MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

Kajai Nagari Terbaik di Pasbar (Pasaman Barat).

Posted by Bustamam Ismail on June 19, 2008

Singgalang  Jumat, 13 Juni 2008

Kalau dilihat dari letak daerahnya, Kenagarian Kajai berada di sekitar 17 kilometer arah timur dari Kota Simpang Empat, ibukota Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). Sedangkan jaraknya dari ibukota kecamatan di Talu sekitar 12 km atau sekitar 198 km dari Kota Padang, ibukota Provinsi Sumatra Barat. Sementara, jika dilihat dari tofografinya, Kenagarian Kajai merupakan daerah daratan dan perbukitan yang dialiri satu sungai besar, yaitu Batang Tongar dan enam anak sungai. Kajai berada diketinggian antara 275 sampai 800 meter dari permukaan laut dengan suhu udara rata-rata antara 28 sampai 38 derajat selsius.

Kenagarian Kajai, merupakan satu dari tiga nagari di Kecamatan Talamau atau satu dari 19 kenagarian di 11 kecamatan se-Pasaman Barat yang berhasil meraih juara I pada lomba nagari berprestasi tingkat kabupaten tahun 2008.

Karena itu, Kenagarian Kajai secara otomatis menjadi wakil Pasbar mengikuti lomba serupa tingkat Sumatra Barat 2008, penilaian dari tim provinsi dipimpin Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sumbar, Irvan Khairul Ananda, SE,MM dilaksanakan Rabu (4/6) pekan lalu.

Walinagari Kajai, Mursal Syabirin, mengatakan kepada wartawan adapun batas dengan luas wilayah Kenagarian Kajai adalah sekitar 13.028 hektar (ha), dan terdiri dari delapan jorong, yaitu Jorong Tanjung Beruang, Rimbo Batu, Pasa Lamo, Kampung Alang, Lubuk Sariak, Limpato, Timbo Abu, dan Jorong Mudik Simpang.

Nagari Kajai berperbatasan dengan Nagari Talu dan Sinurut di Kecamatan Talamau di sebelah utara, Gunung Pasaman di sebelah selatan, Nagari Aua Kuniang, Kecamatan Pasaman di sebelah barat, dan dengan Kecamatan Gunung Tuleh di sebelah timur.

Kenagarian Kajai hingga saat ini dihuni oleh sebanyak 10.833 jiwa atau sekitar 2.625 Kepala Keluarga (KK), yaitu sebanyak 5.468 laki-laki dan 5.365 perempuan, dengan kepadatan penduduk sekitar 74 jiwa per km.

Sebagaian besar penduduk Nagari Kajai bekerja pada sektor pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan, yang dilengkapi dengan kegiatan industri kecil bidang kerajinan dan jasa, semuanya tersebar atau berada di setiap kejorongan yang ada di kenagarian itu.

“Tingkat kependidikan penduduk Kajai hingga saat ini adalah, tidak tamat Sekolah Dasar (SD) sebanyak 12 orang, tamat SD 5.272 orang, tamat SLTP (SMP dan Madrasah Tsanawiyah) 2.756 orang, tamat SLTA (SMA, SMK dan Madrasah Aliyah) 1.097 orang, sementara tamatan perguruan tinggi sebanyak 582 orang,” kata Mursal.

Selain itu, pada sektor kesehatan masyarakat, untuk meningkatkan pelayanan dan derajat kesehatan masyarakat di Kenagarian Kajai, tahun 2006 pemerintah telah mendirikan satu unit Puskesmas dengan menempatkan seorang dokter, delapan petugas, enam bidan desa. Serta membangun enam unit poliklinik desa (Polindes), dan dua unit Puskesmas Pembantu (Pustu).

Khusus dua unit Pustu tersebut, masing-masingnya terletak (berdiri) di Jorong Timbo Abu dan Lubuak Sariak. Pada tahun 2007 dan 2008 ini, Pemerintah Nagari (Pemnag) Kajai telah mengalokasikan dana sebesar Rp59 juta, dengan perincian sebanyak Rp14 juta di antaranya dari Pemnag Kajai, dan Rp14 juta yang lain berasal dari dana swadaya masyarakat, jelasnya.

Selain itu, sektor perekonomian dan kelangsungan hidup masyarakat, untuk bidang koperasi yang dikelola melalui Program Kredit Koperasi Primer Anggota (KKPA) dilaksanakan Koperasi Unit Desa (KUD) Nagari Kajai, hingga saat ini lembaga perekonomian itu telah berhasil membuka perkebunan kelapa sawit di atas lahan seluas 626 ha tanah perkebunan milik nagari, yang pada tahun 1998 lalu anggota koperasi sampai saat ini berjumlah 400 orang. Sementara hasil produksi dari perkebunan kelapa sawit pada setiap bulannya mencapai 120 ton, dengan penghasilan yang diterima oleh setiap anggota rata-rata Rp500.000.

Bidang pertanian, sesuai iklim dan kesuburan tanah di Kenagarian Kajai telah dikembangkan usaha pertanian holtikultura yang hasilnya cukup memuaskan, seperti pisang, ubi jalar, cabe, buncis dan tanaman holtikultura lain, dengan daerah pemasarannya adalah sejumlah kabupaten/kota di Sumbar dan di Provinsi Riau.

“Selain itu, yang tidak kalah mengembirakannya sekaligus menjadi primadona bagi masyarakat di kenagarian setempat adalah tanaman padi, jagung, kacang kedele, kacang tanah, ubi kayu, ubi jalar, cabe, sawi, dan kacang panjang, dengan hasil produksi pada setiap musim panennya terus meningkat,” ujar Mursal.

Dalam upaya untuk peningkatan kesehatan ibu, anak dan keluarga berencana (KB), di Kenagarian Kajai telah terbentuk sebanyak 20 pos pelayanan terpadu (Posyandu) dan 15 unit Posyandu Usia Lanjut (Usila), dengan jumlah kader yang selalu melaksanakan sekaligus mensukseskan program pelayanan dan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat di kenagarian itu sebanyak 34 orang.

Agar kualitas hidup dan kesehatan masyarakat di kenenagarian menjadi lebih baik, di Kenagarian Kajai juga melaksanakan Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jausada), yang segala petunjuk, bimbingan dan pembinaannya berasal dari Dinas Kesehatan Pasbar.

Untuk kesehatan lingkungan, Pemerintahan Nagari (Pemnag) juga melaksanakan sekaligus meningkatkan program penyediaan air bersih dan sanitasi, melalui kegiatan WSLIC tahun 2003 yang sampai saat ini tetap terpelihara dan berdayaguna di tengah-tengah masyarakat.

“Melalui program ini secara otomatis pola fikir masyarakat untuk membiasakan dan membudayakan hidup bersih di tengah-tengah mereka yang sadar akan kebersihan baik diri maupun lingkungan setempat,” terangnya.oHen/ 212

 

9 Responses to “Kajai Nagari Terbaik di Pasbar (Pasaman Barat).”

  1. aku cinto nagariku……

  2. pasbar emang negeri yg elok

  3. haidlor Ali Ahmad said

    untuk semakin memajukan daerah anda perlu adanya pengkajian/identifikasi tentang competitive advantage yang dimiliki daerah anda. dengan diketahuinya competitive advantage suatu daerah, ibarat lomba lari 1000 meter,orang lain start dari “0”, anda start dari 250 m. Selamat semoga sukses. untuk menambah wawasan kunjungi blog saya “bupati/walikota kreatif budi daya lebah madu dari desa sampai ke kota” eldor-membangunbangsayangbesar.blogspot.com

  4. kajai it’s amazing …

  5. i love kajai….mari raih kembali penghargaan yg thun lalu pernah kita raih……….be strong my villge with beautiful nature……

  6. zulkarman said

    Maju.. Terus….. Pantang mundur

  7. basrudin said

    tingkatkan pembangunan dan kesejahtran rakyat

  8. eka mira yanti said

    pak.klo boleh sy usul,untuk kebiasaan buang air disungai tlg disosialisasikan pd masyarakat terutama masyrkt jorong timba abu krn dpt mencemari air&udara.apa solusi pemerintah ttg hal ini.

  9. aziz kajai said

    saya suka tahu cara cara nak melawat negari kajai datok moyang berasal dari nagari kajai 06-09-13

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: