MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

Belajar dari Thomas Alva Edison

Posted by Bustamam Ismail on February 19, 2008

edison.jpgThomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio Amerika Serikat tanggal 11 Februari 1847. Keluarganya, semula tinggal di Kanada. tetapi pada tahun 1939 pindah ke Milan dan menetap disana, delapan tahun sebelum Edison lahir. Ayahnya seorang pengusaha yang berhasil dalam usahanya. Namun ketika Edison berusia 7 tahun, keluarganya pindah lagi ke Port Huron, Michigan. Edison memulai sekolahnya di sana. Tetapi ia bukannya anak yang pintar. Bahkan setelah tiga bulan lamanya bersekolah, gurunya mengatakan bahwa ia terlalu lamban berfikirnya.

Karena mendengar hal ini, ibunya jadi kecewa bercampur marah, serta meminta agar ia tak usah sekolah saja. Maka berakhirlah masa sekolahnya secara resminya.

Namun ibunya bukannya orang yang tidak mau bertanggungjawab. Sejak saat itulah ia telah mengambil alih jabatan guru keatas pundaknya. Ia ajar sendiri anaknya di rumah tentang apa saja, dan tak lama antaranya ia sudah sanggup membaca buku-buku untuk orang dewasa. Pada usia 10 tahun ia mulai memperlihatkan rasa tertariknya pada ilmu pengetahuan dan ia banyak bekerja dalam laboratorium.

Dua tahun kemudian ia berusaha sendiri dengan jalan menjadi penjual koran dan permen diatas kereta api antara Port Huron dan Detroit. Dan pada waktu-waktu luangnya, ia gunakan untuk melakukan percobaan-percobaan kimianya dalam gerbong-gerbong kereta pai. Di samping itu, sementara ia menunggu di Detroit untuk kembali ke posnya, ia membaca dalam perpustakaan umum milik stasiun.

Dua hal penting telah terjadi akibat mondar mandirnya diatas kereta api itu, Yakni, ia hampir jadi sama sekali tuli karena keberisikan yang ditimbulkan oleh bunyi kereta itu dan pada tahun 1862 hampir saja terenggut jiwanya ketika ia berusaha menolong anak lelaki kepala stasiun dari lindasan kereta api. Tetapi kemudian ayah sianak itu, telah memberikan padanya untuk menjadi telegraper, sebagai tanda terima kasihnya. Ketika itu, Edison telah mencapai usia 16 tahun.

Ahli-ahli telegrap pada saat itu memang sangat dibutuhkan. Dengan begitu, wsjsrlsh kalau ia segera mendapat tempat dimana ia inginkan. Untuk beberapa tahun lamanya ia meninggalkan Port Huron menuju Kanada, Cincinati, St Loiuis, Boston dan banyak lagi kota-kota lainya. Kemana saja ia pergi, ia telah dikenal sebagai seorang operator telegrap yang cakap. Lebih lebih lagi setelah ia berhasil mengadakan pengembangan-pengembangan bagi instrumennya.

Selama bertahun-tahun dalam tugasnya itu, ia terus membaca dan mengadakan eksperimennya. Ia bekerja dengan beberapa instrumen listrik yang diterapkan atas telegrap. Lalu pada tahun 1869 ia tiba di New York. Ia mencari pekerjaan lain, karena bidang telegrap dinilainya telah merosot. Dan ia pun lalu menjadi pekerja pada sebuah kantor. Tetapi tiba-tiba saja ia menerima tawaran untuk memperbaiki kemrosotan itu yang harus selekasnya ditangani. Ia sanggup, dan memdapat bayaran yang cukup tinggi.

Ia terus meneruskan eksperimen-eksperimenya, serta bekerja dengan suatu cara yang baru, sehingga berhasil mengembangkan telegrapi. Pada tahun 1870, ia menerima sejumlah uang yang cukup besar sebagai imbalan dari penemuannya itu. Selanjutnya ia mendirikan sebuah perusahaan kecil di Newark, New Jersey, yang memprodusir peralatan telegrap. Tetapi ia juga berusaha untuk mengembangkan telepon dan mesin tulis.

Penemuan-penemuan Edison antara lain

Penemuan bola Pijar.

 Lampu listrik dirancang Edison untuk menggantikan peranan lampu gas dalam kehidupan masa itu. Ia telah sanggup menciptakan sebuah lampu yang aman murah dan meyakinkan. Masalah utamanya telah ia temukan, yakni peralatan yang akan menyebabkan penerangan tetapi tidak berbahaya, membakar, jika listrik yang dijadikan sebagai sumbernya. Setelah mencoba berbagai bahan peralatan, ia menemukan kepastian bahwa lampu pijar akan menghasilkan cahaya putih yang bagus sekali. Akibatnya, pada tanggal 21 Oktober 1879, ia mendemontrasikan sebuah bola lampu yang sanggup menyala 40 jam terus menerus. Orang lain memang telah menemukan lampu listrik sebelum Edison. Tetapi belum sampai sejauh itu. Pada saat itu belum ada orang bikin dan menggunakan bola lampu, fiting, skakelar, kabel-kabel terbungkus dan pusat pembangkit listrik. Hasil paling penting yang pernah dicapai oleh Edison ialah dimana ia telah membuat lampu listrik secara praktis.

Penemuan Generator.

Kira-kira tahun 1882, generator untuk pembangkit listrik direncakan dan dibuat oleh Edison, hingga selanjutnya pancaran sinarnya tersebar meliputi seluruh kota New York. Selama beberapa tahun berikutnya, ia mebemukan pula beberapa hal yang menyebabkan listrik mudah diperoleh bagi masyarakat luas.

Penemuan accu,

Tahun-tahun berikutnya ia menekuni beberapa buah penemuan lainnya. Ia mengembangkan listrik yang bersumber pada accu. Tetapi ternyata ia bukan saja orang yang telah menemukan listrik, namun juga orang yang telah banyak memberikan sumbangan dalam pertambangan, plastik, kimia, dan lainya. Edison mengadakan percobaan untuk accunya, sebanyak 8000 kali percobaan, sehingga ada kawan-kawannya suruh berhenti dulu untuk percobaannya, tetapi Edison tetap pada pendiriannya ingin menghasilkan yang terbaik.

Pada tanggal 18 Oktober 1931 ia telah menghimpun lebih dari 1000 hak paten di Amerika Serikat, lebih dari 2000 hak paten di Negara lain.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: