang menjadi manusia,.dia itu 100% ALLAh dan 100% manusia.,.,mengapa dia menjadi manusia?itu karena dia sangat menyayangi manusia.,.dia rela berkorban di kayu saib hanya utk menebus manusia dari dosa.,.karena semua manusia telah kehilangan kemuliaan ALLAH dan utk menebus manusia hanya dengan satu carah yaitu darah TUHAN jesus .,.,.jadi jika kamu tidak mengerti apa2 jangan sok pamer hati2 roh kudus bisa menghukum kamu,.,

    • Net Since said

      Jika yesus adalah tuhan bagaimana mungkin suatu bagian dari Keilahian yang mahakuasa
      -Bapa, Anak, atau roh kudus-dapat lebih rendah daripada
      malaikat-malaikat dan sederajat dengan para binatang?

      Mazmur 8:6 (8-7) Engkau membuat dia berkuasa atas buatan tangan-Mu; segala-galanya telah Kauletakkan di bawah kakinya:
      8:7 (8-8) kambing domba dan lembu sapi sekalian, juga binatang-binatang di padang;

      Ibrani 2:9 Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia.

      • fanya said

        @Jendry & Net Since
        Silahkan ikuti argumen-argumen cerdas dalam diskusi sangat menarik, cerdas dan santun antara Habib dgn Om Parhobass mengenai kontradiksi-kontradiksi dalam Alkitab, Penyaliban Yesus dan Trinitas di hakadosh.wordpress.com/2010/03/31/versi-alkitab/#comment-4631 dan hakadosh.wordpress.com/2012/01/15/tutup-telinga-penghujat-allah-ini-harus-mati/#comment-4623.
        Don’t miss it!!! I BET YOU’LL BE SURPRISED!

        Salam Persatuan

  18. jendry said

    I LOVE YUU JESUS

  19. Sweety piE piE said

    Mudah-mudahan azan sentiasa di laungkn.. dn org muslim sentiasa menunaikn ibadat kepada Allah tanpa rasa jemu dan penat.. Amin..

  20. […] mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (An Nisaa’ :158) (Khotib) 2. Kisah Nabi Khidir Alaihissalam Pada saat Raja Iskandar Dzul Qarnain pada tahun 322 S. M. […]

  21. Net Since said

    Disini banyak pengemis tuhan rupanya😀 :D:😀

  22. Eka Chacha said

    SAYA PECAYA LILAHITA’ALA NABI MUHAMMAD ITU ADALAH BENAR RASUL UTUSAN ALLAH !!

  23. roficx said

    kalo ada murid yang makan cabe gag mungkin gurunya yang gag makan cape menanggung pedasnya
    kalo ada anak tergores pisau apakah ibu/bapaknya yang terluka dan berdarah

  24. […] Nabi Isa AS diselamatkan oleh Allah SWT dengan jalan diangkat ke langit dan ditempatkan disuatu tempat yang hanya Allah SWT yang tahu tentang hal ini. AlQur’an menjelaskan tentang peristiwa penyelamatan ini. ”Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (An Nisaa’ :158) (Khotib) […]

  25. […] Nabi Isa AS diselamatkan oleh Allah SWT dengan jalan diangkat ke langit dan ditempatkan disuatu tempat yang hanya Allah SWT yang tahu tentang hal ini. AlQur’an menjelaskan tentang peristiwa penyelamatan ini. ”Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (An Nisaa’ :158) (Khotib) […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: