MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

Kisah Nabi HARUN as

Posted by Bustamam Ismail on November 5, 2008

n-harunHARUN adalah kakak kandung Nabi Musa. Kisahnya di dalam Al-Qur’an selalu disebut bersama dengan kisah adiknya itu. Ia mendampingi Nabi Musa menemui Fir’aun untuk meminta agar Fir’aun melepaskan Bani Israil dari perbudakan ,Mereka menyampaikan wahyu Tuhan kepada raja Mesir itu, dan mengingatkannya serta meluruskan jalan hidupnya yang melampaui batas (tidak rela melepaskan Bani Israil dari perbudakan) serta menyimpang dari ajaran Allah Swt.

Dengan lemah lembut, Musa dan Harun menghadapi keangkuhan Fir’aun yang mengaku diri tuhan. Akhirnya Musa dan Harun berhasil membawa keluar Bani Israil dari Mesir. Ketika sampai di sekitar Gunung Sinai, Nabi Musa meninggalkan Bani Israil selama 40 hari untuk menemui Tuhan di puncak Gunung Sinai, Harun diserahi tugas menjaga kaumnya. Ia sempat mengingatkan mereka karena menyembah berhala lagi. Ia wafat lebih dulu dari Nabi Musa dan dikuburkan di Bukit Hur di Gurun Sinai.


FASIH BERBICARA
Harun memiliki kemampuan berbahasa lebih fasih daripada adiknya. Karena itu, Musa memohon kepada Allah Swt. agar mengutus Harun mendampinginya menemui Fir’aun.
Permohonan itu dimaksudkan untuk membenarkan kata-kata yang disampaikan Musa, karena ia khawatir Fir’aun akan mendustakannya.

NABI DAN RASUL
Harun diangkat oleh Allah Swt. menjadi nabi dan rasul untuk membantu tugas kerasulan Nabi Musa. Ketika hendak mendatangi Fir’aun, mereka diperintahkan oleh Allah Swt. agar mengaku sebagai utusan Allah Swt. kepada Fir’aun. Mereka menghadap Fir’aun dengan berbekalkan bukti-bukti kerasulan mereka dari Tuhan

LOH TAURAT
Setelah pulang dari Gunung Sinai, Musa marah kepada kaumnya dan menegur kakaknya, Harun.
Karena demikian marah dan sedih, seperti diceritakan Al-Qur’an, Musa melemparkan loh-loh (Taurat) yang baru diterimanya dari Tuhan dan memegang rambut kepala Harun, sambil
menariknya ke arahnya. Sesudah amarahnya reda, barulah diambilnya kembali loh-loh (Taurat) itu, karena di dalam tulisannya terdapat petunjuk dan rahmat untuk orang-orang yang takut kepada Tuhan


SAMIRI
Ketika hendak menerima wahyu Allah Swt. di Gunung Sinai, Harun diserahi amanah oleh Musa untuk memimpin Bani Israil. Selama ditinggal oleh Musa, kaumnya membuat kekacauan. Dalam suasana itu, muncul Samiri yang mengaku layak menjadi pemimpin Bani Israil.
Ia membuat patung anak lembu dari emas sebagai sesembahan. Melihat kaumnya menjadi kufur, Harun mengingatkan kesesatan mereka. Ia berusaha menghentikan kekufuran kaumnya, namun hati mereka benar-benar keras.

(sumber: Ensiklopedi Islam untuk Pelajar – no.2)

About these ads

11 Responses to “Kisah Nabi HARUN as”

  1. chabib abidin said

    muat yg lbh detail lagi ya ,

  2. [...] Kisah Nabi HARUN as [...]

  3. riga said

    muat lbh detail lg y

  4. yudi said

    Umpat mambaca z ,,

  5. aiiryn selaluusaiianggdiiaa said

    yang lebih lgkap dongggg !!

  6. Muhammad daffa said

    Makasih y lagi buat tugas

  7. ita said

    Kok g pe selesai seee…..

  8. chie cubby manyundd iing said

    cerita nya kurang lengkap :) buat yg lengkap lagi donkk :D

  9. LieElY said

    CerItHa X GacH LengKhap….
    KhurAng PuAz…

  10. [...] Sumber [...]

  11. yessss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 68 other followers

%d bloggers like this: