MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

Rahasia Shalat Dhuha

Posted by Bustamam Ismail on July 7, 2008

Allah SWT dalam beberapa ayat bersumpah dengan waktu dhuha. Dalam pembukaan surat Assyams, Allah berfirman, ”Demi matahari dan demi waktu dhuha.” Bahkan, ada surat khusus di Alquran dengan nama Addhuha.
Pada pembukaannya, Allah berfirman, ”Demi waktu dhuha.” Imam Arrazi menerangkan bahwa Allah SWT setiap bersumpah dengan sesuatu, itu menunjukkan hal yang agung dan besar manfaatnya. Bila Allah bersumpah dengan waktu dhuha, berarti waktu dhuha adalah waktu yang sangat penting.

Benar, waktu dhuha adalah waktu yang sangat penting. Di antara doa Rasulullah SAW: Allahumma baarik ummatii fii bukuurihaa. Artinya, ”Ya Allah berilah keberkahan kepada umatku di waktu pagi.”

Ini menunjukkan bahwa orang-orang yang aktif dan bangun di waktu pagi (waktu subuh dan dhuha) untuk beribadah kepada Allah dan mencari nafkah yang halal, ia akan mendapatkan keberkahan. Sebaliknya, mereka yang terlena dalam mimpi-mimpi dan tidak sempat shalat Subuh pada waktunya, ia tidak kebagian keberkahan itu.

Abu Dzar meriwayatkan sebuah hadis. Rasulullah SAW bersabda, ”Bagi tiap-tiap ruas anggota tubuh kalian hendaklah dikeluarkan sedekah baginya setiap pagi. Satu kali membaca tasbih (subhanallah) adalah sedekah, satu kali membaca tahmid (alhamdulillah) adalah sedekah, satu kali membaca takbir (Allahu Akbar) adalah sedekah, menyuruh berbuat baik adalah sedekah, dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Dan, semua itu bisa diganti dengan dua rakaat shalat Dhuha.” (HR Muslim).

Aisyah menceritakan bahwa Rasulullah SAW selalu melaksanakan shalat Dhuha empat rakaat. Dalam riwayat Ummu Hani’, ”Kadang Rasulullah SAW melaksanakan shalat Dhuha sampai delapan rakaat.” (HR Muslim). Imam Attirmidzi dan Imam Atthabrani meriwayatkan sebuah hadis yang menjelaskan bahwa bila seseorang melaksanakan shalat Subuh berjamaah di masjid, lalu ia berdiam di tempat shalatnya sampai tiba waktu dhuha, kemudian ia melaksanakan shalat Dhuha, ia akan mendapatkan pahala seperti naik haji dan umrah diterima. Para ulama hadis merekomendasikan hadis ini kedudukannya hasan.

Jelaslah bahwa shalat Dhuha sangat penting bagi orang beriman. Penting bukan karena–seperti yang banyak dipersepsikan–shalat Dhuha ada hubungannya dengan mencari rezeki, melainkan ia penting karena sumpah Allah SWT dalam Alquran. Maka, sungguh bahagia orang-orang beriman yang memulai waktu paginya dengan shalat Subuh berjamaah di masjid, lalu dilanjutkan dengan shalat Dhuha.

3 Responses to “Rahasia Shalat Dhuha”

  1. informasi yang sangat bermanfaat, trm ksh Pak Haji

  2. ciputra said

    subhanallah, terima kasih atas pencerahannya…

  3. enda said

    Buku ini memuat 30 kisah sukses pengamal dhuha yang inspirasional dan motivasional “berdaya ledak” luar biasa untuk mengubah hidup Anda. 20 kisahnya disarikan dari wawancara penulisnya yang berprofesi sebagai wartawan Majalah Islam Furqon.

    Kisah-kisah sukses pengamal dhuha di antaranya:

    ~Menguatkan Tauhid (KH. Prof. Dr. Didin Hafidhuddin)
    ~Mendapat Petunjuk Allah (KH. Cholil Ridwan, Ketua DDII)

    ~Beban Hidup Jadi Ringan (Dewi Yull, Artis) ~Kanker Payudara Sembuh (Ny. Asna, Medan)
    ~Dikaruniai Anak Setelah Lama Menanti (Bp. Asim, Semarang)
    ~Angsuran Mobil Lancar Hingga Lunas (Aji Setyawan, Jambi)
    ~Mendapat Beasiswa S-2 (Yusuf Syaifudin, S.Bio.)
    ~Grafik Rezeki Terus Naik (H. Aiptu Samiyanto, Instruktur Akpol)
    ~Omzet Berlipat, Proyek Goal (Grace Anata Irlanari, Pengusaha)
    ~Dll.

    Dengan dilengkapi:

    ~Uraian Fadhilah Salat Dhuha
    ~Tata Cara Salat Dhuha Sesuai Tuntunan Rasulullah Saw.

    Sungguh tepat kiranya bila Anda memiliki buku ini untuk meraih sukses hidup baik di dunia maupun di akhirat nantinya.

    ** * “Rahasia salat dhuha luar biasa: hati tenang, pikiran jernih, fisik prima, mudah mencari rezeki, dan setiap kesulitan selalu ditunjukkan jalan keluarnya.” —KH. M. Arifin Ilham Pimpinan Majelis Zikir az-Zikra

    “Bagi saya, salat dhuha seperti salat wajib. Jika tertinggal menjalankannya, serasa ada yang hilang.” —Sandiaga Salahuddin Uno Ketua Dewan Pembina HIPMI dan Peraih Entrepreneur of the Year untuk predikat Pengusaha Terbaik

    penulis : Mamby Alice Syahputra
    penerbit : ReallBooks, Jogja, 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: