MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

Islam di Amerika: Sebuah Keajaiban Bernama 9/11

Posted by Bustamam Ismail on February 8, 2010

“Idza ja-a nashrullahi wal fathu,  wara aytannas sayad khuluna fi dinillahi afwaja..” (An-Nashr: 1-2) “(Ketika datang pertolongan Allah dan kemenangan,  dan kamu akan melihat manusia masuk ke dalam agama Allah  dengan berbondong-bondong…”.

1.Perkembangan Islam di Amerika

Sejumlah data yang dikomposisikan oleh Demented Vision (2007), dari sebuah observasi di Amerika Serikat tentang perkembangan jumlah pemeluk agama-agama dunia menarik untuk dicermati. Dari data observasi itu, terdapat angka-angka yang menunjukkan perbandingan pertumbuhan penganut Islam dan Kristen di dunia. Lembaga itu mencatat, pada tahun 1900, jumlah pemeluk Kristen adalah 26,9% dari total penduduk dunia, sementara pemeluk Islam hanya 12,4%. 80 tahun kemudian (1980), angka itu berubah. Penganut Kristen bertambah 3,1% menjadi 30%, dan Muslim bertambah 4,1% menjadi 16,5% dari seluruh penduduk bumi. Pada pergantian milenium kedua, yaitu 20 tahun kemudian (2000), jumlah itu berubah lagi tapi terjadi perbedaan yang menarik. Kristen menurun 0,1% menjadi 29,9% dan Muslim naik lagi menjadi 19,2%. Pada tahun 2025, angka itu diproyeksikan akan berubah menjadi: penduduk Kristen 25% (turun 4,9%) dan Muslim akan menjadi 30% (naik pesat 10,8%) mengejar jumlah penganut Kristen. Bila diambil rata-rata, Islam bertambah pemeluknya 2,9% pertahun. Pertumbuhan ini lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan jumlah penduduk bumi sendiri yang hanya 2,3% pertahun. 17 tahun lagi dari sekarang, bila pertumbuhan Islam itu konstan, dari angka kelahiran dan yang masuk Islam di berbagai negara, berarti prediksi itu benar, Islam akan menjadi agama nomor satu terbanyak pemeluknya di dunia, menggeser Kristen menjadi kedua. World Almanac and Book of Fact, #1 New York Times Bestseller, mencatat jumlah total umat Islam sedunia tahun 2004 adalah 1,2 milyar lebih (1.226.403.000), tahun 2007 sudah mencapai 1,5 milyar lebih (1.522.813.123 jiwa). Ini berarti, dalam 3 tahun, kaum Muslim mengalami penambahan jumlah sekitar 300 juta orang (sama dengan jumlah umat Islam yang ada di kawasan Asia Tenggara).

2.Fenomena yang tidak masuk akal


Fenomena di Amerika sendiri sangat menarik. Sangat tidak masuk di akal pemerintah George Bush dan tokoh-tokoh Amerika, masyarakat Amerika berbondong-bondong masuk Islam justru setelah peristiwa pemboman World Trade Center pada 11 September 2001 yang dikenal dengan 9/11 yang sangat memburukkan citra Islam itu. Pasca 9/11 adalah era pertumbuhan Islam paling cepat yang tidak pernah ada presedennya dalam sejarah Amerika. 8 juta orang Muslim yang kini ada di Amerika dan 20.000 orang Amerika masuk Islam setiap tahun setelah pemboman itu. Pernyataan syahadat masuk Islam terus terjadi di kota-kota Amerika seperti New York, Los Angeles, California, Chicago, Dallas, Texas dan yang lainnya.

Atas fakta inilah, ditambah gelombang masuk Islam di luar Amerika, seperti di Eropa dan beberapa negara lain, beberapa tokoh Amerika menyatakan kesimpulannya. The Population Reference Bureau USA Today sendiri menyimpulkan: “Moslems are the world fastest growing group.” Hillary Rodham Cinton, istri mantan Presiden Clinton seperti dikutip oleh Los Angeles Times mengatakan, “Islam is the fastest growing religion in America.” Kemudian, Geraldine Baum mengungkapkan: “Islam is the fastest growing religion in the country” (Newsday Religion Writer, Newsday). “Islam is the fastest growing religion in the United States,” kata Ari L. Goldman seperti dikutip New York Times. Atas daya magnit Islam inilah, pada 19 April 2007, digelar sebuah konferensi di Middlebury College, Middlebury Vt. untuk mengantisipasi masa depan Islam di Amerika dengan tajuk “Is Islam a Trully American religion?” (Apakah Islam adalah Agama Amerika yang sebenarnya?) menampilkan Prof. Jane Smith yang banyak menulis buku-buku tentang Islam di Amerika. Konferensi itu sendiri merupakan seri kuliah tentang Immigrant and Religion in America. Dari konferensi itu, jelas tergambar bagaimana keterbukaan masyarakat Amerika menerima sebuah gelombang baru yang tak terelakkan yaitu Islam yang akan menjadi identitas dominan di negara super power itu.

Peristiwa 9/11 menyimpan misteri yang tidak terduga. Pemboman itu dikutuk dunia, terlebih Amerika, sebagai biadab dan barbar buah tangan para “teroris Islam.” Setelah peristiwa itu, kaum Muslimin di Amerika terutama imigran asal Timur Tengah merasakan getahnya mengalami kondisi psiokologis yang sangat berat: dicurigai, diteror, diserang, dilecehkan dan diasosiasikan dengan teroris. Hal yang sama dialami oleh kaum Muslim di Inggris, Perancis, Jerman dan negara-negara Eropa lainnya. Pemerintah George Walker Bush segera mengetatkan aturan imigrasi dan mengawasi kaum imigran Muslim secara berlebihan. Siaran televisi Fox News Channel, dalam acara mingguan “In Focus” menggelar diskusi dengan mengundang enam orang nara sumber, bertemakan ”Stop All Muslim Immigration to Protect America and Economy.” Acara ini menggambarkan kekhawatiran Amerika tidak hanya dalam masalah terorisme tetapi juga ekonomi dimana pengaruh para pengusaha Arab dan Timur Tengah mulai dominan dan mengendalikan ekonomi Amerika.

Tapi, rupanya Islam berkembang dengan caranya sendiri. Islam mematahkan “logika akal sehat” manusia modern. Bagaimana mungkin sekelompok orang nekat berbuat biadab membunuh banyak orang tidak berdosa dengan mengatasnamakan agama, tetapi tidak lama setelah peristiwa itu, justru ribuan orang berbondong-bondong menyatakan diri masuk agama tersebut dan menemukan kedamaian didalamnya? 9/11 telah berfungsi menjadi ikon yang memproduksi arus sejarah yang tidak logis dan mengherankan. Selain 20.000 orang Amerika masuk Islam setiap tahun setelah peristiwa itu, ribuan yang lain dari negara-negara non Amerika (Eropa, Cina, Korea, Jepang dst) juga mengambil keputusan yang sama masuk Islam. Bagaimana arus ini bisa dijelaskan? Sejauh saya ketahui, jawabannya “tidak ada” dalam teori-teori gerakan sosial karena fenomena ini sebuah anomali. Maka, gejala ini hanya bisa dijelaskan oleh “teori tangan Tuhan.”

Tangan Tuhan dalam bentuk blessing in disguise adalah nyata dibalik peristiwa 9/11 dan ini diakui oleh masyarakat Islam Amerika. Karena peristiwa 9/11 yang sangat mengerikan itu dituduhkan kepada Islam, berbagai lapisan masyarakat Amerika justru kemudian terundang kuriositasnya untuk mengetahui Islam lebih jauh. Sebagian karena murni semata-mata ingin mengetahui saja, sebagian lagi mempelajari dengan sebuah pertanyaan dibenaknya: “bagaimana mungkin dalam zaman modern dan beradab ini agama “mengajarkan” teror, kekerasan dan suicide bombing dengan ratusan korban tidak berdosa?” Tapi keduanya berbasis pada hal yang sama: ignorance of Islam (ketidaktahuan sama sekali tentang Islam). Sebelumnya, sumber pengetahuan masyarakat Barat (Amerika dan Eropa) tentang Islam hanya satu yaitu media yang menggambarkan Islam tidak lain kecuali stereotip-stereotip buruk seperti teroris, uncivilized, kejam terhadap perempuan dan sejenisnya. Seperti disaksikan Eric, seorang Muslim pemain cricket warga Texas, setelah peristiwa 9/11, masyarakat Amerika menjadi ingin tahu Islam, mereka kemudian ramai-ramai membeli dan membaca Al-Qur’an setiap hari, membaca biografi Muhammad dan buku-buku Islam untuk mengetahui isinya. Hasilnya, dari membaca sumbernya langsung, mereka menjadi tahu ajaran Islam yang sesungguhnya. Ketimbang bertambahnya kebencian, yang terjadi malah sebaliknya. Menemukan keagungan serta keindahan ajaran agama yang satu ini. Keagungan ajaran Islam ini bertemu pada saatnya yang tepat dengan kegersangan, kegelisahan dan kekeringan spritual masyarakat Amerika yang sekuler selama ini. Karena itu, Islam justru menjadi jawaban bagi proses pencarian spiritual mereka selama ini. Islam menjadi melting point atas kebekuan spiritual yang selama ini dialami masyarakat Amerika. Inilah pemicu terjadinya Islamisasi Amerika yang mengherankan para pengamat sosial dan politik. Inilah tangan Tuhan dibalik peristiwa /9/11.

3. Motivasi Menjadi Muslim

Dari banyak wawancara yang dilakukan televisi Amerika, Eropa maupun Timur Tengah terhadap mereka yang masuk Islam atau video-video blog yang banyak menjelaskan motivasi para new converters ini masuk Islam, menggambarkan konfigurasi latar belakang yang beragam.

Pertama, karena kehidupan mereka yang sebelumnya sekuler, tidak terarah, tidak punya tujuan, hidup hanya money, music and fun. Pola hidup itu menciptakan kegersangan dan kegelisahan jiwa. Mereka merasakan kekacauan hidup, tidak seperti pada orang-orang Muslim yang mereka kenal. Dalam hingar bingar dunia modern dan fasilitas materi yang melimpah banyak dari mereka yang merasakan kehampaan dan ketidakbahagiaan. Ketika menemukan Islam dari membaca Al-Qur’an, dari buku atau kehidupan teman Muslimnya yang sehari-harinya taat beragama, dengan mudah saja mereka masuk Islam.

Kedua, merasakan ketenangan, kedamaian dan kebahagiaan yang tidak pernah dirasakannya dalam agama sebelumnya yaitu Kristen. Dalam Islam mereka merasakan hubungan dengan Tuhan itu langsung dan dekat. Beberapa orang Kristen taat bahkan mereka sebagai church priest mengaku seperti itu ketika diwawancarai televisi. Allison dari North Caroline dan Barbara Cartabuka, seorang diantara 6,5 juta orang Amerika yang masuk Islam pasca 9/11, seperti diberitakan oleh Veronica De La Cruz dalam CNN Headline News, Allison mengaku “Islam is much more about peace.” Sedangkan Barbara tidak pernah merasakan kedamaian selama menganut Katolik Roma seperti kini dirasakannya setelah menjadi Muslim. Demikian juga yang dirasakan oleh Mr. Idris Taufik, mantan pendeta Katolik di London, ketika diwawancara televisi Al-Jazira. Mantan pendeta ini melihat dan merasakan ketenangan batin dalam Islam yang tidak pernah dirasakan sebelumnya ketika ia menjadi mendeta di London. Ia masuk Islam setelah melancong ke Mesir. Ia kaget melihat orang-orang Islam tidak seperti yang diberitakan di televisi-televisi Barat. Ia mengaku, sebelumnya hanya mengetahui Islam dari media. Ia sering meneteskan air mata ketika menyaksikan kaum Muslim shalat dan kini ia merasakan kebahagiaan setelah menjadi Muslim di London.

Ketiga, menemukan kebenaran yang dicarinya. Beberapa konverter mengakui konsep-konsep ajaran Islam lebih rasional atau lebih masuk akal seperti tentang keesaan Tuhan, kemurnian kitab suci, kebangkitan (resurrection) dan penghapusan dosa (salvation) ketimbang dalam Kristen. Banyak dari masyarakat Amerika memandang Kristen sebagai agama yang konservatif dalam doktrin-doktrinnya. Eric seorang pemain Cricket di Texas, kota kelahiran George Bush, berkesimpulan seperti itu dan memilih Islam. Sebagai pemain cricket Muslim, ia sering shalat di pinggir lapang. Di Kristen, katanya, sembahyang harus selalu ke Gereja. Seorang konverter lain memberikan kesaksiannya yang bangga menjadi Muslim. Ia menjelaskan telah berpuluh tahun menganut Katolik Roma dan Kristen Evangelik. Dia mengaku menemukan kelemahan-kelemahan doktrin Kristen setelah menyaksikan debat terbuka tentang “Is Jesus God?” (Apakah Yesus itu Tuhan?) antara Ahmad Deedat, seorang tokoh Islam dari Afrika Selatan dan seorang teolog Kristen. Argumen-argumen Dedaat dalam diskusi menurutnya jauh lebih jelas, kuat dan memuaskan ketimbang teolog Kristen itu. Menariknya, misi awalnya ia menonton debat agama itu justru untuk mengetahui Islam karena ia bertekad akan menyebarkan gospel ke masyarakat-masyarakat Muslim. Yang terjadi sebaliknya, ia malah menemukan keunggulan doktrin Islam dalam berbagai aspeknya dibandingkan Kristen. Angela Collin, seorang artis California yang terkenal karena filmnya Leguna Beach dan kini menjadi Director of Islamic School, ketika diwawancarai oleh televisi NBC News megapa ia masuk Islam, ia mengungkapkan: “I was seeking the truth and I’ve found it in Islam. Now I have this belief and I love this belief,” katanya bangga.

Keempat, banyak kaum perempuan Amerika Muslim berkesimpulan ternyata Islam sangat melindungi dan menghargai perempuan. Dengan kata lain, perempuan dalam Islam dimuliakan dan posisinya sangat dihormati. Walaupun mereka tidak setuju dengan poligami, mereka melihat posisi perempuan sangat dihormati dalam Islam daripada dalam peradaban Barat modern. Seorang convert perempuan Amerika bernama Tania, merasa hidupnya kacau dan tidak terarah jutsru dalam kebebasannya di Amerika. Ia bisa melakukan apa saja yang dia mau untuk kesenangan, tapi ia rasakan malah merugikan dan merendahkan perempuan. Setelah mempelajari Islam, awalnya merasa minder. Setelah tahu bagaimana Islam memperlakukan perempuan, ia malah berkata “women in Islam is so honored. This is a nice religion not for people like me!” katanya. Dia masuk Islam setelah mempelajarinya beberapa bulan dari teman Muslimnya.

Perkembangan Islam di dunia Barat sesungguhnya lebih prospektif karena mereka terbiasa berfikir terbuka. Dalam keluarga Amerika, pemilihan agama dilakukan secara bebas dan independen. Banyak orang tua mendukung anaknya menjadi Muslim selama itu adalah pilihan bebasnya dan independen. Mereka mudah saja masuk Islam ketika menemukan kebenaran disitu. Angela Collin menjadi Muslim dengan dukungan kedua orang tua. Ketika diwawancarai televisi NBC, orang tuanya justru merasa bangga karena Angela adalah seorang “independent person.” Nancy seorang remaja 15 tahun, masuk Islam setelah bergaul dekat temannya keluarga Pakistan dan keluarganya tidak mempermasalahkan walaupun telah lama hidup dalam tradisi Kristen.

4. Dampak Hubungan Islam – Barat

Perkembangan ini tentu akan berpengaruh signifikan terhadap hubungan Islam-Barat (Kristen) yang sudah mengalami ketegangan historis berabad-abad. Dengan pesatnya perkembangan umat Muslim di Amerika, Eropa dan negara-negara maju lainnya, akan berpengaruh signifikan terhadap beberapa hal. Pertama, masyarakat Barat akan lebih dekat dan lebih kenal dengan Islam melalui umat Islam yang ada di Barat sendiri. Mereka akan menjembatani kesalahafahaman yang selalu terjadi terhadap Islam dan kaum Muslimin. Ketidaksukaan masyarakat Barat terhadap Islam lebih karena the ignorance of Islam dan ini akan semakin berkurang. Umat Islam di Barat akan menjadi komunikator yang efektif dan duta-duta yang handal untuk menjelaskan dan memperlihatkan wajah Islam yang sesungguhnya di sana. Melalui mereka, nasib umat Islam diluar Barat akan disuarakan dan penderitaan demi penderitaan negara-negara Muslim akibat dominasi Barat yang kebijakannya sering yang tidak adil akan berkurang. Kedua, akibat dari ajaran Islam yang semakin tersosialisasi di Barat dan suara politik kaum Muslimin semakin kuat, jembatan untuk terciptanya saling pemahaman dan pengertian akan semakin kondusif dan menguat. Islam dan Barat mudah-mudahan akan masuk ke dalam sebuah equilibrium sejarah baru yang lebih adil, lebih fair dan lebih demokratis: “Ketika datang pertolongan Allah dan kemenangan, dan kamu akan melihat manusia masuk ke dalam agama Allah dengan berbondong-bondong!”. Wallahu a’alam!!

Moeflich Hasbullah’Penulis, Alumni Southeast Asian Studies, ANU Canberra.

(Pikiran Rakyat, 6 Maret 2008)a

About these ads

37 Responses to “Islam di Amerika: Sebuah Keajaiban Bernama 9/11”

  1. winda said

    subhanallah….maha besar Allah dengan segala kebenaran dan keagungannya. sy menangis membaca article ini. hati saya bergetar ketika membaca kisah-islam yang maha dahsyat meluluhkan hati kaum kafir yang sering melecehkan/ignore agama kita. sya ingin membantu teman-teman saya yang non muslim agar mengetahui islam yang sesuhngguhnya. hal ini ingin sya lakukan karna sya syang mereka… kalau sya tahu tentang sesuatu kebenaran kenapa sya tidak menginformasikannya?

    wallahu a’lam bisshowab…

  2. muhammad abdullah said

    Ingatlah sekalian,sesungguhNya di dalam agama, Allah telah turunkan kitab zabur,taurat dan injil,namun dari setiap kitab yang diturunkan itu manusia masih lagi cuba untuk mengubah setiap sunnah nabi,lalu Allah turunkan Al Quran sebagai kitabNya,Muhammad sebagai rasulNya untuk menjelaskan bahawa Allah itu tersangatlah pemurah,sesungguhnya apabila diseru kepada islam,nasrani itu segera tunduk kepada perintah Allah kerana ia cukup takut akan amaran Allah,tapi yahudi itu adalah kaum yang degil,yang mana mereka kenal akan Allah tetapi mereka masih juga cuba untuk melawan takdir Allah.Allah itu tersangatlah hebat,siapa yang melawan takdir Allah,itu adalah satu usaha yang sia-sia seperti semut yang cuba menyelam di lautan yang dalam.menerima takdir Allah dan bersyukur atas setiap rezeki Allah adalah sebaik-baik iman.berdoala supaya berada dalam lindungan Allah subhanahuwataala.amin ya Allah.

  3. muhammad abdullah said

    semulia-mulia manusia adalah yang kasih kepada nabi muhammad melebihi kasih kepada harta kekayaan dan anak-anak,sesungguhnya itulah pengikat kasih kepada Allah,kerana muhammad itu tersangatla kasih akan Allah subha nahu wa taala.

  4. masyono9 said

    Subhanallah,tulisan yang tajam, dengan analisis yang jernih dan menjadikan pembaca betah berlama2 untuk menyelesaikan bacaan ini.

  5. pdt muhammad abdullah said

    maaf saudaraku bukti yg anda buat sangat tidak akurat..mengapa saya bilang demikian?..
    1.jika memng diamerica banyak muslim itu bukan dikarenakan penduduk america rame2 masuk islam..anda salah saya sudah dari america dan kebanyakan muslim disana adalah pendatang dari negara muslim…memang tidak dipungkiri jika ada sebagian gereja dijadikan mesjid tetapi bukan berarti jemaah yg dulunya beribadah disitu rame2 masuk islam?..salah..diamerica sekrang banyak orang kristen malas beribadah khususnya anak2 muda disana..oleh sebab itu ada beberapa pendeta menjual gerejanya kepada muslim.
    2.negara yg anda sebutkan tadi dgn perkembangan islam yg pesat sangat salah terbukti tidak ada seorang pejabat pemerintahan yg beragama islam,dikarenakan mereka adalah pendatang/nompang,jika adapun bisa diitung dngan jari,beda dengan indonesia atau negara islam lainnya.
    3.waktu saya di USA saya lihat orng yg beribadah di masjid adalh orng,dari africa,mesir,indonesia,malaysia dan dari negara islam lainnya dan kebanyakan mereka adalah,pembantu,supir,pekerja, buruh,pedagang,gelandangan,dan ada yg bersekolah di unevesity..walaupun ada penduduk asli america yg masuk islam itu sangat sedikit dan bisa dihitung..
    4.beda seperti saudi arabia dan negara muslim lainnya yg saat ini sangat banyak percaya YESUS,terlihat dari para pejabat pemerintahan yg terbilang banyak kristen dan bukan pendatang dari AMERICA,ENGLAND,EROPA,ISRAEL tetapi penduduk asli seperti di indonesia dan kristen di indonesia bukanlah pendatang dari negara2 kristen,pekerja ,buruh gelandangan tetapi mereka banyak dari penduduk indonesia yg dulu aslinya islam ..saya banyak videonya jika anda tidak percaya tonton TV aljazera.anda akan lihat negara arab banyak penduduk yg masuk kristen.

    Tuhan Yesus memberkati anda.

    • Encus Bless U said

      Point anda dari nomer satu sampe nomer tiga masih masuk akal dan saya masih bisa menerima, tp poin keempat jelas ini merupakan pernyataan subyektif banget.
      Kalo emang kenyataannya seperti apa yang anda katakan mana donk bukti otentiknya..????
      Kalopun memang pertumbuhan kristen meningkat di Indonesia maupun di negara Arab, tapi saya masih bersyukur, karena kami masih rajin ke Masjid dan nggak sampe menjual tempat ibadah kita (Masjid) ke orang-orang Kristen untuk dijadikan gereja seperti apa yang dilakukan oleh umat seiman anda di Amerika :)

      Kalo emang anda (pernah) tinggal di USA / Amerika. Tinggalnya di Amerika gang berapa ya..?? :D

      Asal ngomong aja siapapun pasti bisa, batita pun bisa hehehee… YANG PENTING SEKARANG TUH BUKTINYA MANA ATAS APA YANG TELAH ANDA KOMENTARKAN..???

      Semoga Allah SWT memberikan Hidayah & Rahmat-Nya kepada anda semua

      • cinta said

        yang terpenting adalah kwalitas keimanan,bukan kwantitas yang memeluk agama.

        bukankah seekor gajah lebih mudah masuk lubang jarum,dari pada seorang kaya masuk surga? ada jg perkataan ini saya dengar dari seorang ustad yang ceramah di mushola dekat rumah.. kenapa perbandingannya kepada orang kaya? apakah salah jika kaya? logika-nya bagaimana gajah masuk lubang jarum.. Jadi intinya masuk sorga itu susah kalau melihat dari perbuatan.. karena semua manusia sudah jatuh dalam dosa..dan selalu berbuat dosa.

  6. 1. Perkembangan Islam di Amerika
    Alhamdulillah… jumlah orang Islam di belahan bumi ini meningkat. Apakah tahun 2009 meningkat? Ehm… bagaimana dgn 2010, ya???? Penasaran! :3
    2. Fenomena yang Tidak Masuk Akal
    Jadi orang2 America menjadi muallaf gara2 tragedi pengeboman itu, ya? Sebenarnya mereka ikhlas nggak, sih? :-O. Lalu, apakah mereka sudah mengenal Islam dgn baik? Apakah mereka taat menjalankan perintah-perintah agama? Lebih baik patung Yesus yg ada disana dibongkar dan dimusnahkan. Grrrhhh!!!!! 3:)
    3. Masalah Kerudung
    Katanya, kalau di America itu orang Islam tidak boleh memakai kerudung. Aduu…h, kasihan, ya! Alkisah, ada seorang mahasiswi yang disuruh kepala sekolahnya melepas kerudungnya. Kalau dia tidak mau melepasnya, kepala sekolah akan mengeluarkannya. Karena dia lebih mementingkan agama, dia lebih memilih tidak melepas kerudungnya untuk tidak bersekolah. Hal demikian juga terjadi di Prancis. Kasihan banget… :'( Kalau aku salah satu warga America atau Prancis, aku akan protes!!! 3:)

  7. lho? emotion ny gak masuk???

  8. assalamualaikum,yang terpenting bagi kita semua sebagai umat islam adalah meningkatkan iman kita agar jangan sampai kita pindah dari agama yang sangat sempurna ini .karena aq yakin setelah kita pindah kita tidak pernah merasakan lagi rasa kedamaian hati seperti yang kita rasakan saat ini didalam islam……..

  9. hercules said

    Islam datang dengan membawa keberkahan. Seorang yang telah masuk Islam biasanya terjadi karena telah mendapat petunjuk dari Alloh SWT,dengan berbagai cara yang manusia tidak tahu. Oleh karena itu siapapun yang masuk Islam apalagi dari agama lain sungguh ia telah mendapatkan hidayah yang luar biasa, yang tak dapat ditangkap oleh manusia.

  10. FX. Edison said

    Perkembangan jumlah umat islam baik di Amerika maupun di negara-negara lainnya (dunia) merupakan fakta yang tidak tidak dapat dibantah. Bermacam alasan mereka menjadi muslim, ada yang karena pernikahan, ada yang karena memang tidak mendapat kedamaian pada agama yang dianut sebelumnya, dll. Intinya siapapun orangnya jika memang mempunyai niat ikhlas dan keinginan untuk menemukan jalan kebenaran (agama yang benar), ALLAH SWT pasti (Insya Allah) akan memberikan hidayah-NYA. Tetapi satu yang harus diingat kebanyakan muslim menjadi murtad karena “dibohongi dan diiming-imingi dengan” Beras, Supermie, dan yang pasti mereka itu adalah “islam KTP”, agamanya memang islam tetapi tidak pernah menjalankan dan mempelajari syariat islam.

  11. paulus paus begok said

    tulah ketololan orang kristen secara nyata, bahwa telah banyak bukti orang masuk islam itu datang dari Hidaya Allah, bukan seperti agama Kristen yang memurtad orang dengan tipu daya yang busuk, dengan pura pura membagi mie instan, cinta kasih mereka hanyalah tipu daya seperti setan!!
    sangat menydeih menagku tuhan tiga menjadi 1 mana ada secara logika 1+1+1 = 1 inilah ketololan nyata orang kafir kristen tuhan tiga tetapi satu, mereka telah dibuta oleh setan setan melalaui paus dan pedeta pebdeta mereka yang seenaknyamerubah kitab suci menjadi menjadi perjanjian baru dan lama, itu semua karena agama kristen dan kitab asilinya telah dirobah oleh agama romawai kuno menjadi kristen, ini agama dibuat oleh konstantin raja romawi yang menyebah matahari coba lihat salib yang tiang digantung pada tiang jemuran terdapat tanda matahari !!! Baca lagi injil yang sudahdikranag oleah nafsu paus imamat 11 ayat 7 babi diharam kana tetapi oleh paus dan pendetanya boleh makan babi , jadi kitab dan ajaran aja sudah ngak sesuai, sedih sekali bahwa agama nasrani yanga asli turun di arab sama tetapi umatnya merubah menjadi seolah olah dari barat dan berubah menjadi agama kristen !! jadi wahai kafir tobatlah engakau jangan karena menurut nafsu setanmu kau rela menjadi kafir kristen, masuklah kedalam islam dengan baik agar engkau selamat dunia dan akhirat.

    • cinta said

      he..he.. dalam Tuhan jangan berbicara kata logika, bisakah kamu logikakan manusia dari setitik darah dan sebutir protein dari laki-laki bertemu sel telur dari wanita.. menjadi manusia seperti kita????????? siapapun tidak bisa melogikan itu hanya menbuat teori saja…bisakah kamu hembuskan nafasmu pada patung tanah sehingga dia bisa hidup dan bernafas seperti kamu dan saya? saya yakin tentu Tidak.. Karena Dia adalah Tuhan.. dan masalah TUhan tidak perlu dilogikakan tinggal kamu percaya atau tidak. jadi tidak usah memprtanyakan mana logika 3 dalam satu.. krn saudari belum mengerti arti dari Trinitas.. itu ibarat satu tubuh manusia( didalamnya ada unsur daging,roh, kesadaran jiwa) tidak ada tubuh disebut mahluk gaib, tidak ada kesadaran jiwa disebut apa?mati suri.. hidup tapi tak bisa apa-apa tidak ada roh disebut orang mati… he..he… kira-kira begitu logikanya

      yg terpenting kwalitas… Tuhan JEsus itu tidak menyebarkan agama.. Dia berkenan pada semua orang yang benar, benar dalam konteks ketika manusia menyadari kesalahannya, dosanya, perbuatannya..krn manusia menang sejak lahir sudah berdosa. MANUSIA PADA DASARNYA TIDAK ADA LAGI YG SUCI DAN BENAR SEJAK LAHIR KEBUMI. KRN SUDAH ADA DOSA DARI NENEK MOYANG (MANUSIA PERTAMA YG MELANGGAR FIRMAN ALLAH DI TAMAN EDEN). Dia tidak menbedakan SUku, bangsa,bahasa, Malah dia mengecam orang Yahudi,padahal dia lahir dari keturunan Yahudi,Tuhan JEsus memberitakan kebenaran dari sorga krn dia datang dari sorga turun kebumi dan Maryam yg mengandung karena Rohul Kudus, di Alquran jg ada cerita ini.baca ALqurannya baik-baik dan renungkan dari hati yg paling suci, disana ada jawabannya, sebelum Jesus mati dia sudah berkata waktunya dia mati,waktunya dia bangkit, waktunya dia naik lagi kesurga.siapa yanga bisa berkata seprti Isa ALmasih.. dan mengatakan waktu mati-dan hidupnya. klu tidak percaya itu urusan masing-masing. tapi saya percaya krn saya dapat bukti-bukti pengalaman pribadi. Pengikut Jesus menamakan diri sebagai orang Kristen artinya pengikut Kristus).memang alkitab itu kata-katanya ada yg beda bukan seperti alquran copy paste dari aslinya.. tapi pesan tersiratnya sama.. itu yg terpenting, krn manusia seperti pelajar dihadapan Tuhan.. SI A harus diterangkan dengan begini baru mengerti, si B akan lebih mudah mengerti ketika si guru menerangkan dnegan cara yg lain. he..he… salam damai mari kita mencari kebenaran dalam Hidup. agar kita benar-benar hidup didalam Tuhan.

  12. Paus Yohanes Paulus II said

    tulah ketololan orang kristen secara nyata, bahwa telah banyak bukti orang masuk islam itu datang dari Hidaya Allah, bukan seperti agama Kristen yang memurtad orang dengan tipu daya yang busuk, dengan pura pura membagi mie instan, cinta kasih mereka hanyalah tipu daya seperti setan!!
    sangat menydeih menagku tuhan tiga menjadi 1 mana ada secara logika 1+1+1 = 1 inilah ketololan nyata orang kafir kristen tuhan tiga tetapi satu, mereka telah dibuta oleh setan setan melalaui paus dan pedeta pebdeta mereka yang seenaknyamerubah kitab suci menjadi menjadi perjanjian baru dan lama, itu semua karena agama kristen dan kitab asilinya telah dirobah oleh agama romawai kuno menjadi kristen, ini agama dibuat oleh konstantin raja romawi yang menyebah matahari coba lihat salib yang tiang digantung pada tiang jemuran terdapat tanda matahari !!! Baca lagi injil yang sudahdikranag oleah nafsu paus imamat 11 ayat 7 babi diharam kana tetapi oleh paus dan pendetanya boleh makan babi , jadi kitab dan ajaran aja sudah ngak sesuai, sedih sekali bahwa agama nasrani yanga asli turun di arab sama tetapi umatnya merubah menjadi seolah olah dari barat dan berubah menjadi agama kristen !! jadi wahai kafir tobatlah engakau jangan karena menurut nafsu setanmu kau rela menjadi kafir kristen, masuklah kedalam islam dengan baik agar engkau selamat dunia dan akhirat. hidup hanya sebentar nanti kamu kekal di negara, makanya cepat tobat dan masuklah islam

  13. miracle911 said

    Hai Kaum Kristen,..
    Ingat Kata2 “Tuhan mu”,….(Jangan Mengelak)

    ELI,..ELI,..LAMASABAKTHANI…

    Tau apa artinya? Tanya sama ROMO2 MU ITU,..

    Pernyataan anda :
    “Trinitas.. itu ibarat satu tubuh manusia( didalamnya ada unsur daging,roh, kesadaran jiwa) tidak ada tubuh disebut mahluk gaib”
    TETAP TIDAK DAPAT MENJELASKAN APA ITU TRINITAS,..
    Apa hubungan nya sama Tuhan Jesus,..tuhan bapak,…dan Ruh kudus?? kalian masih saja MEMAKSAKAN TEORI itu selama 1700 tahun,..Karena kalian GILA,..(SESAT),..Kalian lah MUSUH ILMU PENGETAHUAN,..

    • hindar penghinaan dan menganggap orang lain tidak benar, ingin mencari kebenaran kemukakan logika, dan argumentasi, bandingkan dengan agama lain apabila kita bicara keesaan tuhan, bukalah diri, jauhi emosi,kalau perlu mengeritik agama lain gunakan bahasa yang santun, Agama Islam, kristen dan yahudi agama serumpun apabila kita kaji secara komperatif, itu sangat menarik!!! terima kasih

      • miracle911 said

        Asalamu alaikum wr wb,..

        sebelumnya saya berterima kasih atas “teguran’ anda pak,..dan di atas adalah Artikel yg menarik,..
        saya adalah Ex kristen (mualaf),..
        ngomong2 soal “Santun” kami sudah lelah pak,..
        Saran saya Artikel (BAGUS) macam diatas tidak usah membanding2kan islam dan kristen,..kalau perlu tidak usah membawa-bawa kata “Kristen”,..maaf jangan salah paham Pak,..karena hal tersebut justru memancing “Perdebatan kotor” dan bukan saya saja yg seperti itu jika di lihat dari Coment2 di atas,..gantilah Kata KRISTEN dengan AGAMA LAIN,..sekali lagi itu cuma saran pak,…
        sekali lagi saya berterima kasih atas ungkapan anda terhadap saya karena itu sangat Membangun jiwa orang2 beragama (Islam, kristen ,yahudi dll,..)

  14. abduljalil said

    sebenarnya juga banyak orang islam belum menjalankan perintahNya demikian juga agama lain, dikarenakan mereka memikirkan perut dan terus memoerkaya diri dan keduniawian sehingga waktu mereka habis sampai tua dan meninggal dalam kerugian, seperti surat al asri dalam Al Quran, dan pemeluk agama lainpun juga dak sempat mencari kebenaran islam itu dikarenakan keduniawian mereka yah….. rugilah jadinya. makanya kalau islam agamamu apalagi sejak lahir sukurlah.. dan jalankanlah agama islam itu sebaik-baiknya kalau tidak maka mungkin lebih sakit siksaannya diakhirat dibandingkan orang yang tak sempat masuk islam. sku juga dak ngerti ngapa orang kresten gencar kritenisasi dengan segala cara, pakai supermilah, beras lah…. untuk apasih ? maunya apasih, toh kalau setelah masuk kresten juga dak di bina dengan baik jugs dsn supermi tadi dak diberikan lagi…padahal kalau yesus atau nabi isa itu hidup lagi pasti akan dikatakannya bahwa kedatangan dan ajaran nabi muhammad itu meneruskan ajaranku dan aku perintahkan untuk mengikutinya(Al Quran dan hadis)

  15. Sing penting tiga hal:

    Yg pertama, cintailah Tuhan Allah-mu dgn segenap hatimu dan dgn segenap akal budimu, yg kedua, yg sama dgn itu, cintailah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri, yg ketiga, yg udah tau lah resikonya jika kita tidak mencintai bumi ini.

    Salam Damai!

  16. klu pendapat sy klu mmg ajaran yg di bawa jesus itu bnr awalnya ya sebaiknya di copy paste aja agar gk ada celah utk merubah kemurnian kitap tersebut jd keliatan aslinya spi skrg seperti alquran klu kita dg mudah merubah firman tuhan hari yg datang rusa ya bsk jd babi ingat di dalam tubuh kita sdh disisipi nafsu,nafsu ini lah yg sifatnya radikal yg sanggup merubah demi tuannya tercapi makanya klu kita mau berbuat sesuatu usahakan nafsu di blkg dan akal di depan agar kita ini bs berjalan dg lurus

    • Apa ada guna merubah ayat menurutmu, Jun?
      Apa dgn itu bisa menjadi mulia atau kaya?
      Ah, aku tak percaya itu!

      Tampaknya kau sangat percaya ini:
      Karena Yahweh dianggap tak mampu menjaga Alkitab,
      Maka Allah SWT terpaksa menurunkan ayat-ayat Al Quran.
      Andai Yahweh mampu menjaga maka tak mungkin Quran turun? Apa betul begitu?

      Yahweh yg adalah Roh pernah berfirman menciptakan semesta alam ini.
      Siapa yg mengubah Yahweh menjadi Allah SWT dari Roh menjadi Dzat?
      Aku tak percaya perubahan itu oleh Jahudi atau Kresten. Coba!

      Apakah Yahweh itu semula Dzat lalu menjadi Roh lalu kembali menjadi Dzat?
      Kalu ya atau pun tidak, lalu siap yg mengubah-ubah dan untuk apa diubah-ubah?
      Dzat itu bukan menambah firman Yahweh tapi hanya mengulang-ulang sebisaNya kutengok.

      Salam Damai!

  17. anang jatmoko said

    Bagiku agamaku,bagimu agamamu…

    • Bagiku,
      Mungkin spirit kita sama,
      Tapi ritual kita beda,
      Maka spiritual bedalah.

      Memang semua kita harus beda.
      Dgn perbedaan maka ada aliran, hidup.
      Bila sama maka kita menggenang, mapan, membusuk.

      Salam Damai!

  18. Assalamu Alaiku Wr.Wb
    Islam Rahmatallill’alamin… 1.Katakanlah:Dialah Alloh yg Maha Esa (Tunggal),
    2.Alloh adalh Tuhan yg brgantung kepadaNya sgla ssuatu,
    3.Dia tidak beranak dan tiada pula diperanakkan,
    4.dan tdk ada seorangpun yg setara dg Dia (Q.S.Al Ikhlas),
    Alloh menunjjukkan kekuasaanNya menciptakan seorang laki2 dr tanah,tnpa ayah tnpa ibu yaitu (Adam), lalu Alloh menciptakan seorang perempuan dr seorang laki2 (nabi Adam) tanpa ibu yaitu Hawa dan kmudian Alloh menciptakan seorang laki2 dr seorang ibu tanpa ayah yaitu Nabi Isa…Sungguh Alloh Maha Kuasa Atas segla sesuatu.. Al_Qur’an itu hak dr Alloh bukanlah bikinan manusia, dan banyak bukti ilmiah didalam Al_Qur’an,,, peta di indonesia aja Alloh menunjukkan Kukuasaan dan KebesaranNya yaitu ada peta lafal “Bismillah” tepatnya berada di Aceh,kl g prcy buktikan pakai google maps ato googling aja..Marilah kita perkuat keimanan kita krn Alloh Maha Mengetahui isi hati kita dan semua yg kita lakukan.. Semoga kita tidak tersesat semoga Alloh membing kita kejalanNya,.Amin

  19. gusti rinjani said

    aku semakin bangga menjadi seorang muslim dengan segala kelebihan yg ada di agamaku

  20. DI DALAM KEHIDUPAN INI BANYAK TEKA TEKI YANG HARUS KITA BAHAS ;UUUX adalah orang nasrani yang menemukan KEBENARAN DI DALAM AL QUR’AN,KARNA APA YANG ADA DI DALAM AL QUR’AN SAMA SEPERTI APA YANG DI TURUNKAN ALLAH(INJIL)KEPADA RASULNYA ISA PUTRA MARIA.ORANG MUSLIM YANG MASUK KRISTEN ADALAH BODOH DAN ORANG KRISTEN YANG IKUT KEPADA KITAP PERJANJIAN BARU DAN Pdt jaman sekarang jauh lebih bodoh…. mereka para pendeta selalu menjadikan jemaat gereja BANK bagi mereka dan selalu mendapatkan dana yang besar dari para jemaat,dan bahkan mereka pdt red bisa mejual tempat ibadah demi memuaskan nafsu mereka… PERNAHKAH SAUDARA2 SEIMAN MELIHAT ADAKAH PENDETA DIJAMAN SEKARANG YANG MISKIN???????????????????… WAHAI PDT RED APAKAH ADA TUHAN LAIN SELAIN ALLAH? SILAKAN ANDA BUKA DI DALAM INJIL EJAAN LAMA, YAITU INJIL YANG BELUM DI DIKOTORI OLEH TANGAN TANGAN MANUSIA BAHMA RASUL ALLAH ISA PUTRA MARIA BERKATA WAHAI TUHAN TUHAN KU DIMANAKAH ENGKAU! MUNGKIN KITA SEMUA UMAT NASRANI SUDAH MENGATAHUI TENTANG KEJADIANNYA,DAN ADA 1 LAGI PERNYATAAN NABI ISA AL MASIH JUGA DI DALAM INJIL EJAAN LAMA PERSIS DENGAN PERKATAAN NABI ISA DI DALAM AL QUR’AN YANG SAYA KUTIPKAN,”SEMBAHLAH TUHAN MU DAN TUHAN KU SESUNGGUHNYA ALLAH ITU BERAT SIKSAANNYA. MAKA SESUNGGUHNYA KITA BISA BERFIKIR DIDALAM HATI KITA BAHWA TIADA YANG PATUT DI SEMBAH SELAIN ALLAH DAN APAKAH PATUT BAGI KITA MENYEMBAH YANG LAIN SELAIN ALLAH, TOLONG JANGAN MENTERJEMAHKAN FIRMAN ALLAH TANPA ADA PETUNJUK YANG DATANG DARI ALLAH UNTUK KITA!!! Pendeta,paus hanyalah alat alat ALLAH untuk mnyampaikan kebenaran,” SESUNGGUHNYA KEBENARAN IMAN HANYA ADA DIDALAM DIRI KITA SENDIRI BUKAN ADA PADA Pdt dan Paus. AKU BERLINDUNG KEPADA ALLAH DAN MENGIKUTI KEBENARAN YANG DIBAWAKAN OLEH RASUL RASULNYA. RASUL ALLAH ISA PUTRA MARIA AS MEMBAWAKAN KASIH DAN RASULULLAH MUHAMMAD SAW MELENGKAPI DENGAN PENGASIH DAN PENYAYANG. Mohon maaf kalau tulisan saya menyinggu para pdt. karna opa saya adalah seorang pdt yang taat kepada ALLAH DAN RASUL RASULNYA

    ……………………………………………………………………………OPA SAYA BERPEGANG KEPADA ALKITAP YANG DIBERIKAN OLEH OYANG SAYA DAN OPA SAYA PERNAH MENGATAKAN,”MENGAPA KITA HARUS MEROBAH APA YANG SUDAH DITURUNKAN ALLAH(INJIL) KEPADA KITA. MAKA SAYA ADALAH ORANG YANG SANGAT MEMBENCI KEPADA pdt JAMAN SEKARANG.BIARLAH SEMUA KEBENARAN HANYA ALLAH YANG MENGATAHUINYA.
    ALLAH TIDAK PERNAH MEMBEDAKAN DI ANTARA UTUSANNY DAN ALLAH MENEMPATKAN SETIAP RASULNYA SESUAI DENGAN KEHENDAKNYA.
    TOLONG TOLONG TOLONG JANGAN PERNAH KITA DI ADU DOMBA OLEH ORANG ORANG YANG MERUSAK KEDAMAIAN DAN KETEMTRAMAN DI BUMI INI.

    …..SALAM KASIH DAN SAYANG……

  21. ignatius arwoko said

    mo ganti nama ah, ketepu nih gua…dasar pastor gila…!

  22. Prediksi Angka Jitu Hari Ini…

    [...]Islam di Amerika: Sebuah Keajaiban Bernama 9/11 « MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN[...]…

  23. Hari said

    Alhamdulillah …
    ALLAH PUNYA CARA TERSENDIRI untuk MEMBERIKAN HIDAYAHNYA …

    1 itu ya 1 … 1 = 1 … LOGIS
    ALLAH itu TUHAN
    ALLAH lah yang BERANI MENYATAKAN bahwa …
    DIRINYA lah yang MENCIPTAKAN LANGIT dan BUMI
    DIRINYA lah yang MENCIPTAKAN segala sesuatu dari KETIADAAN …
    DIA lah yang MENGADZAB MANUSIA karena KEINGKARAN MANUSIA itu SENDIRI …

    Kaum NUH
    Kaum Aad,
    Kaum Tsamud
    Penduduk Madyan
    Penduduk Aikah
    Kaum Luth
    Kaum Fir’aun
    Dsb …
    FAKTA

    MENGADZAB MANUSIA TANPA HARUS MEMPERTANGGUNG JAWABKAN PERBUATANNYA …

    DIA lah …
    Yang MENERIMA TOBAT
    MEMBERIKAN AMPUNAN
    MENGADZAB
    Dan juga MEMBERIKAN KARUNIA

    Ada juga yang MENGAKU TUHAN … Tapi TIDAK PEDE …
    Satu SAAT DIANGGAP TUHAN …
    SAAT LAIN menyatakan bahwa DIRINYA adalah UTUSAN …

    Atas DASAR KITABnya …
    Orang ini DIANGGAP TUHAN …
    Tapi atas DASAR KITABnya ini pula …
    Sebagian golongan (SAKSI YEHOVA) …
    Menyatakan bahwa orang ini HANYALAH UTUSAN …
    Sekali lagi … HANYA UTUSAN dan BUKANNYA TUHAN …

    Dari SATU KITAB yang SAMA …
    Ada PERNYATAAN ANTAGONISTIK …
    Sebagian GOLONGAN PERCAYA akan KETUHANANNYA …
    Sebagian yang lain YAKIN HANYA sebagai UTUSAN …

    1 + 1 + 1 = 1 … Illogic
    1 itu ya 1 … LOGIC
    Yang ILLOGIC di PERCAYA …
    Yang LOGIS … DITOLAK …

    Allah .. TUHAN yang ESA dan MAHA …
    BISA MENJELASKAN KE ESAAN dan KEMAHAANNYA …

    Ada yang DIAKU TUHAN …
    TIDAK BISA MENJELASKAN secara JELAS tentang KETUHANANNYA …

    Yang MENJELASKAN secara KABUR dan AMBIGU …
    DIPERCAYA …

    Yang MENJELASKAN secara JELAS, BENAR dan GAMBLANG …
    DITOLAK …

    Padahal KITA SEMUA akan MATI …
    Yang MELARAT …
    Yang KAYA …
    Yang SUPER … SUPER … SUPER KAYA …
    MATI juga …
    Padahal yang SUPER … SUPER …SUPER KAYA tsb …
    Kalau BISA … HIDUP SETERUSNYA TANPA MATI …
    (MAKLUM PUNYA UANG begitu BANYAKNYA … )
    TIDAK BISA juga …
    MATI tetaplah MATI …

    Dengan KEMATIAN itu kita akan KEMBALI kepada ALLAH …
    Ada yang KEMBALI kepada ALLAH dengan PERCAYA bahwa ALLAH itu ESA dan MAHA …
    Ada juga yang KEMBALI kepada ALLAH dengan MENGINGKARI ke ESAAN dan ke MAHAANNYA …

    Atas ke 2 KASUS ini …
    ALLAH … TUHAN yang SEBENARNYA …
    Melakukan TINDAKAN yang SAMA atau BERBEDA …

    JAWABANNYA MUDAH BUKAN ?
    PASTINYA …
    Yang MENGINGKARI ke ESAAN dan ke MAHAANNYA ALLAH …
    Tidak akan DITOLONG ALLAH …
    Bahkan akan DISERET ke NERAKA sebagai KONSEKWENSI KEINGKARANNYA tsb …

    Ber AGAMA itu sesungguhnya TIDAK BISA DILEPASKAN dari ke LOGIS an …
    Karena di SIFAT MANUSIA … ALLAH juga kasih SIFAT LOGIKA …
    U- mem FILTER …
    ke KABUR an
    Ke ACAK an

    Agar yang KABUR dan ACAK tsb
    Menjadi TERANG, JELAS dan ber ALUR …

    Kalau lah ada sebagian MANUSIA yang TETAP MEMILIH …
    Penjelasan yang KABUR dan AMBIGU …
    Padahal ada yang MENJELASKAN secara JELAS, BENAR dan GAMBLANG …
    Tapi TETAP MEMILIH yang KABUR dan AMBIGU …
    ALLAH … TUHAN yang ESA dan yang MAHA …
    TAHU …
    Karena apa PILIHAN MANUSIA TETAP pada yang KABUR dan AMBIGU tsb ?

  24. Wong Bodo (Seorang Mualaf) said

    Manusia yang mengenal dirinya akan mengenal Tuhannya. Manusia yang semakin dekat dan mengenal Tuhannya akan menjadi Bodoh.
    Manusia yang mengenal dirinya menjadi Bodoh.

    • Wong Bodo (Seorang Mualaf) said

      Demi waktu, sesungguhnya perdebatan ini merugikan. Marilah kembali pada diri kita. Apakah kita sudah semakin dekat dengan Allah SWT ?

      Allah SWT berfirman, “Berimanlah pada Al Quran dan kitab-kitab sebelumnya. Dan berimanlah kepada Muhammad SAW dan para Nabi serta Rasul sebelumnya”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 71 other followers

%d bloggers like this: