MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan …….

TUNTUNAN AL QUR’AN PADA ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

Posted by Bustamam Ismail on December 10, 2007

ilmu.jpgAl-Qur’an merupakan firman Allah yang mengandung berbagai aspek kehidupan, baik aspek hukum, sejarah, aqidah( keimanan), eskatologi,maupun isyarat tentang pengetahuan. Semua itu diperuntukan bagi manusia agar dijadikan pedoman hidup sehingga kehidupannya lebih baik dan mendapat rahmat dari Allah SWT.

Di dalam Al Qr’an ada isyarat ilmu pengetahuan yang perlu digali oleh manusia. Isyarat ilmu pengetahuan itu masih bersifat global sehingga memerlukan kesungguhan manusia untuk meneliti atau melakukan eksperimen untuk dapat menyingkap isi kandungannya. Sebagai contoh ayat Al Qur’an yang berisi isyarat ilmu pengetahuan adalah ayat-ayat berikut:

A. Surat Yunus ayat 101

1. Bacaan surat Yunus ayat 101


Artinya : “Katakanlah: “Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman. ” (QS Yunus : 101)

2. Isi kandungan

Dalam ayat ini Allah menjelaskan perintah Nya kepada rasul Nya agar dia menyuruh kaumnya untuk memperhatikan dengan mata kepala mereka dan dengan akal budi mereka segala yang ada di langit dan di bumi. Mereka diperintahkan agar merenungkan keajaiban langit yang penuh dengan bintang-bintang, matahari dan bulan, keindahan pergantian malam dan siang, air hujan yang turun ke bumi, menghidupkan bumi yang mati, menumbuhkan tanam-tanaman, dan pohon-pohonan dengan buah-buahan yang beraneka warna dan rasa. Hewan-hewan dengan bentuk dan warna yang bermacam-macam hidup diatas bumi, memberi manfaat yang tidak sedikit kepada manusia. Demikian pula keadaan bumi itu sendiri yang terdiri dari gurun pasir, lembah yang terjal, dataran yang luas, samudera yang penuh dengan berbagai ikan yang semuanya itu terdapat tanda-tanda keesaan dan kekuasaan Allah SWT bagi orang-orang yang berfikir dan yakin kepada penciptanya.

Akan tetapi mereka yang tidak percaya adanya pencipta alam ini, membuat semua tanda-tanda keesaan dan kekuasaan Allah di alam ini tidak akan bermanfaat baginya.

B. Surat Al Baqarah Ayat 164

1. Bacaan Surat Al Baqarah ayat 164


Artinya : “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS Al Baqarah : 164)

2. Kandungan

Dialah yang menciptakan langit dan bumi beserta isinya untuk keperluan manusia. Sudah seharusnyalah manusia memperhatikan dan merenungkan rahmat Allah yang maha suci itu. Karena dengan begitu, akan bertambah yakinlah ia pada kekuasaan dan keesaan Nya, akan bertmabha luas pulalah ilmu pengetahuannya mengenai alam ciptaan Nya dan dapat pula dimanfaatkannya ilmu pengetahuan itu sebagaimana yang dikehendaki oleh Allah yang maha mengetahui. Hendaklah selalu diperhatikan dan diselidiki apa yang tersebut dalam ayat ini, yaitu :

  1. Bumi yang dihuni manusia dan apa yang tersimpan didalamnya tidak akan pernah habis baik didarat maupun dilaut
  2. Langit dengan planet dan bintang-bintangnya semua berjalan dan bergerak menurut tata tertib dan aturan Ilahi. Tidak ada yang menyimpang dari aturan-aturan itu
  3. Pertukaran malam dan siang dan perbedaan panjanng dan pendeknya pada beberapa negeri karena perbedaan letaknya, kesemuanya itu membawa faedah dan manfaat yang amat besar bagi manusia
  4. Bahtera berlayar dilautan untuk membawa manusia dari satu negeri ke negeri yang lain dan untuk membawa barang-barang perniagaan untuk memajukan perekonomian
  5. Allah SWT menurunkan hujan dari langit sehingga dengan air hujan itu bumi yang telah mati atau lekang dapat menjadi hidup dan subur, dan segala macam hewan dapat pula melangsungkan hidupnya
  6. Pengendalian dan pengisaran angin dari suatu tempat ke tempat yang lain adalah tanda dan bukti bagi kekuasaan Allah dan kebesaran rahmatnya bagi manusia
  7. Demikian pula, harus dipikirkan dan diperhatikan kebesaran nikmat Allah kepada manusia dengan bertumpuk-tumpuknya awan antara langit dan bumi. Ringkasnya, semua rahmat yang diciptakan Allah termasuk apa yang tersebut dalam ayat 164 ini patut dipikirkan dan direnungkan bahkan dibahas dan diteliti untuk meresapkan keimanan yang mendalam dalam kalbu, dan untuk memajukan ilmu pengetahuan yang juga membawa kepada pengakuan akan keesaan dan kebesaran Allah.

C. LATIHAN

Berilah tanda silang(X) pada huruf a,b,c,d atau e sesuai dengan jawaban yang paling tepat!

1. Hukum menuntut ilmu bagi laki-laki dan perempuan adalah…

    1. sunah
    2. makruh
    3. haram
    4. wajib
    5. mubah
  1. Di antara kandungan surat yunus ayat 101 adalah …
    1. Allah swt meninggikan derajat orang yang berilmu
    2. Allah membalas setiap amal kebaikan
    3. Perintah mendirikan sholat
    4. Berlomba-lomba dalam kebaikan
    5. Menyuruh memperhatikan dan menyelidiki langit dan bumi

3. Rasulullah bersabda bahwa menuntut  itu dari ayunan ……..

a. sampai dengan dewasa

b. sampai dengan tua

c. selagi masih hidup

d. sampai lahat

e. sampai menjelang ajal

4. Allah menyukai orang-orang yang mempunyai sifat seperti berikut, kecuali …

a. rendah hati

b. sederhana

c. rendah diri

d. tawaduk

e. sabar

5. Ilmu yang mempelajari cara membaca Al Qur’an…

a. ilmu fikih

b. ilmu tauhid

c. ilmu  adab

d. ilmu tasauf

e. ilmu  tajwid

6. Nun mati bertemu dengan huruf ba hukumnya….

a. iqlab

b. ikhfa

c. izhar

d. gunnah

e. idgam bi gunnah

  1. Menurut hadits Rasulullah saw. Bayi yang dalam kandungan ibunya diberi ruh

( nyawa) setelah umur…..

a. 120 hari

b. 40   hari

c. 150 hari

d. 35   hari

e. 360 hari

  1. Proses manusia dari alaqah akan menjadi…..

a. nutfah

b. izamah

c. mudgah

d. lahman

e. tulang-tulang

  1. Bertambah besarnya gumpalan air dalam 40 hari secara berangsur-angsur, kemudian berubah menjadi segumpal darah disebut…

a. Alaqah

b. Sulalah

c. Nutfah

d. Mudgah

e. izamah

  1. Setelah 40 hari segumpal daging dilengkapi dengan ……

a. daging encer

b. tulang-belulang

c. daging empuk

d. daging utuh

e. bentuk sempurna

B. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jelas dan benar!

  1. Tuliskanlah surat yunus ayat 101!
  2. Terjemahkan ayat dalam soal no 1!.
  3. Bagaimanakah sikapmu bila temanmu bertanya tentang jawaban soal pada saat ujian berlangsung?.
  4. Jelaskanlah kelebihan orang yang berilmu disisi Allah!
  5. Sebutkan hokum nun mati atau tanwin bila bertemu huruf hijaiyah dan jelaskan!
  6. Jelaskan kandungan surat yunus ayat 101!.
  7. Apakh hokum menuntut ilmu bagi laki-laki dan perempuan?
  8. Bagaimanakah hukum mempelajari ilmu tajwid bagi orang yang belum benar bacaannya?.
  9. Jelaskan kandung surat Al Baqarah ayat 164!

About these ads

27 Responses to “TUNTUNAN AL QUR’AN PADA ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI”

  1. baabuljannah said

    Saya bangga… Pa Haji banyak menulis Tentang Kebesaran Allah dalam Dunia Maya ini. ini akan menepis anggapan bahwa dalam internet isinya hanya masalah pornografi, trima kasih pa Haji.

    Kami juga mengundang Pak H Bustamam untuk hadir dlm ceramah agama oleh Ust Abu Bakar Basyir di Masjid Babbul Jannah pada Tanggal 30 Desember 2007 lihat juga di http://baabuljannah.wordpress.com/

  2. saifuladi said

    Kami mengundang Pak H Bustamam untuk hadir dlm ceramah agama oleh Ust Abu Bakar Basyir di Masjid Babbul Jannah pada Tanggal 30 Desember 2007 lihat juga di http://baabuljannah.wordpress.com/

  3. Rachell said

    pokokna,, gag ribet gitu,, tinggal baca n ngerjain soalnya disitu udah ada soal2 yang lengkap…
    jadi tinggal ngerjain gampang gag usah ribet…

    semoga dengan cara belajar ini anak2 smakin giat dan lebih gampang mengenal dunia internet..
    _3ap2_

  4. Ikrima Rachmawati said

    Syukron banget ya Pak, buat materinya. Kita siap berjuang ngerjain tugas-tugasnya.

  5. eQa said

    makasih pak
    salut untuk bapak

  6. putra said

    hallo om rajin amat anda!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  7. Preman Kristen said

    Kenapa ya ? Jaman Sekarang orang islam mengatakan Alqur’an dan Hadist sesuai dengan ilmu pengetahuan, padahal Kitab Suci mereka nggak nyambung kalau dikait-kaitkan dengan ilmu pengetahuan.

    Jaman Sekarang Golongan Agama berguru kepada golongan Ilmuwan, padahal jaman dulu para Ilmuan berguru kepada golongan Agama ? ironis sekali.

    Bagaimanapun juga alasannya, Alqur’an dan Hadist tetap harus tunduk kepada Ilmu Pengetahuan yang dimiliki oleh orang Kafir (Yahudi dan Kristen),inilah suatu berkat Allah bagi orang Yahudi dan Kristen.

    He..he..he…

    • Rustam Effendi said

      Masya Allah. Orang2 tipe anda juga sudah disebutkan dalam Al-Qur’an. Hati2 Le’ kamu juga manusia yg ga ada arti apa2 buat Allah SWT. Kamu ga ngakuin Islam sbg agama Allah, Kamu menghina Islam, Kamu menghina Rasulullah Muhammad SAW, Kamu menghina Allah, itu ga ada artinya dan Allah ga rugi Le’. Jadi buat apa kamu lakukan itu, justru hal itu semakin mendekatkan kamu kepada Neraka Jahanam.

      • moh husni said

        ya memang kalo menghina Islam, rasullulah SAW,dan Allah. Islam, Muhamad SAW dan Allah gak rugi.. jadi ngapain harus ada Front Pembela islam… kita hrus marah klo nabi SAW dihina.. apa gak salah?

      • no name said

        sebenernya u yakin g c ma agama u,, coba u bayangin bagaimana klo tuhan u dan agama u dihina di caci maki dan di rendahin,,, gimana perasaan u???? klo u menganggap hal itu hal yang biasa berarti u bukan orang yang beragama,,,

        ” aku bukan penyembah apa yang kamu sembah,, dan kmu bukan penyembah apa yang aku sembah,, untukmu agamamu,, untukku agamaku…

    • Mr X said

      Ngehina islam didunia maya? Gk guna kaka haha

  8. ENCEP said

    mudah – mudahan allah menambah milik dan rijki pada anda karena ini sangat bermanfaat bagi saya

  9. idjtihadi said

    syukron pak atas tulisan ini

  10. kiki said

    keren…. makin nambah ilmu agama ku…….

  11. moh husni said

    Aneh ya. Alquran sehebat itu tapi mngpa justru penemuan iptek kebanyakan oleh orang Kristen. Mana penemuan oleh orang Muslim atau Arab.. paling-2 penemuan obat kuat untuk ngesex.. atau memperbesar alat vital. … wah bikin malu aja

    • no name said

      penemu jaman sekarang memang orang yahudi tapi apa kamu g pernah baca buku y,, bahwa pada dasarnya semua ilmu pengetahuan berasal pertama kali atau ditemuakan pertamakali oleh orang islam…. orang yahudi hanya mengembangkan saja di zaman sekarang,, dengan kata lain orang yahudi hanya memanfaatkan yang sudah ada,,, bukan menciptakan sesuatu hal yang baru….

    • amul said

      dasar lu PA.. yang menemukan alzabar itukan orang islam.
      pernah baca buku kaga???
      damm you?

  12. GUGU said

    to : preman kristen dan moh husni
    bhuaahaahahahaaa . . . analisa anda penuh prasangka dan tak berdasar!!! mencoba memutar balikkan fakta dengan kerancuan pola pikir, tepatnya orang gila. orang gila bisa mikir tapi rancu… ya seperti anda itu. gak tau ilmunya nuduh yang enggak enggak. haduhh haduhh . . .

  13. Indra Andika Saputra said

    Assalamualaikum.
    pak, saya mau tanya, seberapa jauh hubungan kandungan ayat-ayat AL QUR’AN terhadap perkembangan ilmu pengetahuan? dan tolong berikan contoh ilmuwan-ilmuwan yang berhasil mengembangkan pengetahuan dan teknologi yang berpedoman dengan AL QUR’AN, baik itu ilmuwan islam dan non Islam. terima kasih pak, ditunggu jawaban bapak

  14. Sesungguh nya Allah Maha Agung yang telah menciptakan Alam semesta ini secara teratur dan tersusun rapi.

    • hamba allah said

      dan makhluknya memanfaatkan apa yang dibutuhkannya,juga mengembangkan ilmu yang di miliki berdasarkan dan berawal dari alam semesta ini.

  15. dody said

    Bukan begitu saudara muh husni,psa dsarx yg prtama kali mnemukan iptek itu ialah org islam dri timur tengah.Awal sejarahx pusat pendidikan iptek itu trletak di baitul hikmah baghdad dsitu brkumpulx para ilmuwan dri brbagai ilmu.Antara lain:Alkhwarismi seorang mathematician,ulugh beigh ahli ilmu falak (ASTRONOMI),ibnu khaldun bapak sociologi dunia,jabir hayan ilmuwan kimia,ibnu sina dokter prtama yg mnemukan teori konsep ilmu bedah dan msih bnyk lgi.Ktika terbakarx kota qurdoba dan granada mka smw ktab suci trhambur,trcerai berai.Lalu kitab suci alqur’an trsebar di wilayah barat,dan sedangkan kitab suci yg trsebar di timur hnyalah kitab fiqih,tasawuf.Ironisx para sejarawan tdk mnemukan asal muasal sejarahx dan ahirx org2 kafir mngambil alih konsep ilmu para ilmuwan tdix.

  16. Mr X said

    Ada lg gk ayat2 alquran ttg IPTEK dan IMTAK?

  17. syukran pak atas ilmunya….
    smoga brmanfaat bgi yang membaca
    amin

  18. Matur nuhunt pak…
    article na berguna sangat…
    bagi kami sebagai pelajar umat islam..

  19. ernawati said

    assalamualaikum pak..
    slain 2 ayat tadi ayat apalagi yg berhubungan dgn ilmu pngetahuan dan teknologi,,
    tlng bls ya pak,,mkaih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 71 other followers

%d bloggers like this: