MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

PENGIBAR SANG SAKA MERAH PUTIH PERTAMA TERANCAM GUSURAN….

Posted by Bustamam Ismail on August 20, 2008

Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini sudah mencapai 63 tahun, namun masih ada saja mantan pejuang yang tidak bisa mengecap kehidupan masa tua dengan tenang. Pengibar pertama sang saka Merah Putih Ilyas Karim, misalnya rumah sempitnya dipinggiran rel kereta api yang didirikan tahun 1985 lalu kini terancam digusur untuk dijadikan rumah susun.

Bisa jadi inilah potret kehidupan mantan pejuang yang tidak menerima santunan ataupun bentuk perhatian yang layak lainnya dari pemerintah. Setelah digusur dari rumah dinasnya dikawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Ilyas Karim pengibar pertama sang saka Merah Putih menempati rumah sempit berukuran 50 meter persegi dipinggiran rel kereta api di Jalan Rawa Jati Barat, Kalibata, Jakarta Selatan yang sebelumnya menjadi lokasi pembuangan sampah.

Rumah yang ditempatinya ini dibangun Ilyas bersama teman – teman sesama mantan Veteran Devisi Siliwangi seiijin perusahaan jawatan kereta api PJKA tahun 1985 lalu. Tapi masa tua tak bisa tenang dijalani Ilyas, karena rumahnya kini pun terancam kembali digusur.

Kakek ini pun bingung tak tahu harus pindah kemana ? karena tak memiliki rumah atau tanah lain. Lagi – lagi diusia senjanya yang genap 81 tahun Desember mendatang Ilyas hanya bisa pasrah. Dan menyesalkan betapa minimnya perhatian pemerintah terhadap Veteran perang, seperti dirinya.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo berencana membangun rumah susun di lapangan dekat rumah Ilyas sehingga Ilyas dan sekitar 40 kepala keluarga dikawasan tersebut harus digusur. Surat pemberitahuan dari Pemprov DKI Jakarta bahwa warga termasuk Ilyas harus pindah tahun 2009 saat ini telah diterima Lurah.

Sementara PJKA yang kini menjadi PT KAI mengaku tidak bisa berbuat apa – apa karena keputusan penggusuran datang dari pemerintah. (Sujito Santoso/Dv).

4 Responses to “PENGIBAR SANG SAKA MERAH PUTIH PERTAMA TERANCAM GUSURAN….”

  1. sudhew said

    dimana rasa penghormatan generasi saat ini atas perjuangan pahlawan di masa lalu

  2. Dajjal said

    Muakssssssss….sama pemrintah Indonesia, OTAKNYA pada kemana tuh pejabat negara… gak tau terima kasih… JUANCOK.

  3. diki said

    mbuh karepe piye, ndelalah yo bencana terus yo tooo!

  4. Rosul said

    sdh menjadi pemerintah kita selalu bijaksana tapi tidak bijaksini jadi ya main gusur aja supaya tambah bijaksana karena dapat untung besar dari proyeknya lha tanah nggak pake beli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: