MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

Tuanku Bosa XIV Anugerahkan Sangsako

Posted by Bustamam Ismail on October 27, 2008

Padang , Padek—Rencananya 800 kepala keluarga (KK) warga Talu, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) di Malaysia mendirikan Koperasi Perhimpunan Masyarakat Talu Malaysia . Peresmiannya akan dilakukan Tuanku Bosa XIV dr Fadlan Maalip, SKM, Minggu (26/10), di IPOH Negara Bagian Perak Malaysia .

Selain meresmikan koperasi selama di Malaysia Tuanku Bosa XIV bersama 24 orang datuak, pangulu, bundo kanduang dan puti juga akan menghadiri halal bil halal dan menganugerahkan gelar sangsako atau kehormatan Tuanku Arif Pamuncak kepada Ketua Pengerusi Perhimpunan Masyarakat Talu Malaysia Prof Dr Ir Khalid Mohamed Nor.

”Secara ekonomi, rata-rata orang Talu Malaysia sudah baik. Namun melalui koperasi ini ekonomi mereka bisa lebih baik lagi, bahkan memberikan kontribusi untuk pembangunan Talu,” kata Tuanku Bosa XIV kepada koran ini, tadi malam. Umumnya kata Tuanku Bosa, warga Talu yang berada di Malaysia bekerja sebagai pegawai kerajaan. Beberapa posisi strategis seperti Menteri Kesehatan juga sudah pernah dipercayakan kepada orang Talu.


Tuanku Bosa juga berharap, ke depan koperasi ini bisa bersinergi dengan Koperasi Syariah Talu. Beberapa komoditi andalan Talu seperti kopi, gula anau dan lainnya bisa dipromosikan ke Malaysia melalui kontak dagang, sehingga pemasarannya bisa lebih luas dan skala besar. Saat ini katanya, baik gula anau maupun kopi talu sudah dikemas secara modern dan dipasarkan di mall-mall.

Di luar urusan pemberdayaan ekonomi, kata Tuanku Bosa, silaturahim dengan warga Talu Malaysia ini juga merupakan bagian dari pelestarian adat Minangkabau di negara lain. Warga Talu kini sudah memulainya dengan membuat kamus bahasa Talu-Malaysia. Jadi bahasa khas Talu di mana pun tidak akan hilang dan selalu melekat di setiap warga Talu tanpa tergerus waktu. (geb)

sumber : http://www.padangek spres.co. id/content/ view/21218/ 100/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: