MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

Bermohon kepada Allah dengan Sabar dan sholat

Posted by Bustamam Ismail on November 19, 2007

hbi-21.jpgArti ayat ini “dan mohon pertolonganlah kamu dengan sabar dan sholat dan sesungguhnya hal itu sungguh berat kecuali bagi orang yang khusu’ “

Melalui ayat Allah memberikan pelajaran kepada kita bahwa ada tiga komponen yang harusa dimiliki manusia yaitu, Mohon pertolongan kepada Allah, Shabar dan Sholat.

Doa, banyak hal, tatkala pikiran manusia sudah mulai tak bisa memecahkan, tatkala perasaan manusia mulai dilanda perasaan ketidak sanggupan saat itu doa dan zikir dapat memecahkan kebekuan, membuat hati yang gundah menjadi tenang, urusan yang suntuk akan memdapatkan jalan keluar yang terbaik.

Menurut Sabda Rasul doa ada dua fungsi pertama sebagai otaknya ibadah, dalam arti kata semua doa akan dibalas oleh Allah dengan pahala dan yang kedua sebagai senjata hidup hidup dan senjata bagi orang yang beriman.

Tatkala Nabi Musa As, sebagai manusia dihadapkan kepada suati keadaan yang sulit pikiran tak bergeming lagi usaha terasa akan sia-sia. Saat Nabi Musa As bermohon kepada Allah untuk dicarikan jalan keluar. Allah suruh Nabi melemparkan tongkatnya, tiba-tiba air laut yang ganas menjadi bentangan jalan yang yang dapat dilalui oleh Nabi Musa As , Nabi Musa Selamat bersama kaumnya, Fir’aun tenggelam bersama tentaramya. Saat ini doa senjata dan jalan keluar yang terbaik.

Doa tak selalu dikabulkan dengan segera oleh sebab itu perlu kesabaran, dan perlu komunikasi dengan sholat yang rutin yang siapkan bercengkranama dengan Allah.

One Response to “Bermohon kepada Allah dengan Sabar dan sholat”

  1. gunaryo said

    TERIMA KASIH MATERINYA SMGA MENJADI AMAL JARIYAH.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: