MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

Kajian Islam di Andalus sebagai kenangan sejarah!!!

Posted by Bustamam Ismail on October 24, 2008

Asal usul kata Andalusia

1. Teori Pertama

Kata “Andalus” berasal dari “Vandalos”, nama wilayah Eropa Utara yang menyerang Romawi pada abad ke-V. Orang-orang Romawi menyebut para penyerang itu dengan “Vandalos” karena menghancurkan berbagai kawasan Romawi yang dikenal berperadaban. Hingga kini, kata “vandals” masih dipakai dalam bahasa untuk menyebut orang atau kelompok yang merusak, anti estetika. Bangsa-bangsa “Vandals” itu sampai ke selatan Spanyol, selanjutnya kawasan itu dikenal dengan “Vandalusia”. Ketika kaum Muslimin menaklukkan kawasan tersebut, mereka menamakannya “Andalus”. Teori pertama adalah nama tersebut berasal dari Vandal, suku Jerman yang menguasai sebagian Iberia selama 407429

2.Teori kedua

Teori kedua adalah berasal dari Arabisasi kata “Atlantik”. Pendukung teori ini adalah sejarawan Spanyol Vallvé.[5]

3.Teori ketiga

Teori ketiga yang diajukan oleh Halm (1989)[6] adalah bahwa nama ini berawal dari nama yang diberikan suku Visigoth yang berkuasa di Iberia pada abad ke-5 hingga 9. Dalam bahasa Latin, Iberia Visigoth disebut Gothica Sors (tanah undian Goth). Halm memprediksikan bahwa dalam bahasa Gothic “tanah undian” mungkin disebut *landahlauts, dan ia menyarankan dari sinilah asal nama Al-Andalus berasal

4. Teori keempat

Namun belakangan, ahli bahasa telah diikutsertakan dalam diskusi ini. Argumen-argumen dari ilmu sejarah, linguistik dan toponimi (ilmu yang mempelajari nama daerah), selanjutnya menunjukkan kelemahan semua teori diatas, dan bahwa nama Al-Andalus ternyata berasal dari masa Romawi.

Spanyol sebelum dibebaskan Islam

Bangsa Rumawi dapat menguasai semenanjung itu pada tahun 133 M. Dimasa pemerintah mereka masuk pulalah kesana sejumlah besar bangsa Yahudi. Kemudian bangsa Vandal menyerang semenanjung itu pada abad yang ke lima. Sesudah itu bangsa Got menyerangnya pula pada permulaan abad keenam. Mereka mengusir bangsa Vadal kepantai Afrika. Demikianlah negeri-negeri disemenanjuang itu didiami oleh penduduk yang berbeda-beda kebangsaan dan agamanya. Antara orang-orang Masehi dan Yahudi timbul permusuhan yang meruncing. Dan seringkali orang-orang Yahudi itu mengalami kekalahan dan menderita bermacam-macam kesusahan. Sementara itu perebutan singgasana antara pangeran-pangeran disana hampir tak henti-hentinya, lebih-lebih dimasa sebelum terjadi serangan kaum muslimin kesana

Roderik merebut singgasana Spanyol . Peristiwa ini menyebabkan putra-putra raja yang lama, Witiza, sangat marah dan mereka meninggalkan Spanyol pergi ke Afrika. Disana mereka mengadakan perjanjian persekutuan dengan kaum muslimin.

Begitu pula telah terjadi perselisihan antara Count Julian yang memegang pemerintahan di Septah atas nama Goth di satu pihak dan Roderik dipihak lain. Perselisihan ini kabarnya kerena Roderik mencemarkan kehormatan puteri dari Julian. Karena itu Julian ingin membalas dendam untuk membela kehormatan dan nama baiknya . Ia berusaha mendorong kaum muslimin supaya menyerbu spanyol . Di gambarkan keuntungan-keuntungan yang bisa diperoleh dari penyerbuan itu. Dan ia berjanji untuk kerjasama dengan mereka guna tercapainya tujuan itu.

1.L Letak Geografis Andalusia (spanyol)

Wilayah Spanyol dibatasi oleh Portugal(termasuk Wilayah Andalus) di barat, serta Gibraltar dan Maroko di selatan. Spanyol berbatasan dengan Perancis dan Andorra di timur laut melalui Pegunungan Pyrenia. Batas lautnya adalah Samudra Atlantik di barat dan Teluk Biscay di utara serta Laut Tengah di timur, di mana Spanyol memiliki wilayah Kepulauan Balearik. Di selatan, terdapat Selat Gibraltar. Kota-kota di Spanyol dengan jumlah penduduk terbanyak ialah Madrid, Barcelona, Valencia, Sevilla, dan Málaga.

Lansekap Spanyol didominasi oleh dataran tinggi dan pegunungan, seperti Pyrenia dan Sierra Nevada. Dari tempat-tempat tersebut, mengalirlah berbagai sungai.

Iklim Spanyol terbagi menjadi empat bagian:

  • Mediterania
  • Daerah dalam
  • Pesisir utara
  • Kepulauan Canary

PEMBEBASAN ANDALUS OLEH KAUM MUSLIMIN

1. Thar   1. Tharif  bin Malik

Tharif ibnu Malik adalah yang pertama melakukan penyerban ke Spanyol itu. Penyerbuannya itu merupakan usaha merintis dan menyelidiki. Ia menyeberangi selat itu dengan meminpin lima ratus orang tentera berkuda dan berjalan kaki, dengan menumpang empat buah kapal yang disediakan oleh Julian. Ini terjadi pada tahun 91 H. Tharif ibnu Malik tidak menemukan perlawanan yang berarti. Dan ia kembali ke Afrika dengan membawa harta rampasan yang tidak sedikit. Dan hal itu mengobarkan semangat Amir Qairawan Musa ibnu Nushair untuk terus maju ke “Al Ardhul Khadra” bumi yang hijau itu.Pulau yang diserbu oleh Tharif diselatan Spanyol itu sampai sekarang masih memakai namanya. Sukses yang diperoleh oleh Tharif ibnu Malik mendorong Amir Qairawan untuk melakukan sustu tindakan yang pasti guna mendapatkan kekuasaan dan stabilitas di Andalus.

2. Thari   2. Thariq bin ziad

Thariq bin Ziyad berasal dari bangsa Barbar, saat ini merupakan daerah sekitar Algeria. Mengenai sukunya, para sejarawan masih berbeda pendapat, dari suku Nafza atau suku Zanata. Ia bekas seorang budak yang kemudian dimerdekakan oleh Musa bin Nushair, Gubernur Afrika Utara dari dinasti Umayyah ketika menaklukkan daerah Tanja (ujung Maroko). Di tangan Musa ini pula ia memeluk Islam bersama orang-orang Barbar lainnya.

Setelah masuk Islam, mereka menjalankan seluruh syariat Islam dengan taat. Oleh karena itu, sebelum Musa bin Nushair pulang ke Afrika, ia meninggalkan beberapa orang Arab untuk mengajari mereka Al-Qur’an dan syariat Islam. Setelah itu Musa bin Nushair mengangkat Thariq, yang merupakan prajurit Musa yang terkuat, menjadi penguasa daerah Tanja dengan 19.000 tentara dari bangsa Barbar, lengkap dengan persenjataannya.

Pada bulan Rajab tahun 97 H (Juli 711 M), Thariq bin Ziyad mendapat perintah dari Musa bin Nushair untuk membebaskan semenajung Andalusia. Maka, dengan 7000 prajurit yang sebagian besar dari bangsa Barbar, Thariq berangkat menyeberangi selat Andalusia yang jaraknya 13 mil dengan perahu-perahu pemberian Julian, gubernur Ceuta di Afrika Utara, yang bersekutu dengan kaum muslimin untuk menentang raja Roderick, penguasa kerajaan Visigoth di Andalusia.

Pada bulan Ramadhan 97 H pasukan kamum muslimin mendarat di pantai karang Andalusia. Thariq beserta pasukannya dihadapkan dengan 25.000 prajurit Visigoth. Sebuah peperangan yang tidak seimbang dalam segi jumlah. Tapi tentu saja, bagi kaum muslimin hal itu sama sekali bukan masalah. Bukankah sekian banyak peperangan yang dimenangkan oleh kaum muslim, adalah ketika jumlah mereka jauh lebih sedikit dari musuh???

Pada mulanya kedatangan pasukan Thariq ini membuat heran Tudmir, penguasa setempat yang berada di bawah kekuasaan Raja Roderick, karena mereka datang dari arah yang tidak diduga-duga, yaitu dari arah laut.

Namun, yang fenomenal adalah, tindakan yang diambil oleh sang panglima Thariq bin Ziyad yang memerintahkan pembakaran kapal-kapal yang telah membawa para pasukan kaum muslimin!!! Sebuah langkah yang sampai sekarang dicatat dalam sejarah sebagai suatu bentuk keberanian dan keyakinan yang tiada banding, yang hanya bisa dilakukan atas dasar keimanan yang besar dan keyakinan akan pertolongan Allah SWT ditengah suasana pertempuran dan  kondisi pasukan muslim yang saat itu sedang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

Sebuah pidato panjang yang disampaikan oleh panglima mereka, Thariq bin Ziyad yang membuat jiwa kaum muslimin yang siap berjihad menggelora……

“Wahai saudara-saudaraku, lautan ada di belakang kalian, musuh ada di depan kalian, ke manakah kalian akan lari?, Demi Allah, yang kalian miliki hanyalah kejujuran dan kesabaran. Ketahuilah bahwa di pulau ini kalian lebih terlantar dari pada anak yatim yang

7 Responses to “Kajian Islam di Andalus sebagai kenangan sejarah!!!”

  1. jacquette said

    Interesting Read! Very detailed log

  2. sandi sandia said

    subhanallah…tak terbayangkan…bagaimana perjuangan para tokoh islam pada saat itu…sungguh mulia perjuangan mereka demi tersyiarnya agama allah ini..
    semoga Engkau membalas atas perjuangan mereka…amien..

  3. fadly said

    semoga dapat ilmu manfaat

  4. fadly said

    do you can speak inggeres or nono

  5. fadly said

    kalo biso aku wuruono yoo

  6. mahathir alkhobiri said

    aslm,,,bagaimana criter ttg kepulangan tariq ke damsyik?,,,adakah disebabkan rasa cemburu khalifah atau terpengaruhnya khalifah dgn pujukan raja england?

    mohon keterangan pakkk

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d bloggers like this: