MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

Halal Bil Halal IKT (Ikatan Keluarga Talamau )Jakarta

Posted by Bustamam Ismail on November 15, 2007

ft-tenku-bosa-dll.jpgAlhamdulillah, berkat izin Allah Swt Halal Bihalal Keluarga Talamau Jabodetabek (IKT Jakarta) 1428H/2007 telah berlangsung dengan khidmad, lancar dan sukses yang berlangsung di gedung pertemuan Graha Purna Wira, Jln Darmawangsa Jakarta Selatan pada tgl 11 November 2007 yang lalu.

 

foto-dunsanak.jpgDipandu oleh pasangan MC dari Radio Pelangi Nusantara TMII, Uni Zaimar/Mak Ajo (Zaimar berasal dari kampuang Sei. Janiah-Talu) , acara terasa sangat meriah dan hangat sekali. Urang Kajai ka pasa Talu, Mandi baranang di Batang Sinuruik…. demikian sampiran sebuah pantun yang terpampang jelas di salah satu dinding ruang acara seakan menegaskan pada hadirin bahwa Talu, Sinurut & Kajai adalah 3 (tiga) nagari yang terikat oleh suatu semangat satu daerah, satu kampung halaman. Seperti diketahui sejak pemekaran Kab. Pasaman menjadi Kab. Pasaman dan Kab. Pasaman Barat, tiga nagari inilah yg termasuk Kec. Talamau, yaitu Nagari Talu, Nagari Sinurut dan Nagari Kajai. Pada bagian lain juga terdapat ungkapan … kok manangih Talu, maratok Sinuruik, baibo hati Kajai. Jelas ungkapan tsb mempunyai makna yg sangat dalam, bahwa masyarakat Talamau adalah masyarakat yg saling bersaudara. Sakik samo sakik, sanang samo sanang. Beban suatu nagari hendaknya menjadi pikulan bersama nagari yg lainnya, sebaliknya keringanan pada suatu nagari hendaknya dapat berbagi kepada nagari yg lainnya. Semoga semangat-semangat tsb menjadikan ketiga nagari di Kec. Talamau ini lebih kuat dalam persatuan baik di kampung maupun di rantau.

bust.jpgAcara diawali dengan Bacaan Lantunan Kalam Ilahi Oleh Drs. H Bustamam Ismail dilanjutkan kultum siraman rohani yg disampaikan oleh Bp H Adiwarman Karim. Berbeda dari kebanyakan acara Halal Bihalal yg biasanya ceramah siraman rihani ini di lakukan di penghujung acara, kali ini Panitia sengaja meletakannya di awala acara. Karena memang disitulah intinya Halal Bihalal.

Den takana jo rang Talu… inilah salah satu semangat moral sosial yg adi-warman-karim.jpgdiusung dalam Halal Bihalal kali ini”, demikian disampaikan Ketua Panitia, Bp. Derwan disela-sela Laporan Panitia Pelaksana yg beliau sampaikan. Kalimat itu adalah salah satu baris syair dalam lagu yg sangat populer bagi rang awak Minang yaitu lagu Rang Talu. Orang Talu (Talamau) sendiri menyebutnya Lagu Wajib. Karenanya, lagu Rang Talu dinyanyikan pula secara bersama-sama oleh Panitia diikuti oleh hadirin sebegai pembukaan ketika masuk sesi acara hiburan. Lagu beriktunya yg dinyanyikan secara bersama-sama adalah lagu Batang Sinuruik. Tak dinyana, hadirin sekalin benar-benar melepas rindu kampuang jo sanak saudara pada acara tsb.

Yang lebih menarik, pada Halal Bihalal ini juga dilangsungkan Pengukuhan Badan Pengurus Harian IKT Jakarta yg baru untuk periode 2007~2012 serta serah terima jabatan dari Pengurus lama ke Pengurus Baru. Sejalan dengan sedang maraknya tuntutan kaum muda untuk diberi kesempatan punya peran dalam pengelolaan bangsa & negara ini, Keluarga Talamau Jabodetabek lebih dahulu telah melakukan hal tsb dengan di lantiknya pengurus baru ini.

“Demi kesinambungan hubungan kekeluargaan dan dalam rangka menyiapkan diri untuk dapat menghadapi tantangan ke depan yg lebih memerlukan tenaga-tenaga serta pemikir yg juga lebih energik, berkwalitas dan tangguh maka diperlukan transformasi pelaksana organisasi dari yg sudah tergolong tua ke kaum yg lebih muda. Selain itu, hal ini adalah bentuk nyata dari usaha kaderisasi dalam Ikatan Keluarga Talamau Jakarta dan agar tidak terputusnya hubungan silaturahmi dan komunikasi antar generasi. Untuk itu semua, kami yg sudah tergolong tua ini, dengan segala kerendahan hati dan penuh bijaksana, tanpa diminta menyerahkan kepengurusan IKT jakarta ini kepada mereka yg masih muda-muda. Kami memang sengaja mendorong dan memfasilitasi serta mengawal terbentuknya kepengurusan yg baru ini”, demikian disampaikan salah seorang Pengurus Senior IKT Jakarta sebelumnya, Bp Drs Nases Djon MM.

Dalam sambutannya, Ketua IKT Jakarta yg baru Bp Ir Asirnal Rajab menyadari tugas dan tanggung jawab berat yg akan dipikulnya selama menahkodai kapal besar IKT Jakarta ini. Mengingat jumlah masyarakat Talamau di Jabodetabek saat ini jauh lebih besar dari masa-masa sebelumnya dan waktu demi waktu terus bertambah. Selain itu situasi dan kondisi metropolisnya Jakarta sekitar saat ini dan kedepan juga jauh berbeda dari masa yg lalu, baik dari tatanan sosial, ekonomi, kependudukan serta transportasi dan komunikasi. Sehingga diperlukan semangat khusus untuk tetap bisa eksis dan bersatu di Jabodetabek ini. Untuk itu beliau mengharapkan sangat dukungan dari semua pihak dalam menjalankan tugas-tugas keorganisasian IKT di masa kepemimpinannya nanti.

tarmizi-hakim.jpgTurut berbicara pada kesempatan itu salah satu Dewan Kehormatan IKT Jakarta, Bp dr Tarmizi Hakim serta Bp Wk. Bupati Pasaman Barat dan Bp Ketua DPRD Pasaman Barat yg turut hadir pada waktu itu. Selain itu juga hadir para Tokoh Masyarakat Talamau lainnnya a.l. mantan Bupati Kepala Daerah TkII Pasaman (Bp Drs Baharudin), Tuanku Bosa XIV Pucuak Adat Nagari Talu (Bp dr Fadlan wkl-bpati-mnrm-pasambahan.jpgMaalip SKM). Undangan khusus lainnya yg hadir adalah Ketua Umum IKP Barat Jaya Bp Prof. Dr. Syahril Kemala APU dan Sekjen IKP Barat Jaya Bp MT Miron serta para komisariat perwakilan organisasi dari kecamatan lain se Pasaman Barat di Jakarta a.l Komisariat dari Kec. Kinali, Kec. Pasaman, Kec. Ranah Pasisie dan juga dari Pasaman Timur yaitu komisariat dari kec. Duo Koto dan Kec. Lb. Sikaping.

Layaknya Halal Bihalal, acara di akhiri dengan acara umum ramah tamah dan saling bersilaturahmi serta penarikan door prize

About these ads

4 Responses to “Halal Bil Halal IKT (Ikatan Keluarga Talamau )Jakarta”

  1. Perkenalkan,nama saya:Ricky,saya ingin menawarkan kerja sama,jika anda berminat,harap hubungi saya di nomor telepon:08567272981.Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

  2. Semmi, csak gondoltam írok ide valamit, üdv Magyarországról

  3. megint itt vagyok, remélem örültök

  4. xD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 68 other followers

%d bloggers like this: