MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

Menghilang dari pandangan mata bukan sihir?

Posted by Bustamam Ismail on October 21, 2008

Gak lama lagi menghilang dari pandangan orang akan terwujud. Hal ini tentunya akan sangat berguna dalam bidang militer. Bisa dibayangkan, dengan teknologi ini strategi perang mungkin akan jauh berubah dari sebelumnya. Jika dengan teknologi pesawat siluman, radar musuh tidak mendeteksi keberadaannya di radar, maka ke depan, benda di sekitar kita mungkin jad tidak terlihat. Tentunya, jika jatuh ke tangan “pendekar berwatak jahat” bisa gawwat niih.
Jubah Tembus Pandang Harry Potter Akan Menjadi KenyataanLONDON – Jubah tembus pandang yang kerap kali digunakan Harry Potter tampaknya bukan lagi sekadar khayalan. Para ilmuwan mengklaim mereka bisa menghadirkan jubah ajaib tesebut menjadi kenyataan dalam lima tahun ke depan. Janji yang dikemukakan ilmuwan tersebut ternilai kemajuan radikal dalam teknologi optik. Hal ini mengisyaratkan bahwa tak lama lagi mereka bisa mengarahkan cahaya ke sebuah obyek benda sehingga membuatnya tak terlihat.
Untuk mewujudkan misi ini, para peneliti yang berasal dari Purdue University menggunakan nanoteknologi versi baru yang superkecil dan metamaterial yang dikombinasikan dengan prinsip matematika milik Einstein.

“Salah satu aplikasi yang paling menarik dalam kasus ini adalah jubah elektromagnetik yang kami ciptakan bisa membelokkan cahaya di sekitar benda itu sendiri, mirip dengan cara kerja aliran air yang mengitari sebuah batu, sehingga membuatnya jubah dan benda di balik jubah tersebur seakan-akan menghilang tak terlihat,” papar pemimpin dalam penelitian ini Profesor Vladminr Shalaev, seperti dilansir dari Telegraph, Sabtu (18/10/2008) .
Dalam penelitian yang terus dikembangkan ini, desain teoritis yang diberdayakan tim peneliti layaknya susunan jarum super mungil yang menyebar keluar dari jari-jari tengah sebuah gelas, persis seperti bentuk sikat rambut berbentuk bulat, dan pada akhirnya akan membelokkan cahaya di sekitar objek. Jarum yang dimaksud dalam peneiltian ini sangat kecil sehingga bisa mereduksi pembiasan atau distorsi cahaya hingga ke level nol yang mampu menghasilkan efek menghilang untuk setiap benda yang ada di balik jubah.
Penelitian ini dibiayai penuh oleh US Army Research Office karena pada nantinya hasil penelitian ini akan digunakan untuk kepentingan militer, seperti menghilangkan mobil tank, gedung, bahkan prajurit. Proyek penelitian ini merupakan kelanjutan dari penelitian yang sebelumnya dilakukan oleh Sir John Pendry dari Imperial College, London yang menguraikan bagaimana metamaterial bisa dikonstruksi untuk menghilangkan objek dengan cara membelokkan cahaya.

Sumber: Okezone.com

One Response to “Menghilang dari pandangan mata bukan sihir?”

  1. wawan said

    ilmu menghilang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: